» » » » Kreasi Masakan Jepang Gyudon dan Cara Membuatnya

Kreasi Masakan Jepang Gyudon dan Cara Membuatnya - Anda yang hobi berwisata kuliner tentunya sangat menantikan salah satu resep khas Jepang yang satu ini. Masakan gyudon adalah salah satu masakan Jepang yang sudah dikenal banyak pecinta kuliner. Pada kesempatan ini kita akan berbagi info Cara Membuat Masakan Jepang Gyudon tersebut bersama-sama. 

Gyudon ini merupakan salah satu masakan dengan tare yang umumnya memakai mirin dan sake. Menurut beberapa informasi, Yoshinoya sebagai restoran gyudon paling terkenal di Jepang memakai wine di produk gyudon bekunya yang dijual di pasaran Gyudon sendiri berarti (daging) sapi (gyu) di atas semangkuk nasi (donburi).

"Di zaman Meiji sudah dikenal cikal bakal gyūdon yang disebut Gyumeshi berupa semangkok nasi yang diatasnya diletakkan irisan daging sisa Gyūnabe (daging sapi yang dimasak dengan kecap asin dan gula). Pada waktu itu, orang Jepang sering mendengar orang asing memanggil anjingnya, "Come (here)", tapi menurut pendengaran orang Jepang, "come" terdengar seperti "kame" dan orang asing tersebut disangka sedang memanggil anjing yang bernama Kame. Dari nama anjing bernama Kame konon lahir sebutan Kamechabu, chabu (makanan) untuk si Kame berupa nasi dicampur sisa-sisa Gyūnabe yang tidak habis dimakan". (Sumber: Wikipedia)

Ya pokoknya kita bisa menjajal atau mencoba salah satu resep luar negeri yang cukup terkenal. Paling tidak bisa menjadi tambahan referensi untuk menu-menu kejutan yang bisa dihidangkan di rumah. Seperti apa ya?

A. Bahan dan Bumbu Gyudon

Sudah tidak perlu banyak info lagi intinya kita coba masakan jepang ini bersama-sama untuk memperkaya menu-menu yang sudah ada dalam daftar masakan yang kita miliki. Yuk langsung kita siapkan bahan dan bumbunya setelah itu cara masaknya diikuti pada bagian bawah ya.



Bahan Dasar

Daging sapi diiris tipis

100gr (sesuaikan)

Bahan Bumbu

Big Cola
Kecap asin
Bawang merah
Bawang putih
Bawang bombay
Minyak wijen

150 ml (sesuaikan)
3 sdm
1-2 siung
1-2 siung
(sesuaikan)
(sesuaikan)


Saya rasa tidak terlalu lama untuk mempersiapkan kreasi masakan luar negeri ini karena bahan dan bumbunya tidak terlalu banyak. Langsung saja ikuti langkah cara membuat masakan Jepang tersebut yang diuraikan di bawah.

B. Cara Memasak Kreasi Gyudon 

Kreasi gyudon dapat kita masak dengan mengikuti langkah memasaknya seperti dijelaskan pada langkah-langkah berikut ini. Silahkan ikuti bersama-sama untuk mencoba sajian luar negeri dari Jepang ini.
  • Rebus cola dalam panci dengan api kecil, lalu masukkan kecap asin.
  • Geprek atau iris bawang merah dan bawang putih masukkan ke dalam rebusan.
  • Potong tipis memanjang bawang bombay, lalu masukkan ke dalam rebusan juga minyak wijen.
  • Lanjutkan rebus agak lama, lalu masukkan irisan daging (api tetap kecil).
  • Buang kotoran (busa) yang timbul dari rebusan.
  • Siapkan semangkuk nasi dan tuangkan daging dan sedikit kuah.
  • Siap untuk disajikan.
Masakan Jepang Gyudon
Kreasi Masakan Jepang Gyudon dan Cara Membuatnya

Nah itulah tadi Masakan Jepang Gyudon yang merupakan salah satu resep masakan luar negeri yang dapat dicoba di dapur kita masing-masing. Masakan tersebut dapat dikreasikan sesuai dengan selera masing-masing untuk menghasilkan sajian yang sesuai lidah kita semua. Terima kasih, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post