» » » Sayur Asem Betawi yang Segar

Cara Membuat Sayur Asem Betawi Yang Segar - Salah satu jenis sayur yang banyak digemari di berbagai kalangan adalah menu sayur asam. Menu ini banyak yang suka karena rasanya yang segar dan cara membuatnya yang tergolong mudah.

Selain itu banyaknya bahan yang digunakan juga membuat masakan ini cukup lengkap gizi-nya. Jika anda ingin belajar bagaimana cara memasak masakan khas daerah ini anda bisa mengikuti panduan berikut.

Sayur asam atau sayur asem digemari hampir di semua kalangan. Hal ini karena sayur ini bisa dikombinasikan dengan berbagai menu lain sehingga sangat cocok untuk variasi menu yang disajikan.

Di warung makan atau rumah makan, biasanya "Sayur Asem" disajikan dengan pendamping beberapa masakan berikut:

1. Lele goreng
2. Ikan mas goreng dan berbagai menu kering lainnya

Dalam penyajiannya, masakan ini juga memiliki banyak variasi yang biasanya dibedakan dari bahan yang digunakan. Untuk anda yang ingin ikutan menikmati kesegarannya anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk hidangan spesial keluarga tercinta.

Sayur Asem ini menggunakan bahan-bahan sayuran seperti kacang, jagung, daun melinjo dan beberapa bahan lain. Bumbunya menggunakan bahan rempah yang banyak digunakan yaitu misalnya bawang dan cabai.

Cara membuat masakan ini pun tidak sulit, anda tinggal menyiapkan bumbunya, rebus dan tunggu sampai matang. Jika anda ingin mencobanya silahkan ikuti panduan resep sayur asem dari Betawi berikut.

A. Bahan dan Bumbu Sayur Asem Betawi

Semakin cepat anda menyiapkan bahan-bahan dan juga bumbu yang dibutuhkan maka semakin cepat masakan ini siap disajikan. Tidak sulit karena bahan-bahan dan bumbunya bisa dengan mudah didapatkan. Jika anda ingin segera belajar memasak sayur asam ini silahkan siapkan bahan dan bumbunya berikut ini.

Bahan-Bahan
Kacang Panjang
Jagung Muda.
Daun Melinjo secukupnya.
Terong
Kacang Tanah
Jagung Manis.
Nangka Muda
Labu Siam 
Air
Cabai merah besar
Cabai merah hijau
Daun salam
Lengkuas
Asam muda. 
Gula Pasir

Bahan Bumbu
Bawang Merah
Cabai Merah Besar
Kemiri
Terasi 

Nah, setelah semua yang ada pada daftar di atas anda siapkan anda bisa langsung memasak sajian sedap khas tersebut. Untuk langkah-langkahnya bisa anda pelajari di bawah ini.

B. Cara Membuat Sayur Asem Betawi Yang Segar

Mudah sekali, bahkan untuk anda yang belum pernah memasak masakan ini sebelumnya pun pasti bisa membuatnya. Langkah-langkah proses membuat sayur asem betawi ini seperti dijelaskan di bawah ini, silahkan diikuti.

  1. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. Jika perlu tambahkan sedikit air ke dalam blender untuk mempermudah proses penghancuran. 
  2. Rebus 1,2 liter air bersama bumbu halus, lengkuas dan daun salam sampai mendidih.
  3. Masukkan berturut-turut dari bahan yang keras yaitu jagung, nangka muda dan kacang tanah. 
  4. Setelah itu masukkan labu siam, kacang panjang dan asam jawa. 
  5. Tambahkan garam dan gula pasir sesuai selera hingga terasa gurih, manis dan asam. 
  6. Yang terakhir masukkan daun melinjo masaklah sehingga layu. 
  7. Angkat. Hidangkan Sayur Asem selagi panas dengan nasi, ikan asin dan sambal terasi.

Cara Membuat Sayur Asem Betawi Yang Segar

Pasti anda bisa membuat sendiri Sayur Asem Khas Betawi tersebut, untuk masalah rasa anda bisa menyesuaikan hasil akhirnya sesuai dengan selera masing-masing. Setelah mencoba panduan memasak tersebut jangan lupa coba juga beberapa resep pilihan yang ada di bagian bawah. Trims.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post