» » » Menu Unik Kakap Kukus Sayuran dari Kalteng

Menu yang akan kita coba rasakan pada kesempatan ini adalah salah satu menu unik nusantara yang berasal dari daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) yaitu Menu Unik Kakap Kukus Sayuran dari Kalteng. Pada artikel resep khas daerah ini akan kita bahas seputar menu tersebut mulai dari asal usul, bahan dan bumbu masak yang digunakan sampai dengan proses membuat menu tersebut.

Kakap kukus sayuran adalah salah satu menu khas daerah yang terkenal di daerah Kalimantan khususnya Kalteng. Menu ini terbuat dari bahan dasar fillet ikan kakap merah dengan campuran berbagai sayuran segar. Untuk bahan sayuran sendiri, digunakan beberapa kombinasi sayuran yang cocok seperti wortel, buncis dan juga brokoli. Selain itu digunakan juga kentang kukus setengah matang yang diiris. Cara membuat masakan ini tidaklah rumit dan rasanya rekan remaja putri dan kaum ibu di rumah pasti dapat membuatnya sendiri.

Untuk bumbu-bumbu yang digunakan masakan ini seperti juga masakan nusantara lainnya menggunakan bumbu rempah yang beragam. Diantara bumbu-bumbu tersebut yaitu bawang merah dan bawang putih dan juga campuran bawang bombai.

Bahan Dasar dan Bumbu Kakap Kukus Sayuran

Ikan Kakap adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan Kakap mengandung energi sebesar 92 kilokalori, protein 20 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 0,7 gram, kalsium 20 miligram, fosfor 200 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Ikan Kakap juga terkandung vitamin A sebanyak 30 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ikan Kakap, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 80 %. (Sumber: http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-ikan-kakap-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html)

Rekan remaja putri dan kaum ibu yang ingin mencoba menghidangkan masakan ini tentunya harus menyiapkan segala hal yang dibutuhkan seperti menyiapkan alat dapur yang akan dipakai, menyiapkan bumbu-bumbu dan juga menyediakan semua bahan dasar yang diperlukan. Agar tidak repot, berikut sudah disiapkan daftar bahan dan bumbu yang harus disediakan untuk masakan unik ini. Silahkan siapkan sesuai daftar berikut!



Bahan Dasar

Fillet ikan kakap merah
Wortel, potong kecil
Buncis, potong-potong
Kentang, kukus setengah matang, iris
Brokoli
Alumunium foil

2 ptg  ± 150 gram
1 bh
100 gr
2 bh
100 gr
untuk membungkus


Bahan Dasar Saus

Margarin
Garam
Merica bubuk
Bawang putih, cincang halus
Bawang bombai, cincang halus
Peterseli cincang

5 sdm
¼ sdt
¼ sdt
2 siung
½ bh
1 sdt




Untuk menghasilkan cita rasa yang sesuai dengan resep asli daerah tersebut maka sebaiknya bahan dan bumbu di atas disiapkan sesuai dengan kebutuhan dan takaran yang ada. Untuk selainjutnya pada kesempatan lain kita dapat mengkombinasikan resep di atas menjadi kreasi masakan yang sesuai dengan lidah masing-masing.

Cara Membuat Menu Unik Kakap Kukus Sayuran dari Kalteng

Tahap pertama dalam membuat menu unik ini adalah kita akan menyiapkan saus yang dibutuhkan. Setelah itu lalu kita akan meracik atau membungkus saus dan bahan dasar kedalam bahan alumunium foil yang sudah kita siapkan sebelumnya. Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti panduan cara membuat kakap kukus sayuran berikut ini.

  • Kocok margarin dengan garpu hingga agak lembut, masukkan garam, merica, bawang putih, bawang bombai dan peterseli, aduk rata.
  • Ambil selembar kertas aluminium foil, tata ikan, kentang, wortel, buncis dan brokoli, tambahkan saus di atasnya dan tutup, kukus selama 20 menit, angkat.
  • Sajikan hangat dengan daun selada, tomat dan nasi. Selamat mencoba.

Mudah bukan untuk memasak menu dari Kalimantan tersebut, sekarang silahkan dicoba di rumah masing-masing untuk menikmati sajian nusantara yang kaya akan rasa. Kalau sudah puas dengan menu tadi silahkan berkreasi sesuai dengan selera untuk menghasilkan cita rasa sesuai selera. Jangan lupa lihat juga berbagai menu unik nusantara lainnya dibagian akhir artikel ini. Sampai bertemu di resep nusantara berikutnya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post