» » » Belajar Membuat Sup Ikan Bilendhango Khas Gorontalo

Belajar Membuat Sup Ikan Bilendhango Khas Gorontalo. Rekan-rekan yang ingin belajar membuat resep khas Gorontalo boleh ikutan dengan pembahasan kali ini karena kita akan belajar membuat sup ikan bolendhango yang merupakan masakan khas Gorontalo

Bagi yang penasaran dengan rasa masakan ini mari simak ulasan lengkapnya sekarang juga. Anda yang belum pernah mendengar nama masakan Gorontalo ini pasti penasaran seperti apakah bilendhango ini. 

Sup Ikan Bilendhango Gorontalo adalah masakan sup ikan yang terbuat dari bahan dasar ikan kembung dengan kombinasi rempah bumbu yang sesuai. 

Dari beberapa sumber, sup ini terkenal lezat dan memiliki rasa yang unik. Jika anda ingin mencobanya maka tidak salah jika anda ikut belajar membuatnya melalui pembahasan kali ini.

A. Bahan dan Bumbu Sup Ikan Bilendhango

Bahan dan bumbunya sedikit dan pasti tidak memerlukan waktu yang lama untuk kita siapkan, oleh sebab itu mari kita siapkan langsung bahan dan bumbu sup ikannya seperti pada daftar yang ada.


Bahan dan Bumbu

Ikan kembung
Cuka
Cabai merah
Cabai hijau
Bawang merah
Minyak untuk menumis
Air
Daun jeruk
Daun kunyit
Daun pandan
Daun kemangi
Garam halus
Jahe
Tomat
Sereh yang dimemarkan
Daun bawang
Perasan jeruk
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
: : : : : : :
1000 gr (2 ekor)
1 sdm
5 buah
2 buah
6 siung
3 sdm
250 ml
5 lembar
1 lembar
1 lembar
25 lembar
1 sendok
5 cm
3 buah
1 batang
10 cm
5 sdm

Kalau anda khawatir rasa yang dihasilkan dari bahan dan bumbu tersebut tidak sesuai dengan lidah anda maka anda dapat menyesuaikan bahan-bahan serta bumbu-bumbu yang digunakan sehingga rasa akhirnya mendekati dengan selera masing-masing.


Meski demikian, akan lebih baik jika kita mencoba resep ini terlebih dahulu sehingga kita dapat merasakan sensasi menyantap masakan sup dari Gorontalo tanpa harus pergi jauh-jauh ke daerah tersebut. Setelah itu jika belum puas maka kita dapat melakukan kreasi masakan sesuai selera kita.

B. Cara Membuat Sup Ikan Bilendhango Khas Gorontalo

Cara membuat menu daerah ini tidaklah susah jadi kita hanya perlu belajar membuatnya sekali atau dua kali saja. Agar tidak terlalu lama menunggu mari langsung saja kita mulai memasak resep sup ikan Gorontalo tersebut dengan mengikuti panduan cara memasak sebagai berikut.

  • Rendam ikan dalam cuka 30 menit.
  • Lalu, gerus kasar cabe merah, cabe hijau, dan bawang merah dan tumis hingga harum.
  • Masukkan air secukupnya
  • Tambahkan daun jeruk, daun kunyit, daun kemangi, daun pandan.
  • Tambahkan garam secukupnya.
  • Tambahkan daun bawang, tomat, jahe, dan sereh.
  • Masukkan ikan yang telah direndam tadi.
  • Masak hingga matang.
  • Masukkan perasan air jeruk.
  • Angkat dan sajikan.

Sampai disini pembahasan menu daerah kali ini, semoga dapat menjadi inspirasi memasak bagi kita semua. Jangan lupa untuk mencatat alamat blog ini agar lebih mudah dalam mencari resep khas Gorontalo lain yang akan setiap minggu dibahas dan diperlengkap. Terima kasih, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post