» » » Masakan Tempe Bumbu Khas Bali

Resep Masakan Tempe Bumbu Khas Bali - bahan wajib yang sangat sering dijumpai di rumah. Tempe biasa diolah menjadi berbagai sajian. Bisa ditumis untuk sayur bisa juga digoreng dengan tepung untuk dijadikan lauk tambahan.

Tempe biasanya menjadi salah satu bahan masakan yang paling tidak disukai. Bahan ini paling umum dan paling sering disajikan di rumah. Kali ini kita akan masak sayur tempe spesial dengan menggunakan resep yang sebelumnya belum pernah dicoba.

Kali ini kami mengajak untuk mencoba menu daerah yaitu Tempe Bumbu. Mudah-mudahan sajian ini bisa menjadi sajian sehat yang tidak membosankan. Kalau dibuat variasi berbeda mungkin yang tadinya bosan bisa lebih lahap.

Kalau sebelumnya kita sudah sering menyajikan menu tempe mungkin resep ini akan jadi pilihan yang baik bagi kita. Dengan menyajikan menu masakan berbahan dasar tempe dengan resep yang berbeda tentunya akan menghilangkan rasa yang sudah terlanjur melekat sebelumnya.

Resep tempe bumbu ini tentunya menggunakan bahan dasar tempe. Selain itu masakan ini menggunakan bumbu rempah khas yang akan memperkaya rasa dan membuat masakan ini terasa nikmat dilidah. 

A. Bahan dan Bumbu

Untuk memasak menu tempe bumbu ini tidaklah sulit, hampir sama dengan proses memasak menu masakan pada umumnya. Jika anda ingin mencoba masakan ini, silahkan siapkan bahan-bahan serta bumbu yang akan digunakan dalam masakan ini. Bahan dan bumbu tersebut selengkapnya seperti pada daftar berikut!

Bahan dan Bumbu
1 bongkah tempe, potong-potong
2 batang serai, memarkan
4 sendok makan kecap manis
1 sendok the gula pasir
150 cc air
Minyak goreng secukupnya dan garam secukupnya
5 buah cabai merah
3 butir kemiri
2 siung bawang putih
5 butir bawang merah dan asam

Nah, beda ya? Kita menggunakan serai, cabai dan juga kemiri. Tentu rasanya akan lebih kaya dan khas. Silahkan disiapkan terlebih dahulu. Panduan memasak atau membuat menu ini bisa diikuti pada langkah-langkah yang dijelaskan di bawah.

B. Cara Membuat Tempe Bumbu khas Bali

Setelah siap dengan bahan dan bumbu untuk Resep Tempe Bumbu Khas Bali ini kita langsung bisa mulai memasaknya. Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti cara memasak Tempe Bumbu Bali berikut:
  1. Gorenglah tempe yang telah di potong potong sesuai dengan selera anda hingga wara menjadi kuning kecoklatan.
  2. Bumbu yang telah di siapkan kemudian di tumsi hingga aromanya tercium.
  3. Tambahkanlah bumbu tersebut dengan sedikit air, kemudian tambahkan garam, penyedap rasa, gula dan juga kecap manis. Masaklah bumbu tersebut hingga mendidih
  4. Setelah bumbu tersebut mendidih, maka masukanlah tempe yang telah di goreng sebelumnya.
  5. Masak dan biarkan saja hingga kuahnya sedikit lebih mengental
  6. Setelah kuah mengental, maka anda dapat mengangkatnya dan menghidangkannya selagi hangat.

Saya sangat berharap resep masakan Bali tersebut bisa menjadi salah satu alternatif menu pilihan yang bisa kita sajikan untuk keluarga tercinta. Mudah-mudahan menu masakan Bali yang kita siapkan disukai oleh semuanya.


Lain waktu kita akan belajar menu sehat dan nikmat lainnya. Silahkan catat alamat blog ini untuk mendapatkan berbagai referensi resep khas daerah lainnya. Jagan lupa juga untuk mencicipi rasa khas masakan lain. Sampai disini, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post