» » » Mie Gomak Khas Medan

Cara Memasak Mie Gomak Khas Medan - Kursus masak gratis ya hanya di situs ini, seperti sekarang dimana kita akan belajar dari sebuah masakan khas daerah yaitu "Resep Mie Gomak". Sesuai dengan judulnya, masakan yang satu ini tentu berasal dari daerah Medan tersebut. Mau ikutan mencobanya tidak?

Kalau mau mencicipi masakan ini ya datang ke Medan. Kalau tidak kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Apa saja bahan dan bumbu masakan ini dan bagaimana cara membuat-nya, simak panduan lengkapnya berikut.

Sedikit mengingatkan sebelum kita sampai ke intinya, untuk menghasilkan sebuah cita rasa yang lezat dan sesuai dengan selera kita memang harus banyak belajar dari berbagai menu baik itu menu lokal maupun menu luar negeri.

Salah satu yang kaya akan kelezatan dan keunikan adalah resep warisan nusantara yang sudah terkenal bahkan sampai keluar negeri. Rasanya seperti apa sih, kalau belum pernah mencoba pasti penasaran.

Sajian-sajian tersebut memiliki keunikan tersendiri berkat berbagai rempah bumbu yang digunakan. Begitu banyak variasi masakan dari lokal ini dan saya rasa cukup untuk kita jadikan menu dasar yang bisa disajikan sehari-hari. Salah satunya seperti Mie Gomak Khas Medan yang akan segera kita coba bersama.

A. Bahan dan Bumbu

Langsung saja, jika anda belum pernah mencoba membuat masakan ini silahkan mulai disiapkan semua bahan-bahan serta bumbu yang akan kita sulap menjadi sajian spesial ini. Berikut bahan dan bumbu mie Medan ini selengkapnya

Bahan
1 bungkus mie lidi
1 gelas santan kental
1.5 gelas santan encer
2 sdm kelapa parut disangrai dan dihaluskan
Labu siam atau buncis diiris sesuai selera (kalau suka )

Bumbu
5 bh cabe merah ( kalo suka pedas bisa ditambahkan )
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 sdt merica
2 cm lengkuas
3 ruas sereh
1 cm kunyit
1 sdm andaliman (bumbu khas masakan batak)

Siapkan semua ya. Tidak banyak kok. Tapi kita mungkin harus mencari beberapa bumbu yang tidak biasa digunakan. Yang penting usaha, rasanya juga nanti akan sesuai deh. Silahkan disiapkan sesuai daftar ya.

B. Cara Membuat Mie Gomak Medan

Bagaimana cara memasak untuk resep spesial ini bisa anda ikuti pada panduan yang akan dijelaskan secara rinci dan sederhana berikut. Langkah-langkah memasak masakan ini yaitu seperti di bawah ini:

  1. Mie lidi direbus hingga kenyal dan lembut, tiriskan, beri minyak goreng sedikit supaya tidak lengket.
  2. Semua bumbu dihaluskan trus ditumis hingga kecoklatan dan harum.
  3. Tuangkan santan encer, masukkan labu siam iris, masak hingga matang.
  4. Setelah labu matang masukkan santan kental sambil diaduk aduk supaya santan tidak pecah.
  5. Masukkan kelapa gonseng yang sudah dihaluskan, aduk hingga matang.
  6. Tambahkan garam secukupnya.
  7. Siram bumbu diatas mie yang sudah dihidangkan dalam piring.
  8. Siap disantap hangat-hangat.
Siap dengan mie gomak khas Medan anda bisa mencoba belajar memasak resep daerah yang lain lagi, jadi anda bisa mendapatkan lebih dari satu masakan. Masih banyak yang lain, tinggal anda pilih saja jenis masakan mana yang ingin anda coba, kalau sudah cari saja di pencarian.


Itu saja edisi belajar masak kali ini, silahkan selesaikan dan sajikan mie khas Medan tersebut untuk keluarga tercinta di rumah. Terima kasih, sampai berjumpa esok di resep selanjutnya. Silahkan dilanjutkan berkreasi di rumah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post