» » » » » Ayam Tangkap dari Aceh yang Lezat

Hari ini saya akan mengajak anda untuk membuat Ayam Tangkap khas Aceh yang lezat dan nikmat. Menu ini bisa menjadi alternatif bagi kita yang menyukai olahan daging ayam yang memiliki cita rasa yang mantap. Ada yang sudah siap berkreasi dengan resep dari Aceh?

Masakan dari Aceh tersebut bernama ayam tangkap yang memiliki rasa yang layak untuk kita coba. Masakan ini asli terbuat dari bahan dasar daging ayam namun diolah dengan berbagai bumbu dan proses yang khas sehingga menghasilkan makanan yang nikmat.

Rasa masakan ini begitu lezat, apalagi masakan ayam ini memang menggunakan daging ayam kampung yang memang terkenal lebih lezat.

Belum lagi dengan kombinasi bahan rempah lain misalnya daun salam koja, daun pandan dan juga cabai hijau. Masakan ini memang begitu mantap di lidah, untuk lauk nasi putih hangat memang sungguh mantap. 

Awal mencoba masakan ini karena keluarga di rumah bosan dengan daging ayam yang dimasak dengan resep yang selalu sama. Makanya saya laku mencoba mencari solusi dan mendapatkan resep ini dari rekomendasi teman.

Awalnya ragu untuk menghidangkan masakan ini namun akhirnya setelah dicoba ternyata keluarga senang. Dari segi pengolahannya, ayam tangkap khas aceh ini tidak sulit untuk dibuat.

Saya pribadi ketika pertama kali mencoba memasak masakan ini tidak mengalami kendala yang berarti. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan juga tidak sulit untuk disiapkan makanya saya mencoba membuat masakan ini di rumah.

A. Bahan-Bahan Ayam Tangkap

Yang ingin mencoba resep ayam tangkap ini tidak perlu khawatir karena bahan dan bumbunya tidak banyak dan mudah disiapkan. Bahkan untuk beberapa bahan rempah sudah ada di dapur. Bahan-bahan yang dibutuhkan ada dua yaitu bahan dasar dan juga bumbu. Bahan-bahan tersebut dapat langsung disiapkan seperti berikut.

Bahan Dasar
  • 1 ekor ayam kampung
  • 1 liter minyak goreng
  • 8 tangkai daun salam koja (temurui)
  • 4 lembar daun pandan, iris kasar
  • 1 cangkir air matang
  • 2 buah cabai hijau
Bahan Bumbu
  • 3 siung bawang putih (3 siung dirajang, 3 siung dihaluskan)
  • 3 buah bawang merah
  • 5 buah cabe rawit
  • 1 ruas ibu jari (2 cm) kunyit
  • 1 ruas ibu jari (2 cm) jahe
  • 1 sdt garam
  • air asam jawa, secukupnya

Bisanya, dalam memasak masakan bahan daging ayam saya sering melupakan asam jawa dan untuk resep ini saya menggunakan bahan tersebut dan hasil masakannya memang berbeda.

Selain bahan tersebut bahan bumbu lainnya tidak jauh berbeda yaitu mulai dari bawang, cabai, kunyit dan juga jahe. Kalau sudah disiapkan semua kita bisa segera mempelajari bagaimana proses pengolahan masakan ini.

Pertama kali mencoba masak ayam ini tentu akan lebih mudah jika kita mengikuti panduan memasaknya. Oleh karena itu lebih baik kita siapkan bahan, bumbu serta peralatan masak yang dibutuhkan agar bisa coba mencobanya. Kalau sudah siap pelajari langsung langkahnya seperti di jelaskan di bagian bawah.

    B. Cara Membuat Ayam Tangkap

    Cara membuat masakan ayam tangkap dari Aceh ini tidaklah sulit dan tentunya sobat netter semua pastinya dapat mengikuti panduan yang ada. Silahkan ikuti langkah memasak ayam tangkap tersebut yaitu sebagai berikut.

    1. Potong ayam menjadi 24-30 potongan kecil, kemudian cuci bersih. Bila perlu, remas-remasdengan air perasan jeruk nipis.
    2. Haluskan semua bumbu, campur dengan 200 ml air matang.
    3. Masukkan potongan ayam ke dalam bumbu, dan rendam selama 10 menit.
    4. Panaskan minyak di wajan besar sampai benar-benar mendidih. Goreng ayam sampai kecokelatan.
    5. Semua ayam harus tenggelam dalam minyak dan jangan sampai terlalu berhimpitan satu sama lain. Untuk hasil terbaik, gunakan wajan yang besar, dengan 2 liter minyak goreng. Atau, jangan menggoreng sekaligus, melainkan sedikit demi sedikit. (Ingat: keberhasilan masakan sederhana ini sangat bergantungpada teknik menggoreng).
    6. Menjelang ayam matang, masukkan irisan bawang merah, daun salam koja, daun pandan, dan cabe hijau. Teruskan menggoreng sekitar tiga menit lagi.
    7. Angkat, tiriskan, dan segera hidangkan dalam keadaan panas.

    Jika kita bandingkan dengan menu dari Aceh lainnya seperti mie Aceh dan martabak khas Aceh, masakan ini sama-sama memiliki ciri khas dan keunikan rasa yang mewakili daerah tersebut jadi tidak salah jika disebut sebagai resep warisan daerah. 

    Membuat Ayam Tangkap Dari Aceh Yang Lezat

    Boleh sesekali dicoba. Lain waktu bisa dikreasikan dengan selera yang sesuai. Tapi tentu cita rasa hendaknya lebih baik dipertahankan agar ada sensasi wisata kuliner. Lumayan lah kalau bisa disajikan di rumah. Sampai disini, selamat mencoba!

    About Resep Masakan

    Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
    «
    Next
    Newer Post
    »
    Previous
    Older Post