» » » » Masakan Gulai Pakis Khas Padang

Masakan Unik Gulai Paku (Pakis) Khas Padang. Pernah menyantap masakan unik dari pakis tidak, kalau belum mari kita siapkan sebuah resep khas Padang yaitu gulai pakis. Dengan resep masakan ini kita akan merasakan khasnya gulai pakis asli, yang tertarik langsung saja kita simak bahan dan cara membuat masakan tersebut berikut ini.

Rumah makan padang kan memang sudah banyak di kenal maka jenis masakan padang pun memang sudah banyak yang dikenal di masyarakat. Salah satu jenis masakan dari daerah ini yang juga sudah banyak dikenal adalah jenis sayur yaitu gulai paku.

Jangan terkecoh dengan namanya, gulai paku adalah jenis masakan gulai yang terbuat dari bahan utama pakis, jadi bukan paku bahan bangunan. Sebelum kita bicara lebih jauh mari kita lihat beberapa masakan padang lain yaitu:


Beberapa resep di atas juga merupakan resep yang berasal dari daerah Padang, jika kita merupakan penggemar kuliner nusantara mungkin sudah kenal dengan beberapa resep di atas. Jika ingin membuat masakan tersebut kita bisa menggunakan panduan yang ada. Sekarang mari kita coba resep masakan gulai paku khas Padang berikut.

A. Bahan dan Bumbu

Pakis muda tentu merupakan bahan dasar atau bahan utama yang akan digunakan untuk masakan ini. Meski begitu kita juga akan menggunakan bahan lain sehingga masakan ini akan menjadi hidangan lezat bagi kita semua. Untuk bahan-bahan gulai paku ini selengkapnya yaitu:

Bahan Dasar
  • ½ kg daun pakis muda yang sudh disiangi
  • 750 cc santan cair dari 2 ½ butir kelapa
  • 200 gr udang, kupas
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 3 buah asam kandis
  • 30 lembar daun ruku-ruku atau daun kemangi
Bahan Bumbu Halus
  • 1 ons cabe merah
  • 10 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • garam secukupnya

Kita siapkan terlebih dahulu bahan dan bumbu yang ada pada daftar di atas, baru setelah itu ke proses memasak masakan ini. Perlu diingat saat pertama kali mencoba resep ini sebaiknya coba gunakan dengan takaran yang ada sesuai daftar di atas agar kita tahu bagaimana rasa masakan ini. Setelah itu kita bisa berkreasi untuk mendapatkan rasa gulai pakis yang lebih sesuai dengan lidah kita

B. Cara Membuat Masakan Unik Gulai Paku (Pakis) Khas Padang

Cara membuat masakan unik ini tidaklah sulit, yang pertama kita cuci daun pakis yang sudah disiangi kemudian tiriskan. Setelah itu didihkan santan dengan semua bumbu berikut udang, jangan lupa aduk-aduk agar santan tidak pecah.

Selanjutnya, masukan daun pakis, tunggu mendidih sekali lagi, setelah mendidih sekali lagi masukan santan kental. Selanjutnya, yang perlu kita lakukan adalah masak terus sampai santan berminyak, kemudian angkat.

Masakan Gulai Pakis Khas Padang

Tidak begitu sulit kan untuk memasak menu daerah Palembang yang satu ini. Pastinya sobat netter di rumah juga ingin mencoba resep yang satu ini kan? Silahkan berkreasi di rumah dengan resep gulai kakis tersebut.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post