» » » Cara Membuat Masakan Mangut Lele Khas Jogja

Masakan Mangut Lele - Masih dengan resep masakan khas daerah Jogja kali ini kita akan belajar untuk memasak menu spesial yaitu "Masakan Mangut Lele". Sudah pernah dengar nama masakan ini? Yapz, masakan ini merupakan salah satu masakan bahan dasar lele dengan berbagai kombinasi bahan dan bumbu rempah. Ingin belajar menyajikannya di rumah?

Masakan ini merupakan salah satu masakan yang pada pengolahannya menggunakan banyak bahan dan bumbu rempah. Rasa masakan ini khas cita rasa Jogja, bagi anda yang suka tentu akan menjadi santapan yang dinantikan. Ada dua bahan tambahan pilihan yang bisa dikreasikan dalam masakan ini, pertama penggunaan belimbing wuluh dan juga penambahan petai. Ada bebas menambahkan atau menghilangkan bahan tersebut sesuai selera.

Untuk membuat masakan ini mudah, anda tidak harus menghabiskan waktu lama untuk melakukannya. Jika ingin belajar memasak Masakan Mangut Lele ini anda bisa mulai menyiapkan bahannya dan mengikuti panduan Resep Masakan Mangut Lele yang diberikan.

Bahan dan Bumbu Masakan Mangut Lele

Tidak perlu berlama-lama, mari kita siapkan langsung berbagai bahan dasar serta bumbu yang dibutuhkan untuk memasak masakan khas daerah tersebut. Bahan dan bumbu selengkapnya yaitu seperti pada daftar berikut ini, silahkan disiapkan sesuai takaran.

Bahan Dasar
4 ekor (520 gram) ikan lele, dicuci bersih
1 sendok teh garam
2 sendok teh air jeruk nipis
3 buah cabai merah besar, diiris serong
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk, sobek sobek
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula merah
500 ml santan dari 1 butir kelapa
2 sendok teh minyak untuk menumis
2 buah belimbing wuluh atau tomat
1 papan petai
minyak untuk menggoreng 

Bumbu
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah cabai merah besar
3 buah cabai merah keriting
3 butir kemiri sangrai
1 cm jahe
1 cm kunyit bakar sebentar agar tidak langu

Cara Membuat Masakan Mangut Lele Khas Jogja
Sudah siap semua dengan bahan dan bumbu yang ada dalam daftar di atas? Mari langsung saja kita mulai memasaknya dengan panduan cara membuat Masakan Mangut Lele sebagai berikut!

  1. Lumuri ikan lele dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit.
  2. Goreng ikan dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
  3. Tumis bumbu halus, petai, cabai merah besar, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai sampai harum.
  4. Masukkan santan, garam, dan gula merah. Aduk rata. Masak sampai mendidih. Masukkan ikan lele. Masak sampai kental dan berminyak.
  5. Sajikan untuk 4 porsi
Setelah anda mencoba resep asli Masakan Mangut Lele tersebut selanjutnya anda bebas berkreasi dan membuat perubahan pada menu di atas. Yang perlu di catat adalah bahwa rasa akhir dari masakan yang anda buat bisa saja berbeda dengan masakan aslinya. Silahkan anda berkreasi dan temukan sendiri resep mangut lele yang sesuai dengan selera anda.

Jangan lupa cek dan pelajari juga beberapa resep asli Jogja lainnya yang ada dibagian bawah. Mudah-mudahan resep nusantara yang satu ini berkenan di hati anda semua. Sampai disini, selamat mencoba dan sampai bertemu lagi di masakan khas daerah selanjutkan esok hari. Terima kasih.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post