» » » Cara Memasak Lompong agar Tidak Gatal

Cara Memasak Lompong agar Tidak Gatal - Lompong adalah batang talas atau keladi yang banyak dimanfaatkan masyarakat lokal sebagai bahan masakan sayur. Untuk memperluas wawasan kita tentang bahan makanan ini maka hari ini kita akan membahas mengenai seputar pengolahan lompong (talas) menjadi makanan.

Dalam hal ini yang akan kita bahas lebih jauh adalah mengenai tips dan kita agar saat memasak lompong tidak gatal dan bisa dikonsumsi dengan enak. Bagaimana tips selengkapnya, mari kita simak penjelasan berikut!

Talas merupakan tanaman pangan berupa herba menahun. Talas termasuk dalam suku talas-talasan (Araceae), berperawakan tegak, tingginya 1 cm atau lebih dan merupakan tanaman semusim atau sepanjang tahun.

Talas mempunyai beberapa nama umum yaitu Taro, Old cocoyam, ‘Dash(e)en’ dan ‘Eddo (e)’. Di beberapa negara dikenal dengan nama lain, seperti: Abalong (Philipina), Taioba (Brazil), Arvi (India), Keladi (Malaya), Satoimo (Japan), Tayoba (Spanyol) dan Yu-tao (China). Di Indonesia, talas dikonsumsi sebagai makanan pokok dan makanan tambahan. Talas mengandung karbohidrat yang tinggi, protein, lemak dan vitamin.

Talas mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. Umbi, pelepah daunnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat maupun pembungkus. Daun, sisa umbi dan kulit umbi dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan ikan secara langsung maupun setelah difermentasi.

Tanaman ini mempunyai keterkaitan dengan pemanfaatan lingkungan dan penghijauan karena mampu tumbuh di lahan yang agak berair sampai lahan kering. (Sumber: warintek.bantulkab.go.id)

Memang, tumbuhan yang satu ini banyak kita manfaatkan untuk sayur terutama bagian batang dan umbi mudanya. Namun ada masalah yang biasa terjadi khususnya bagi kita yang belum terbiasa mengolah lompong atau talas ini.

Seringkali saat batang lompong diolah menjadi masakan akan terasa gatal. Meski masih bisa dikonsumsi tentu saja sayur yang gatal tidak akan enak.

Agar menu sayur dari bahan dasar lompong bisa enak dan lezat maka dalam mengolah kita harus bisa menghilangkan rasa gatal tersebut. Lalu Cara Memasak Lompong agar Tidak Gatal? Caranya gampang, kita tinggal memasaknya dengan benar dan masakan lompong ini tidak akan terasa gatal jika dimakan.

Untuk menghindari rasa gatal pada sayur dengan bahan dasar lompong ini maka kita bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1) Remas dengan garam
Sebelum dimasak batang talas atau lompong kita siangi terlebih dahulu, kita hilangkan kulit luar yang keras. Setelah itu kita bisa memotongnya sesuai keinginan.

Untuk menghilangkan rasa gatal maka setelah dipotong kita masukkan satu sendok garam lalu kita remas-remas potongan batang talas tersebut sampai merata.

Setelah itu cuci bersih batang talas dengan air mengalir, bilas sampai dua kali untuk menghilangkan sisa garam.

2) Masak di suhu tinggi hingga matang
Pada dasarnya, talas atau lompong jika dimasak dengan benar tidak akan menimbulkan rasa gatal bahkan meski kita tidak melakukan langkah pertama sekalipun.

Hal yang menyebabkan masakan menjadi gatal adalah karena proses memasaknya yang kurang tepat misalnya kita memasak talas kurang begitu matang.

Bisa juga karena kita memasaknya dengan suhu yang kurang begitu tinggi sehingga talas atau lompong tidak matang dengan sempurna.

Maka dari itu untuk menghindari rasa gatal pada menu masakan dengan bahandasar talas ini sebaiknya masak dengan suhu tinggi sampai benar-benar matang.

Untuk bahan masakan ini memang tidak bisa kita masak seperti saat kita menumis kacang panjang yang biasanya masih sedikit keras dan kurang begitu matang.

Jika dimasak dengan cara seperti itu maka masakan ini akan menimbulkan rasa gatal di lidah saat dikonsumsi. Supaya lebih yakin, untuk mencoba sayur ini yang tidak gatal coba masak sayur ini dengan resep sayur lompong santan.


Demikianlah sedikit tips memasak lompong atau talas agar tidak gatal. Semoga dengan adanya pembahasan ini kita tidak akan pernah lagi mengalami masalah saat berniat menghidangkan masakan tersebut. Jangan lupa setelah membaca Cara Memasak Lompong agar Tidak Gatal ini silahkan coba beberapa resep masakan enak dan lezat yang ada di bagian bawha.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post