» » » Resep Asli Mie Jambi dan Cara Membuatnya

Hari ini kami akan bereksperimen dengan salah satu resep asli dari daerah Jambi yaitu masakan Mie Jambi. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya, mari kita simak uraian yang sudah disiapkan khusus bagi pengunjung semua yang ingin ikut merakan lezatnya masakan nusantara tersebut.

Mie Jambi adalah salah satu jenis olahan mie dengan berbagai bahan dan bumbu. Mie ini menurut pendapat kami merupakan masakan yang penuh dengan rasa dan unik sesuai dengan daerah aslinya. Di daerah asalnya, menu mie Jambi ini memang sudah banyak dikenal dan merupakan salah satu masakan yang sering disajikan.

Bahan dan Bumbu Mie Jambi

Masakan mie Jambi terbuat dari bahan dasar mie basah yang dicampur atau dikombinasikan dengan berbagai bahan lain seperti tetelan, telur dan juga perkedel kentang. Bumbu yang digunakan beberapa bumbu rempah seperti merica dan pala. Bahan-bahan serta bumbu selengkapnya dapat disiapkan seperti yang ada pada daftar di bawah ini.


Bahan Dasar

Tetelan, dipotong tipis panjang
Udang kupas
Air
Tepung terigu
Bawang putih, dihaluskan
Garam
Merica bubuk
Tongcai
Telur rebus, dipotong-potong
Perkedel kentang
Daun bawang, dipotong 1 cm
Daun seledri, dipotong tipis
Mie basah
Taoge
Bawang goreng untuk taburan

200 gram
150 gram
1.500 ml
2 sdm
5 siung
1 sdm + 1/4 sdt
1/2 sdt
50 gram
3 butir
Secukupnya
2 batang
1 sdm
200 gram
75 gram
Secukupnya


Bahan Perkedel

Kentang goreng, dihaluskan
Daun bawang, diiris halus
Garam
Merica bubuk
Pala bubuk
Telur

300 gram
1 batang
1/2 sdt
1/4 + 1/8 sdt
1/4 sdt pala
1 butir


Bahan tersebut terdiri dari dua jenis yaitu bahan untuk masakannya sendiri dan juga bahan untuk perkedel yang akan digunakan sebagai tambahan bahan dasar. Setelah semuanya siap, langsung saja ke langkah berikutnya.

Cara Membuat Resep Asli Mie Jambi

Tidak sulit untuk dapat menikmati uniknya masakan dari Jambi ini, yang perlu kita lakukan hanya beberapa langkah memasak saja. Selengkapnya silahkan ikuti cara membuat resep asli mie Jambi berikut!

  • Didihkan air, bawang putih, tetelan, dan udang. Masak sampai matang. 
  • Tambahkan garam dan merica.
  • Kentalkan dengan tepung terigu yang ditambah 100 ml air. Didihkan.
  • Aduk bahan perkedel lalu bulatkan. Celup ke dalam telur. 
  • Goreng sampai kecokelatan.
  • Tata mie, taoge, telur, dan perkedel. Siramkan kuah panas. 
  • Taburkan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Sajian khas daerah Jambi siap kita hidangkan di rumah bersama keluarga, jangan lupa untuk menyediakan juga sajian daerah Jambi lainnya yang sudah dinanti-nanti oleh keluarga kita. Demikianlah yang bisa disampaikan pada kreasi resep khas daerah kali ini, semoga kuliner nusantara ini dapat menambah daftar menu spesial yang dapat disajikan bagi seluruh anggota keluarga tercinta. Selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post