» » » » Aneka Resep Makanan Khas Lampung Paling Lengkap

Resep Makanan Khas Lampung Lengkap - Jika datang ke suatu daerah yang belum pernah di kunjungi pastinya kita ingin tahu juga berbagai keragaman dan kekayaan kuliner yang ada di daerah tersebut.

Apalagi jika kita memang merupakan penikmat dan peminat berbagai kuliner daerah, tentu aneka resep masakan khas lampung merupakan sesuatu yang wajib untuk kita coba. Salah satu daerah yang juga memiliki kekayaan kuliner yang beragam adalah daerah Lampung.

Ada banyak jenis makanan khas yang pastinya akan membuat lidah kita bergoyang, penasaran dengan berbagai kekayaan kuliner tersebut?

Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia. Di sebelah utara berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan. Provinsi Lampung dengan ibukota Bandar Lampung yang merupakan gabungan dari kota kembar Tanjungkarang dan Telukbetung memiliki wilayah yang relatif luas, dan menyimpan potensi kelautan.

Pelabuhan utamanya bernama Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni serta pelabuhan nelayan seperti Pasar Ikan (Telukbetung), Tarahan, dan Kalianda di Teluk Lampung. (Sumber: Wikipedia/lampung)

Dengan wilayah yang cukup luas, Lampung juga memiliki ciri kuliner yang tersendiri di berbagai daerah. Hal ini membuat berbagai jenis kuliner yang ada lebih beragam dan lebih menggoda untuk kita coba. Bagi yang belum begitu sering ke daerah ini mungkin akan bertanya-tanya apa saja sih masakan khas dari daerah ini?

Nah, khusus pada kesempatan ini, situs masakan khas daerah akan mengajak kita untuk mengenal berbagai macam masakan atau makanan yang berasal dari daerah Lampung tersebut. Penasaran, tapi sebelum itu jangan lupa lihat juga beberapa artikel berikut:

1) Masakan khas banten 
2) Resep makanan khas lampung 
3) Masakan khas jawa barat 
4) Masakan khas lampung barat 
5) Masakan khas lampung timur 
6) Makanan khas provinsi lampung 
7) Seruit lampung

Berkaitan dengan makanan dari lampung kita setidaknya akan membahas dua hal berbeda. Pertama kita akan mencoba mengenal berbagai jenis makanan yang berasal dari daerah Lampung, kedua kita juga akan coba untuk belajar membuat atau memasak berbagai menu pilihan tersebut dengan mempelajari resep masakan yang ada.

A. Contoh Resep Makanan Khas Lampung

Karena tujuan utama situs ini adalah berbagi inspirasi mengenai berbagai resep masakan maka dari itu yang pertama akan kita bahas adalah beberapa contoh resep khusus untuk berbagai masakan yang berasal dari daerah Lampung.

Dapat dikatakan bahwa resep berikut merupakan resep makanan khas Lampung yang bisa kita coba sendiri di rumah. Berbicara masalah masak memasak maka ada banyak jenis masakan yang bisa kita siapkan khususnya yang berasal dari daerah ini.

Ada masakan yang memiliki cita rasa kental yang tidak terdapat di daerah lain dan tentunya ada juga beberapa resep yang mungkin saja sudah sering kita nikmati.

Pokoknya berikut ini adalah beberapa alternatif pilihan bagi kita yang suka berwisata kuliner di rumah sendiri. Mau coba memasak masakan tersebut, berikut daftar resep masakan selengkapnya.
  1. Resep Seruit lampung
  2. Resep masakan gulai balak
  3. Resep Tempoyak
  4. Resep Geguduh 
  5. Resep Gulai Taboh
  6. Resep Kemplang
  7. Resep Panggang
  8. Resep Gabing
  9. Resep Umbu
  10. Resep Sambal Asam Kembang
Kita bisa langsung saja melihat berbagai resep masakan di atas, tentunya jika kita memang ingin belajar menyajikan sendiri berbagai makanan lezat di atas.

Ingat, kekayaan kuliner memang sangat beragam dan kalau kita pecinta kuliner pastinya akan penasaran bila belum pernah mencoba berbagai masakan di atas. 

B. Daftar Makanan Khas Lampung

Di atas sudah lebih dulu diberikan beberapa contoh resep yang bisa kita sajikan sendiri di rumah. Nah, mungkin saja, dari sekian banyak masakan di atas kita ingin tahu lebih jauh sebelum mencobanya. Maka dari itu berikut ini akan di bahas sekilas mengenai beberapa makanan tersebut.

Katanya tak kenal maka tak sayang, maka dari itu kan asyik juga jika kita tahu lebih banyak mengenai jenis makanan yang akan kita coba.

Jika kita singgah di Lampung maka kita nanti bisa ikut mencari berbagai masakan di atas, mencobanya dan menikmati kekayaan kuliner tersebut. Supaya tidak penasaran dengan berbagai jenis masakan di atas berikut penjelasan ringkas dari makanan khas lampung tersebut.

Makanan Seruit 
Makan seruit disebut dengan istilah nyeruit, yang artinya adalah kegiatan makan yang dilakukan secara bersama-sama dengan hidangan sebagaimana tersebut di atas, yaitu sambol seruit, ikan gabus bakar, lalapan berupa ketimun, labu siam rebus, daun-daunan segar, terong lurik muda yang bulat-bulat, dengan nasi putih yang masih panas. 

Makanan Tempoyak
Tempoyak adalah makanan khas lampung yang merupakan hasil fermentasi dari buah durian. Karena hasil fermentasi, maka rasa tempoyak ini sedikit asam-asam. Menurut masyarakat, tempoyak ini lebih enak kalau dimakan dicampur dengan seruit. 

Makanan Geguduh 
Geguduh adalah penganan khas Lampung yang terbuat dari pisang yang dihaluskan dan dicampur dengan terigu, dimasak dengan cara digoreng, penganan isi memiliki citarasa manis karna menggunakan jenis pisang tertentu.

Makanan Gulai Taboh
Gulai Taboh, adalah kuliner khas Lampung yang juga dapat diartikan sebagai gulai santan. Gulai ini biasanya berisi khattak atau kacang kacangan seperti kacang/khattak gelinyor, kacang merah/khattak ngisi, kacang panjang/khattak kejung, khattak tuwoh, rebung, kentang dan lain lain.

Makanan Kemplang
Kemplang adalah kerupuk khas dari lampung, sumatera selatan dan sekitarnya, jadi kalo dibilang makanan khas lampung saya rasa gak juga karena daerah lain juga ada.

Kerupuk ini cukup istimewa karena tidak digoreng dengan minyak melainkan di panggang sehingga tidak mengandung minyak goreng, ini bagus sekali buat yang mengurangi goreng-gorengan.

Makanan Panggang
Panggang ini ialah ikan “terserah jenisnya” yang di asap sampai matang, bukan makanan yang di bakar atau di panggang langsung di atas api. Bumbu yang digunakan ialah bumbu dapur sederhana yaitu garam, cabe, bawang putih dan lain sebagainya.

Meskipun “panggang” mirip dengan makanan nusantara lainnya, tapi makanan ini berbeda, karena ikan yang telah matang akan berbau asap yang menambah selera makan, dan juga panggang ini juga bisa di kembangkan menjadi makanan lainnya seperti sayur panggang dan sayur panggang bening

Makanan Gabing
Gabing ialah makanan khas lampung yang terbuat dari batang kelapa muda. wah pasti banyak nih para pembaca yang belum makan atau belum pernah dengar.

Ya batang kelapa muda tersebut di potong dengan ukuran sedang setelah itu di sayur dengan kuah santan, rasa yang di berikan oleh batang kelapa ini adalah rasa manis dan gurih apa bila di gigit, rasa yang di timbulkan ialah rasa unik dan menarik.

Makanan Umbu
Umbu ialah suatu lalapan yang asli dari lampung. Lalap ini bukan berbentuk dedaunan hijau, umbu ialah lalap yang terbuat dari rotan muda yang di rebus hingga lunak . mungkin tebakan kalian makanan ini rasanya mirip dengan gabing?

Tetapi kenyataannya makanan ini jauh berbeda dengan gabing, umbu lebih cenderung berasa pahit seperti pare, tetapi pahit umbu ini dapat membangkitkan selera makan loh.

Makanan Sambal Asam Kembang
Dari judulnya kalian pasti berfikir bahwa ini sambal yang di beri asam jawa atau yang lainnya . sebenarnya sambal ini berbeda dengan sambal asam yang lainnya.

Sambal ini ialah sambal terasi khas lampung yang diberi buah kemang yang masih muda, buah kemang ialah buah sebangsa dengan buah mangga. tanaman ini sekarang sudah jarang di temukan


Nah itulah tadi sedikit uraian tentang berbagai kuliner yang berasal dari daerah Lampung. Semoga informasi tentang Makanan Khas Lampung ini bisa menjadi inspirasi dan sumber ide untuk berbagai kuliner yang bisa kita coba. Lain waktu akan kita sambung lagi dengan beberapa pembahasan lain yang tak kalah menarik dengan menikmati kuliner enak. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post