» » » Resep Masakan Ayam Goreng Balado

Resep Ayam Goreng Balado - Resep masakan khas daerah selanjutnya yang akan masuk dapur kreasi yaitu ayam goreng balado yang akan kita bahas lengkap dengan info bahan dan cara membuatnya langkah demi langkah. Kenapa memilih menu ini tentu saja alasan utamanya adalah karena rasa dan karena untuk melengkapi berbagai resep masakan yang sudah ada di rumah.

Meski kita pecinta ayam goreng namun jika resep yang digunakan itu-itu saja maka tentu lama kelamaan kita semua akan bosan, benar tidak?

Jadi, mempelajari berbagai resep masakan baru yang sebelumnya belum pernah disajikan bukan hanya akan memberikan kepuasan dan kenikmatan dari sebuah hidangan istimewa. Lebih dari itu kita akan memiliki lebih banyak referensi resep masakan yang bisa kita sajikan di rumah.

Semakin banyak menu atau resep yang kita miliki maka semakin menarik tentunya. Maka tak salah jika kita juga mencoba untuk berkreasi dengan salah satu masakan khas Padang yang ada ini. 

Khusus untuk jenis masakan khas dari daerah Padang yang satu ini sering kali kita berniat mencoba membuatnya namun terkendala dengan informasi. Sering kali kita harus mencari banyak informasi terlebih dahulu di internet baru setelah itu kita mencobanya. Semakin banyaknya informasi yang bisa di dapat maka terkadang justru kita di buat bingung, misalnya saja untuk masakan ini kita bisa mencari juga:

3) Bumbu ayam goreng balado 
4) Resep masakan sayur asem 
5) Resep ayam bumbu balado 
6) Resep ayam goreng cabe 
7) Resep ayam goreng kremes 
8) Resep ayam goreng empuk 
9) Resep ayam goreng tepung 

Mau resep ayam goreng gurih, mungkin menu yang satu ini bisa dijadikan pilihan. Memang benar, kita tentu bisa mengambil informasi yang kita butuhkan namun karena tidak memiliki situs langganan maka terkadang kita bingung. 

Untuk itulah, khusus bagi pengunjung setia situs ini yang ingin belajar membuat ayam goreng balado bisa menggunakan panduan yang akan diberikan. Daftar bahan, bumbu dan panduan memasaknya akan disiapkan secara lengkap.

A. Bahan dan Bumbu

Untuk membuat kreasi resep ini mari kita siapkan langsung bahan-bahan yang kita butuhkan yaitu bahan dasar dan bahan untuk bumbu halusnya berikut ini.

Bahan Dasar
  • 1 ekor ayam, potong 8 bagian (saya menggunakan ayam kampung muda)
  • 1 lembar daun salam
  • 1 tangkai serai, dimemarkan
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 500 ml air
Bahan Bumbu Halus
  • 5 butir bawang merah
  • 2 sung bawang putih
  • 3 butir kemiri (Saya kurang suka aroma kemiri jadi 2 butir kemiri cukup buat saya)
  • 1 sendok teh ketumbar 
  • 2 cm jahe
  • 1 sendok teh garam
Bahan Bumbu Balado
  • 6 buah cabai merah (Tambah cabai sesuai selera, kalau saya saya pakai 8 buah cabai merah)
  • 10 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 buah asam kandis, utuh

Untuk membuat masakan ini maka pertama-tama kita siapkan terlebih dahulu berbagai kebutuhannya yaitu mulai dari bahan dasar, bumbu dan juga beberapa persiapan lain. Setelah semua siap maka kita bisa melangkah ke tahap proses pembuatan atau cara memasak makanan ini. 

B. Cara Membuat Ayam Goreng Balado Khas Padang

Pertama dan yang utama tentunya sebelum membuat menu khas ini kita harus menyiapkan apa yang sudah disampaikan di atas. Setelah itu kita masuk ke langkah-langkah memasak masakan ini yaitu:
  1. Rebus ayam, bumbu halus, salam, serai, lengkuas sampai bumbu meresap.
  2. Angkat lalu goreng ayam sampai kekuningan. Sisihkan.
  3. Buat bumbu balado: tumbuk kasar cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan garam.
  4. Tumis sampai layu bersama asam kandis. 
  5. Masukkan potongan ayam lalu aduk sampai bumbu merata.
  6. Angkat dan hidangkan untuk 6 porsi

Mudah bukan untuk membuat ayam goreng balado yang disampaikan disini? Sekarang giliran sobat netter semua mencoba untuk berkreasi dengan resep spesial ini. Enak lho, menu ini tidak kalah dengan menu Sate Padang atau menu dendeng balado, mantap deh. 

Ayam Goreng Balado dan Cara Membuatnya

Ada banyak kok menu-menu spesial dari daerah lain yang patut dicoba. Lain waktu kami akan mengajak anda untuk mencoba menu lainnya. Sekarang silahkan berkreasi dengan resep di atas terlebih dahulu. Selamat mencoba ya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post