» » » Resep Opor Ayam Gudeg

Cara Memasak Resep Opor Ayam Gudeg yang Mantap - kita mau membuat menu ayam enak yaitu opor ayam. Buat variasi. Coba, apa saja menu ayam yang biasa disajikan di rumah? Kalau hanya satu dua tentu bisa bosan kan? Makanya, kita olah daging ayam dengan resep yang lebih bervariasi.

Kali ini kita buat menu yang berkuah. Kalau anda suka dengan sajian seperti ini anda bisa belajar memasak sajian ini dengan panduan yang akan diberikan. Disini akan dibahas lengkap dari berbagai bahan, bumbu yang dibutuhkan sampai pada cara memasak opornya.

Kalau dilihat dari namanya pasti bisa ditebak bahwa masakan ini adalah masakan yang menggunakan bahan dasar ayam dan kemudian akan disajikan sebagai pelengkap untuk gedug. Benar tidak? Ya, dari pada repot membahas hal itu akan lebih baik kalau kita belajar memasaknya saja.

Lumayan bisa menambah resep masakan yang sudah ada. Apa saja ya bahan dan bumbu yang dibutuhkan? Lantas kira-kira sulit tidak ya untuk membuat menu yang satu ini? Bagaimana kalau kita baru belajar masak, misalnya untuk rekan remaja putri?

Kita mulai saja langsung dari bahan dan bumbu yang akan digunakan dalam opor ayam tersebut. Sesuai dengan nama masakannya, menu ini menggunakan bahan dasar daging ayam segar yaitu khusus untuk daging ayam kampung. 

A. Bahan dan Bumbu Masakan

Untuk bumbunya menggunakan rempah bumbu yang sudah umum digunakan. Bumbu rempah tersebut sering digunakan dalam masakan lokal yaitu diantaranya bawang, kemiri, ketumbar, jintan dan lain sebagainya.

Langkah Membuat Resep Opor Ayam Gudeg Mantap

Nah, bagi anda yang belum pernah menyantap masakan opor gudek ini bisa belajar membuatnya sendiri dengan panduan yang akan diberikan. Mau? Kalau mau silahkan disiapkan terlebih dahulu semua bahan dan bumbunya.

Bahan-bahan 
2 ekor ayam kampung, potong-potong 
4 buah tahu putih (potong lalu goreng terlebih dahulu)
1½ gelas santan 
bawang goreng 

Bumbu yang dihaluskan: 
6 butir bawang merah 
5 siung bawang putih 
5 butir kemiri 
1 sdt ketumbar 
1/2 sdt jintan 
1 sdt merica 
1 kerat lengkuas 
1 batang serai 
3 lembar daun jeruk purut 
sedikit gula merah 
garam secukupnya

Dipelajari satu persatu dulu ya. Apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana takarannya. Kalau anda sudah menyiapkan semua bahan yang ada di atas anda bisa bersiap-siap ke langkah atau proses memasaknya. Mudah kok, dijamin anda langsung bisa.

B. Cara Memasak Opor Ayam Gudeg

Cara memasaknya tidak sulit, hanya beberapa proses saja, pertama siapkan daging, tumis bumbu lalu masak ikan sampai matang. Cukup mudah bukan? Nah, saatnya kita belajar masak. Seperti apa prosesnya, mari kita mulai saja.


1) Tumis bumbu halus hingga harum
2) Masukkan ayam dan tahu, aduk rata 
2) Masak sambil ditutup pancinya, hingga ayam berubah warna 
3) Tuangkan santan, masak hingga ayam empuk dan matang, angkat 
4) Hidangkan dengan ditaburi bawang goreng.
    Benar bukan, untuk membuat opor ini memang tidak sulit. Setelah anda mencoba dengan Resep Opor Ayam di atas selanjutnya anda bisa mulai berkreasi untuk melakukan perubahan agar masakan yang dihasilkan lebih sesuai dengan lidah dan selera anda. 

    Dengan melakukan pengembangan dari resep asli maka anda bisa membuat resep turunan yang lebih enak sesuai selera. Jangan lupa, jika anda sangat suka dengan berbagai masakan dengan bahan dasar ayam kampung anda bisa juga mencoba beberapa menu lain di bagian bawah.


    Ingat, semakin sering anda belajar maka anda akan semakin lincah dan memiliki banyak koleksi berbagai menu pilihan untuk disajikan. Setelah selesai, silahkan dilanjutkan ke menu-menu atau resep lain yang tak kalah seru.

    About Resep Masakan

    Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
    «
    Next
    Newer Post
    »
    Previous
    Older Post