» » » Cara Membuat Pallumara Resep Khas Makasar

Resep masakan khas daerah yang satu ini merupakan masakan yang terbuat dari bahan dasar ikan yang dimasak sesuai citarasa daerah. Seperti juga pada masakan Nusantara lainnya, masakan yang terkenal dengan sebutan Pallumara ini dibuat dari bahan dan bumbu yang tidak terlalu komplit dengan cara pembuatan yang tidaklah sulit.

Artikel mengenai cara membuat palumara resep khas Makasar ini akan memaparkan bagaimana langkah-langkah memasak menu khas daerah dari Indonesia ini lengkap dengan daftar bahan yang digunakan dan juga bumbu-bumbu yang dibutuhkan.

Jika rekan semua ingin mencoba menyajikannya di rumah maka silahkan ikuti tata caranya berikut. Sekedar mengingatkan saja, selain palu mara ini anda bisa juga mencoba beberapa masakan dari Makasar lainnya sebagai berikut:

1. Ikan bakar parape
2. Pallu basa Makasar
3. Menu ayam gagape
4. Mie titi

Beberapa masakan di atas tentu saja akan melengkapi sajian yang biasanya anda hidangkan untuk keluarga tercinta di rumah. Jangan lupa, anda bisa berkreasi dengan resep-resep yang ada untuk mendapatkan rasa yang lebih sesuai di lidah, jika diinginkan.

A. Bahan dan Bumbu Dasar

Untuk bahan dan bumbu-bumbu dasar yang akan digunakan dapat langsung kita siapkan sesuai yang ditulis pada daftar berikut.

Silahkan siapkan semua bahan dan bumbu dasar tersebut dan setelah itu ikuti langkah memasak palumara ini.



Bahan Dasar

Ikan bandeng
Jeruk nipis, ambil airnya
Garam
Bawang goreng
Air
Minyak, untuk menumis

1 ekor
1 butir
2 sdt
1 sdm
200 ml
3 sdm


Bahan Dasar

Bawang putih, iris tipis
Daun bawang, iris serong
Cabai merah besar, buang bijinya, iris serong
Cabai rawit
Asam jawa, dilarutkan dalam 50 ml air
Daun jeruk purut, iris halus
Jeruk nipis, ambil airnya
Penyedap rasa (jika suka)
Gula merah, iris

5 siung
3 batang
4 buah
10 buah
1 sdt
5 lembar
½ butir
¼ sdt
1 sdt


Kalau sudah yakin semua yang dibutuhkan sudah siap, maka dapat langsung memulai menyiapkan hidangan spesial dari daerah ini. Jangan lupa untuk memahami langkahnya terlebih dahulu sebelum memulainya.

B. Cara Membuat Masakan Pallumara Khas Makassar

Setelah langkah awal yaitu menyiapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan telah selesai sekarang akan kita mulai untuk membuat masakan tersebut. Cara membuat masakan palumara khas tersebut yaitu sebagai berikut:
  1. Siangi ikan bandeng, lalu potong setiap ikan menjadi 3 bagian, cuci bersih, tiriskan. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, biarkan 20 menit.
  2. Tumis bawang putih hingga harum. 
  3. Tambahkan daun bawang dan cabai merah, aduk hingga layu. 
  4. Tambahkan air asam jawa dan air, biarkan mendidih.
  5. Masukkan potongan ikan. 
  6. Tambahkan daun jeruk purut, cabai rawit, penyedap rasa dan gula merah. 
  7. Masak hingga matang. 
  8. Masukkan air jeruk nipis, aduk sebentar, angkat. 
  9. Sajikan palumara dengan taburan bawang goreng untuk 4 porsi 
Cara Membuat Palumara Resep Khas Makasar
Cara Membuat Palumara Resep Khas Makasar

Dengan panduan memasak resep pallumara Makasar tersebut kita akan menikmati hidangan ikan bandeng dengan rasa yang berbeda dari yang biasa kita nikmati. Dengan ini mudah-mudahan kita tidak akan bosan dengan menu-menu masakan dengan bahan dasar ikan bandeng. Sudah dulu ya, selamat mencoba.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post