» » » Kue Nagasari (Lambang Sari), Kue Khas Tradisional

Kue Nagasari (Lambang Sari), Kue Khas Tradisional - adalah sejenis kue yang terbuat dari tepung beras dengan isian buah pisang di dalamnya. Kue ini memiliki cita rasa lembut dibagian kulit dan manis pada bagian isinya. Untuk membuat kue ini tidak sulit, teknik memasak yang digunakan dalam kue ini adalah di kukus - adonan yang telah diisi buah pisang dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus sampai matang kurang lebih 30 menit.

Jika anda berasal dari desa mungkin anda sudah tidak asing dengan makanan ini. Makanan ini biasa disajikan pada acara-acara tertentu seperti acara pernikahan, syukuran dan beberapa cara lain.

Dulu, Kue Nagasari atau yang juga dikenal dengan sebutan Lambang Sari ini sangatlah populer di masyarakat dan bahkan menjadi salah satu kue wajib yang selalu disajikan pada acara-acara besar. 

Meski sekarang sudah agak jarang kita jumpai namun masih banyak masyarakat yang sebenarnya menyukai kue tradisional nagasari tersebut. Bahkan beberapa telah mencoba memberikan beberapa variasi sehingga kue lembut tersebut tampilannya lebih menarik. 

Pada edisi resep kue nusantara ini kita tidak akan berputar-putar hanya membahas mengenai kue ini saja tetapi kita akan menghadirkan juga Resep Kue Nagasari (Lambang Sari) yang bisa digunakan sebagai panduan atau acuan bagi yang ingin belajar membuatnya di rumah.

A. Bahan - Bahan Kue Nagasari (Lambang Sari)

Jika anda ingin membuat kue nagasari anda tidak perlu khawatir karena bahan-bahan yang dibutuhkan tidak banyak dan pastinya sangat mudah untuk disiapkan. Untuk ukuran kue, pembuatan kue lambang sari ini tidak cukup mudah dan tidak ribet, apalagi didukung dengan bahan yang mudah didapat tersebut. 

Supaya tidak terlalu lama membaca panduan ini, khusus untuk anda yang ingin mencoba membuat sendiri kue khas nusantara ini anda bisa menyiapkan semua bahannya sesuai daftar bahan berikut.
  • 500 gram tepung beras.
  • 75 gram tepung sagu.
  • 300 gram gula pasir.
  • 1 sendok teh garam.
  • 5 lembar daun pandan, ikat simpul.
  • 2 liter santan dari 1,5 kelapa.
  • 4-5 buah pisang tanduk, kukus sebentar
  • daun pisang untuk membungkus

Sedikit bukan bahan yang dibutuhkan? Sekarang silahkan disiapkan semua bahan di atas sesuai dengan takaran yang dicantumkan pada daftar tersebut. Setelah itu anda bisa mulai mempelajari bagaimana proses pembuatannya di bagian bawah.

B. Cara Membuat Kue Nagasari (Lambang Sari) Khas

Yang agak sulit dalam proses pembuatan mungkin saat menyiapkan adonan, tapi tidak perlu khawatir, anda bisa mengikuti langkah demi langkah pada proses membuat kue ini seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. Jika sudah siap, langkah membuat kue tradisional ini sebagai berikut:

  • Cairkan tepung beras dengan sebagian santan, sisihkan.
  • Rebus sisa santan bersama daun pandan dan garam. Masukkan cairan tepung beras dan gula pasir. Aduk sampai kental. 
  • Angkat, lalu masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat.
  • Ambil selembar daun pisang, letakkan 1 sdm adonan tepung. Beri sepotong pisang, tutup lagi dengan adonan tepung. Bungkus lalu lipat kedua ujungnya.
  • Kukus hingga matang selama 30 menit. Angkat dan sajikan.
Jika dibandingkan dengan membuat berbagai kue modern tentu cara membuat kue lambang sari ini sangatlah mudah dan tidak ribet. Meski begitu untuk anda yang belum pernah sama sekali membuatnya perlu belajar dari panduan resep yang ada.

Kue Nagasari (Lambang Sari), Kue Khas Tradisional

Selain kue ini banyak juga kue lain yang enak dan tak kalah seru dari kue ini. Mau mencobanya? Anda bisa mempelajari resep berbagai kue khas daerah tersebut di bagian bawah tulisan ini. Jangan lupa untuk mencatat berbagai resep yang dibutuhkan, anda bisa juga mencetak langsung panduan ini. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post