» » » Menu Ayam Isi Dibulu Khas Manado

Masih dengan masakan daerah yang berasal dari Manado kali ini kita akan berkreasi dengan menu lain yaitu ayam isi dibulu. "Ayam isi dibulu" ini merupakan masakan ayam yang dimasak dan dimasukkan kedalam bumbu atau yang biasa disebut bulu oleh masyarakat Manado. 

Ingin tahu bagaimana cara membuat ayam isi dibulu tersebut, mari kita simak penjelasan berikut. Menu khas Manado ini adalah sejenis masakan khas Sulawesi yang menggunakan kombinasi pematangan yang sedikit unik dimana masakan akan menggunakan bambu dalam pengolahannya. 

Yang lebih resep khas Manado tersebut menggunakan kombinasi bahan yang jarang digunakan seperti menggunakan ayam dengan telur. Sebagai masakan khas, menu ayam isi dibulu ini tergolong mudah dalam memasaknya. 

Selain menyiapkan bahan, bumbu dan alat masak yang digunakan saya hitung hanya ada 7 langkah yang perlu kita lakukan untuk menyajikan santapan nusantara yang nikmat tersebut.

A. Cara Membuat Ayam Isi Dibulu

Masakan khas Manado ini menggunakan beberapa racikan bumbu yang sedikit berbeda dengan masakan lain. Masakan ini menggunakan bahan dasar, bahan bumbu iris yang halus dan bahan bumbu utuh. Bahan dan bumbu-bumbu tersebut dapat disiapkan langsung sesuai daftar yang telah disiapkan dibawah ini.



Bahan Dasar

Ayam
Telur, dikocok
Air jeruk
Garam
Air
Bulu/ Bambu yang agak besar

1 ekor
2 butir
2 sdm
secukunya
sedikit saja
Secukupnya


Bumbu Diiris Kecil

Daun bawang
Cabe merah
Bawang putih
Tomat hijau

2 batang
sesuai selera
3 siung
4 buah


Bumbu Utuh

Daun kemangi
Cabe hijau
Daun jeruk

1 ikat
Sesuai selera
5 lembar



Selain menyiapkan bahan dan bumbu yang digunakan untuk memasak ayam isi dibulu silahkan gunakan takaran yang sudah ada di atas. Apabila anda ingin melakukan improvisasi silahkan saja agar masakan ini menjadi sebuah kreasi masakan yang lebih sesuai dengan lidah keluarga di rumah.

Setelah semuanya siap silahkan ikuti langkah cara memasaknya sesuai dengan langkah-langkah membuat menu tersebut berikut ini.
  • Bersihkan ayam dan potong sesuai selera.
  • Rendam ayam dalam air garam dan lumuri dengan air jeruk ± 20 menit.
  • Campur ayam dengan bumbu bumbu yang telah diiris-iris kecil, kemangi, cabe hijau juga daun bawang.
  • Masak ayam dengan menambahkan sedikit air.
  • Setelah mendidih kecilkan api, dibiarkan bumbu meresap dan ayam empuk dan kuahnya agak mengering.
  • Masukan kocokan telur, dan aduk-aduk terus hingga telur masak dan merata, dan meresap bumbunya, ditambah garam aduk lalu diamkan sebentar, angkat hidangkan hangat.
  • Ayam bisa dimasukan dalam bulu dan dipanggang, atau dibungkus dengan daun pisang atau aluminium foil kemudian di panggang dalam oven.

Bagaimana, dengan panduan di atas tentu kita semua bisa belajar membuat menu masakan khas daerah tersebut. Siapa tahu saja bisa menjadi menu andalan di rumah. Apalagi kalau keluarga kita sangat suka dengan masakan ayam.

B. Saran Penyajian

Untuk penyajian, menu ayam isi tersebut dapat disajikan hangat dengan nasi putih untuk keluarga tercinta di rumah. Selain itu, anda dapat melakukan sedikit kreasi dengan menyajikan menu ini dengan beberapa tambahan lalapan, atau menu khas daerah lain yang sesuai dengan selera masing-masing. 

Sebagai contoh, jika berkenan kita dapat memadukan menu ini dengan menu kuah asam atau juga bubur Manado dan menu-menu pilihan lain yang pas dilidah.

Selanjutnya, jenis masakan ini juga cocok dipadukan dengan minuman segar yang menambah kenikmatan cita rasa khas Nusantara dari menu tersebut. Pokoknya, untuk saran penyajian kita dapat melakukan improvisasi sendiri untuk menambah cantik dan menambah nikmat sajian dari daerah tersebut.


"Resep Ayam Isi Dibulu Khas Manado" yang baru saja kita bahas tersebut diharapkan akan memperkaya referensi masakan yang dapat kita sajikan baik itu dihari-hari biasa maupun dihari-hari spesial. Sampai disini saja pembahasan kita, selamat mencoba masakan tersebut dan sampai bertemu di menu khas Manado lain yang segera akan menyusul.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post