» » » Membuat Masakan Gurih Gecak Sape dari NTB

Yuk nyoba masakan baru lagi yaitu masakan dari Nusa Tenggara Barat yang bernama gecak sape, belum pernah nyoba masakan ini bukan? Buat sobat yang suka dengan masakan gurih maka membuat masakan gecak sape ini akan menjadi pilihan yang mengesankan karena itulah pada kesempatan ini akan kita kupas habis lezatnya.

Masakan gesak sape adalah salah satu masakan daerah yang terbuat dari tetelan serta jeroan sapi. Tetelan adalah bagian daging sapi yang sebenarnya merupakan sisa daging yang melekat pada tulang. Daging ini berupa campuran daging, urat, lemak dan sebagainya. Tetelan telah dikelupas dari tulang dan dipotong-potong. Biasa daging ini digunakan untuk sup atau rawon. Tidak berbeda jauh dengan masakan dari daging lainnya, masakan ini juga menggunakan santan kelapa dan juga berbagai rempah bumbu yang lengkap. Karena gurihnya, masakan ini sudah banyak yang mengenal dan menyukainya baik itu oleh mereka yang berasal dari NTB maupun dari daerah lain.

Untuk membuat menu daerah ini kita harus mempersiapkan lebih banyak bahan dan bumbu tidak seperti biasanya, tetapi untuk cara membuat masakan ini kita tidak akan kewalahan karena cara membuat gegak sape masih tergolong mudah.

Bahan Dasar dan Bumbu Gecak Sape

Jika ingin ikut mencoba berwisata kuliner dengan resep NBT tersebut pertama-tama kita harus langsung mempersiapkan bahan-bahan dasar serta bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Jangan khawatir karena bahan dan bumbunya sudah dituliskan dalam daftar di bawah ini. Rekan semua tinggal menyiapkannya sesuai takaran yang tertera pada daftar.



Bahan Dasar

Tetelan, potong-potong, rebus matang
Babat sapi, rebus, potong-potong
Hati sapi, rebus, potong-potong
Limpa sapi, rebus, potong-potong
Kelapa parut, sangrai kecokelatan, haluskan
Bawang merah, iris tipis
Wijen
Daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus
Merica bubuk
Belimbing sayur, iris tipis
Air jeruk limau
Garam
Gula merah
Cengkeh bubuk
Lengkuas, memarkan
Kaldu
Santan dari ½ btr kelapa
Minyak goreng
Bawang goreng untuk menyajikan

300 gr
200 gr
200 gr
250 gr
50 gr
8 btr
50 gr
3 lbr
¼ sdt
4 bh
½ sdt
½ sdt
½ sdt
1/8 sdt
2 cm
750 ml
400 ml
3 sdm
5 sdm


Bumbu Halus

Kemiri
Cabai merah

4 btr
5 bh



Sudah siap, nanti dingin loe…. Ah, sudah-sudah, kalau bahan-bahan dan bumbu dalam daftar tersebut sudah ada di meja semuanya itu berarti kita sudah siap untuk memasaknya. Caranya silahkan lihat pada uraian selanjutnya tetapi jangan lupa di cek terlebih dahulu semua perkakas yang akan digunakan apakah sudah bersih semua atau belum seperti misalnya penggorengan, panti, kompor dan alat-alat dapur lainnya.

Cara Membuat Masakan Gurih Gecak Sape dari NTB

Kalau sudah siap semuanya langsung saja ikuti panduan memasak menu gecak sape seperti yang tertulis pada uraian berikut.

  • Pertama-tama tumis bumbu halus dan bawang merah iris sampai harum.
  • Kemudian tuang kaldu, didihkan, masukkan cengkeh bubuk, kelapa sangrai parut, merica, wijen, daun jeruk, lengkuas, garam dan gula, aduk, 
  • Masak sampai mendidih.
  • Tuang santan, tambahkan tetelan, jerohan, air jeruk limau, belimbing sayur, . aduk.
  • Masak hingga kuah agak kental.
  • Angkat, sajikan dengan bawang goreng.

Langkah utamanya cuma itu kok, tapi tentunya sebelum mengikuti langkah memasak di atas pertama sudah harus disiapkan terlebih dahulu seperti misalnya menghaluskan bumbu-bumbu, menyediakan irisan bawang merah, menyangrai kelapa parut dan lain-lain. Kalau sudah barulah dapat memulai langkah di atas sesuai urutan.

Sampai disini saja, selamat mencoba. Jangan lupa menu-menu khas nusa tenggara barat lainnya juga sudah menunggu antrian untuk dicoba, pastikan rekan semua juga melihat resep-resep lain yang diinginkan. Semua gratis untuk pengunjung setia blog ini.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post