» » » Menu Segar Eungkot Asam Keueng dari Aceh

Pernah dengar menu makanan khas daerah yang bernama Eungkot Asam Keueng? Menu ini merupakan menu masakan dari daerah Aceh yang juga dapat disebut dengan sayur asam pedas. Kali ini kita akan mencicipi bagaimana segarnya menu segar eungkot asam keueng dari Aceh tersebut di dapur kita masing-masing.

Asam Keueng atau sayur Asam Pedas merupakan masakan yang sudah dikenal akan kekhasannya yang unik. Disetiap wilayah memiliki keunikan rasa tersendiri dari bumbu yang digunakan. Ini bisa dijadikan referensi tambahan wisata kuliner di rumah.

Sajian - sajian spesial dari daerah lain tentu bisa menjadi kejutan yang dinanti. Meski mungkin terlihat sama tetapi sajian rasanya tentu akan berbeda. Tidak salah dong mencoba kuliner dari daerah lain seperti ini?

Supaya tidak penasaran bagaimana rasa dari masakan ini maka kita akan mencoba berkreasi dengan resep eungkot asam keueng Aceh dengan panduan yang akan diberikan pada update kali ini.

A. Bahan dan Bumbu Eungkot Asam Keueng

Untuk bahan dasar yang digunakan dalam masakan khas daerah yang satu ini adalah ikan tongkol. Selain ikan tongkol itu, tidak ada bahan tambahan lain yang digunakan kecuali beberapa rempah yang memang digunakan untuk memperkaya rasa masakan ini. Bahan dan bumbu yang digunakan dalam masakan eungkot asam keueng ini adalah sebagai berikut:



Bahan Dasar

Ikan tongkol sedang
Jeruk nipis, ambil airnya
Kunyit bubuk
Asam sunti

1 ekor
3 buah
½ sdt
50 gram

Bahan Dasar

Cabai merah
Cabai rawit merah
Bawang putih
Merica
Garam

15 buah
7 buah
8 siung
¼ sdt
secukupnya    



Siapkan dulu bahan yang dibutuhkan. Pada masakan kali ini bahan utama yang akan kita olah adalah ikan tongkol. Nanti ikan ini akan kita olah dengan rempah bumbu agar menghasilkan cita rasa unik sesuai asalnya.

B. Cara Membuat Menu Segar Eungkot Asam Keueng Aceh

Membuat menu ini tidaklah sulit. Pertama-tama kita akan menyiapkan segala bumbu dan bahan yang dibutuhkan. Selain itu tak lupa juga alat-alat dapur seperti panci dan penggorengan, pisau dan lainnya juga harus dalam keadaan siap pakai supaya dalam memasak masakan ini akan lebih cepat dan tidak ada kendala. Langkah-langkah memasaknya dapat diikuti seperti petunjuk dibawah ini.

  1. Pertama-tama lumuri ikan dengan air jeruk nipis, kunyit bubuk, asam sunti dan bumbu yang dihaluskan menjadi satu. 
  2. Kemudian aduk rata, diamkan 30 menit hingga bumbu meresap.
  3. Setelah itu pindahkan ke dalam panci, masak dengan api sedang hingga matang dan bumbu meresap.
  4. Setelah matang dan bumbu meresap angkat dan sajikan

Seperti cara membuat masakan aceh lainnya, membuat masakan ini memang tidak perlu proses yang rumit. Meski tergolong mudah namun perlu diperhatikan juga kombinasi bumbu dan cara memasak karena bumbu dan cara memasak tentu akan berpengaruh pada rasa akhir masakan.

Menu Segar Eungkot Asam Keueng dari Aceh
Foto: Ilustrasi
Perlu saya ingatkan bahwa setiap resep yang disajikan akan menghasilkan rasa yang tentunya tidak pasti sama dengan resep aslinya meski kita menggunakan resep yang sama. 

Semua itu memang tergantung pada siapa yang memasak dan bagaimana sentuhan tangan kita terhadap proses tersebut. Dengan mencoba resep asli daerah kita akan menghasilkan menu baru yang sesuai dengan selera dan ciri masakan yang biasa kita hasilkan.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post