» » » Kumpulan Contoh Resep Masakan yang Mudah

Kumpulan Contoh Resep Masakan yang Mudah - Aktivitas memasak banyak dianggap oleh sebagian kaum wanita sebagai pekerjaan yang cukup rumit meski sebenarnya membuat sebuah masakan tidaklah sesulit seperti apa yang dibayangkan. Hal yang sebenarnya membuat semua itu terasa begitu sulit adalah keengganan kita untuk melakukannya.

Memasak itu mudah jika kita ikhlas dalam menjalankannya, tidak ada yang sulit karena yang ada adalah terbiasa dan belum terbiasa. Untuk resep masakan yang mudah dibuat itu karena kita sudah biasa menyajikannya sedangkan masalah lain yang belum pernah di coba terlihat sulit karena kita belum biasa.

Beberapa bulan lalu banyak para sahabat yang mengeluh sulit untuk mencoba berbagai ide masakan baru yang ingin di sajikan. Akhirnya, belum sempat mencoba mereka sudah menyerah dan mengurungkan niatnya untuk menyajikan hidangan lezat yang sama sekali belum pernah disajikan sebelumnya. Padahal dalam hati mereka sangat ingin mencoba kuliner tersebut, sayang sekali bukan?

Coba kita pikirkan sejenak, sebenarnya bagian mana sih yang sulit untuk dikerjakan? Bukankah memasak itu hanya terdiri dari beberapa tahap saja; menyiapkan bahan-bahan, meracik bumbu, mengolah bahan dengan bumbunya dan terakhir menyajikannya dengan penyajian yang menawan.

Prosesnya dari dahulu sampai sekarang juga hanya seperti itu, maka dari itu tidak usah takut dan tidak usah khawatir, memasak mudah kok. Bagi yang belum biasa masak, kita bisa menerapkan beberapa tips cara mudah memasak menu apapun, tips tersebut yaitu:

1. Mulai memasak menu masakan yang ringan
2. Gunakan resep masakan, untuk menu yang belum pernah di coba
3. Usahakan ikuti saja panduan yang ada pada resep
4. Jika ada bahan dan bumbu tidak lengkap abaikan saja untuk sementara, teruskan saja memasak
5. Gunakan takaran sesuai resep, atau usahakan yang paling mendekati takaran
6. Perhatikan saja prosesnya, masalah rasa itu nomor sekian

Yang paling banyak menghantui kita yang sedang belajar masak adalah takut hasil masakannya tidak enak dan akhirnya enggan untuk memasak.

Padahal memasak adalah sebuah proses seni, maka saat mulai belajar memasak kita tidak perlu terlalu khawatir dengan rasa masakan kita nantinya. Karena cita rasa dari masakan yang kita buat akan terbentuk dengan sendirinya, waktu demi waktu tangan kitalah yang akan menyelesaikan semua kekhawatiran tersebut. Jadi mulailah memasak!

A. Contoh Resep Masakan yang Mudah

Terakadang banyak yang bingung bagaimana cara belajar memasak yang mudah, dan inilah jawabannya. Untuk belajar memasak kita bisa mulai dengan mencoba berbagai resep masakan sederhana yang proses memasaknya tidak begitu rumit. Caranya kita bisa mulai mencari beberapa resep masakan yang bahan dan bumbunya paling sedikit dan mencobanya di rumah. 

Masakan apa saja bisa kita coba asalnya ada resep yang bisa digunakan untuk memandu kita dalam proses memasak tersebut. Ini karena kita masih belajar dan belum tahu banyak mengenai masakan jadi akan lebih baik dan akan lebih mudah jika kita tinggal mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan. Untuk itu berikut ada beberapa contoh masakan yang cara memasaknya tidak begitu sulit. Beberapa contoh resep tersebut yaitu seperti di bawah ini.


Lima resep masakan di atas diambil secara kombinasi dengan maksud agar kita bisa belajar beberapa jenis masakan dengan proses memasak yang berbeda-beda. Dengan resep ikan bakar tentunya kita bisa belajar bagaimana membuat menu masakan yang di bakar atau di panggang, pindang akan memberikan kesempatan untuk belajar membuat makanan berkuah bening sedangkan gulai pun demikian. 

Untuk sayur kita bisa memulainya dengan belajar membuat tumisan kacang panjang. Bagaimana, cukup lengkap bukan beberapa resep tersebut? Dengan beberapa contoh menu di atas maka kita bisa mulai belajar memasak dengan cara yang lebih mudah lagi. 

B. Kumpulan Resep Masakan yang Mudah

Supaya memiliki lebih banyak referensi maka berikut akan kita berikan lebih banyak resep yang bisa kita gunakan sebagai bahan belajar diantaranya yaitu resep masakan yang mudah untuk pemula, dibuat anak-anak, yang mudah dan cepat, yang mudah dan murah, yang mudah dibuat dirumah, mudah dan hemat, yang mudah dibuat, dan resep masakan yang mudah murah dan enak.

Tapi kita perjelas terlebih dahulu ya, ingat bahwa mudah bagi saya belum tentu mudah bagi yang lain, maka dari itu mudah tidaknya tergantung pada siapa yang melakukannya. Jadi alangkah lebih baik jika kita tidak hanya memikirkan mudah tidaknya suatu resep. Lebih baik kita cari saja resep masakan yang paling kita sukai, dengan begitu prosesnya akan sebanding dengan hasil yang bisa dinantikan. 

Resep Masakan yang Mudah

Selanjutnya, untuk kumpulan resep mudah yang kita butuhkan tentu tidak akan disertakan disini semua, tapi kita bisa mencarinya sendiri di kolom penelusuran situs. Perlu saya tegaskan bahwa di sini ada banyak sekali resep masakan yang bisa kita pelajari dengan mudah.

Bukan hanya masakan khas daerah namun ada banyak jenis masakan lain bahkan untuk masakan luar negeri sekalipun. Beberapa diantara resep tersebut yaitu sebagai berikut:
  1. Membuat Ayam Tangkap Dari Aceh Yang Lezat
  2. Menu Segar Eungkot Asam Keueng dari Aceh 
  3. Resep Anyang Pakis dan Tauge dari Aceh
  4. Masakan Sambel Be Tongkol Khas Bali Yang Enak
  5. Masakan Tempe Bumbu, Resep Khas Bali
  6. Cara Membuat Cap Jay Goreng Khas Cina
  7. Belajar Membuat Sup Ikan Bilendhango Khas Gorontalo
  8. Resep Cookies Itali Rasa Kacang Almond
  9. Cara Membuat Sayur Asem Betawi Yang Segar
  10. Resep Asli Mie Jambi dan Cara Membuatnya
  11. Cara Membuat Resep Mie Kocok Khas Bandung
  12. Cara Membuat Asem Bandeng Khas Daerah Lamongan
  13. Langkah Membuat Resep Opor Ayam Gudeg Mantap
  14. Kreasi Masakan Jepang Gyudon dan Cara Membuatnya
  15. Cara Membuat Masakan Mangut Lele Khas Jogja
  16. Nikmatnya Sate Kelatak Khas Yogyakarta
  17. Cara Membuat Menu Gangan Tukul Mantap
  18. Menu Unik Kakap Kukus Sayuran dari Kalteng
  19. Cara Membuat Nasi Liwet Solo Enak
  20. Membuat Menu Ayam Gagape Makasar Nikmat
  21. Cara Memasak Mie Gomak Khas Medan
  22. Kreasi Resep Ayam Goreng Balado dan Cara Membuatnya
  23. Masakan Unik Gulai Paku (Pakis) Khas Padang
  24. Membuat Menu Ayam Isi Dibulu Khas Manado
  25. Resep Cara Membuat Coto Makasar 
  26. Kue Nagasari (Lambang Sari), Kue Khas Tradisional
  27. Cara Membuat Nasi Goreng Lezat Khas Hongkong
  28. Membuat Masakan Gurih Gecak Sape dari NTB
  29. Masakan Ikan Gurame Bakar Khas Cianjur 
  30. Lezatnya Sambal Ikan Teri Khas NTT

Banyak ya, itu belum semua, masih banyak menu masakan lain yang bisa kita coba untuk belajar memasak. Maka dari itu jangan sampai lupa untuk mencatat alamat situs ini agar nanti jika membutuhkan resep lain bisa dengan mudah mencarinya disini.

Ingat ya, tidak ada yang namanya sulit atau mudah dalam memasak, yang ada hanya terbiasa dan tidak terbiasa. Jadi mengapa tidak membiasakan diri untuk memasak berbagai masakan lezat tersebut? Mudah-mudahan saja resep masakan yang mudah tersebut bisa menjadi sumber belajar kita bersama.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post