» » » Menu Gangan Tukul

Cara Membuat Menu Gangan Tukul Mantap - Siapa bilang kita tidak bisa berwisata kuliner jika tidak bepergian? Anda bisa buktikan disini, dengan sering berkunjung ke website ini anda bisa belajar memasak beragam menu khas nusantara dari ujung barat sampai timur.

Dengan belajar resep daerah Indonesia tersebut tentu nuansa wisata kuliner bisa kita hadirkan di rumah masing-masing, tidak terkecuali dengan masakan gangan tukul yang akan segera kita coba berikut.

Masakan Gangan Tukul merupakan salah satu masakan dari Kalimantan Timur yang menggunakan bahan dasar ikan. Masakan ini dikenal memiliki rasa yang khas dan enak dan sudah banyak dipelajari di berbagai daerah lain. Kalau anda ingin mencoba sensasi Kaltim anda bisa dengan mudah memasaknya sendiri di rumah.

Selain ikan masakan ini juga menggunakan bahan lain yaitu singkong, jantung pisang dan juga kangkung. Untuk bumbu yang digunakan hampir sama dengan daerah lain yaitu bumbu rempah seperti bawang, lengkuas dan lain sebagainya. 

Sebagai salah satu masakan Nusantara, Menu Gangan Tukul cukup banyak yang menggemarinya. Jika anda ingin ikut mencoba mencicipi hidangan asli Kalimantan tersebut anda bisa mengikuti saja belajar Resep Gangan Tukul ini.

A. Bahan-bahan/bumbu-bumbu

1 ekor ikan gabus, dipotong 4 bagian
150 gram singkong, dipotong-potong
1.500 ml air
100 gram jantung pisang
1 ikat kangkung, disiangi
200 ml santan dari 1 butir kelapa
minyak untuk menggoreng

Bumbu halus
6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 cm lengkuas
1 cm kunyit
4 1/4 sdt garam
1 1/4 sdt gula pasir

B. Cara Membuat Gangan Tukul

  1. Potong ikan gabus menjadi 4 bagian
  2. Potong-potong daun singkong.
  3. Lumuri ikan gabus dengan 1/2 sendok teh air jeruk nipis dan 1/2 sendok teh garam. Diamkan 15 menit. Goreng sampai matang.
  4. Rebus jantung pisang dan 1/2 sendok makan garam dalam 500 ml air sampai matang. Angkat dan potong-potong.
  5. Rebus singkong dalam air sampai matang. Tambahkan bumbu halus sampai harum.
  6. Tuang santan. Masak sampai mendidih.
  7. Masukkan jantung pisang, kangkung, dan ikan gabus goreng. Masak sampai matang.

Cara Membuat Menu Gangan Tukul Mantap

Tidak perlu repot harus pergi jauh-jauh jika anda mau belajar memasak masakan ini. Anda bisa menghidangannya langsung di rumah, pasti bisa menjadi menu baru yang disuka. Coba saja, selain menu ini anda juga bisa mencicipi berbagai menu masakan lain yang lezat, enak dan tentunya tidak membosankan dari sabang sampai merauke. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post