» » » Lezatnya Sambal Ikan Teri Khas NTT

Sobat yang masih bersama saya di blog masakan khas daerah ini sekarang akan saya ajak untuk menikmati lezatnya sambal ikan teri khas NTT. Bagi kita kaum hawa, menciptakan hidangan khas yang lezat merupakan suatu keharusan oleh sebab itu kali ini akan kita coba untuk membuat resep khas dari Nusa Tenggara Timur tersebut.

Bagi kita yang berasal dari daerah NTT tentunya sudah tidak asing dengan menu ini namun bagi kita yang tidak berasal dari sana, masakan ini tentunya akan menambah koleksi resep menarik yang dapat disajikan. 

Meski setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda namun saya yakin dengan menyantap menu baru dari daerah lain selera makan kita akan tetap terjaga dan terhindar dari kebosanan dengan hidangan atau masakan yang monoton dan tidak bervariasi.

Sambal adalah salah satu menu masakan yang cukup khas dan terkenal di banyak wilayah. Bukan hanya sambal yang menggunakan bahan dasar cabai, banyak bahan lain yang dimasak pedas menjadi sambal.

Salah satunya adalah ikan teri. Ikan teri sendiri merupakan salah satu ikan yang cukup kaya kandungan. Bahkan bukan hanya itu, ikan ini juga menjadi lebih mahal lagi seiring berjalannya waktu. Nah, bagi yang mau coba berwisata kuliner, silahkan coba resep ini di rumah.

A. Bahan dan Bumbu Sambal Ikan Teri

Ikan teri menjadi bahan utama dalam membuat masakan daerah kali ini dan tidak ada bahan-bahan lain selain bumbu halus yang digunakan. Jika anda ingin mencoba menyiapkan menu sambal seperti ini maka silahkan bahan dan bumbu-bumbunya seperti yang tertera di bawah ini.



Bahan dan Bumbu

Teri kering goreng
Bawang merah
Cabe rawit
Tomat
Jeruk nipis peras airnya
Jeruk purut
Kemangi
Daun bawang
Daun siba
Garam

:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
100 gram
10 siung
10 biji
5 buah
1 buah
2 buah
secukupnya
secukupnya
secukupnya
secukupnya


Hanya bahan utama dan beberapa bumbu masakan yang sudah umum digunakan saya rasa tidak terlalu lama menyiapkannya. Nah, silahkan langsung menuju penjelasan selanjutnya.

B. Cara Membuat Sambal Ikan Teri Khas NTT

Hampir sama dengan cara menumis masakan, untuk membuat resep NTT tersebut silahkan ikuti langkah-langkah yang dijelaskan berikut!

  • Pertama iris bawang merah, cabe rawit, tomat, jeruk purut.
  • Setelah itu iris juga daun kemangi, daun bawang, serta daun siba.
  • Kemudian campur teri, dan semua bahan yang sudah diiris.
  • Tambahkan garam, masukan perasan jeruk nipis.
  • Siap disajikan.
Kalau sudah selesai dengan langkah-langkah di atas kini anda dapat merasakan Lezatnya Sambal Ikan Teri Khas NTT bersama keluarga. Meski sedikit berbeda dari masakan-masakan yang biasa dihidangkan namun masakan ini dapat menjadikan alternatif penghilang kebosanan dengan masakan sendiri.


Jika masih kurang dengan resep di atas, silahkan coba juga berbagai resep dari Nusa Tenggara Timur (NTT) lainnya yang anda minati. Lumayan kan, hitung-hitung kita berwisata kuliner di dapur sendiri dengan bantuan blog Masakan Khas Daerah ini.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post