» » » Menu Ayam Gagape Makasar

Menu nikmat yang akan memanjakan kita hari ini adalah menu khas daerah Makasar yaitu menu  masakan ayam gagape yang nikmat. Ingin tahu bagaimana cara memasak atau cara membuat sajian dari resep asli daerah ini, yuk langsung kita ikuti berbagai penjelasannya berikut.

Ayam gagape adalah menu dari daerah Makasar. Masakan ini dibuat dengan bahan dasar ayam kampung. Gagape dimasak dengan menggunakan berbagai bumbu dan rempah khas yang banyak digunakan pada masakan-masakan dari daerah ini. 

Sebagai salah satu masakan daging, masakan ini juga menggunakan santan kepala segar yang banyak digunakan dalam masakan tradisional. Sedangkan untuk bumbu yang digunakan juga tidak berbeda jauh dengan umumnya masakan ayam.

Untuk melengkapi koleksi resep masakan kita, kami akan mengajak anda untuk belajar dan mencoba masakan khas daerah tersebut. Belum pernah memasaknya, tidak usah khawatir. Kita akan belajar bersama dengan resep ayam gagape tersebut.

A. Bahan dan Bumbu Halus Menu Gagape

Bahan-bahan dan bumbu halus yang digunakan dalam menu gagape ini dapat kita siapkan seperti yang terdapat dalam daftar bahan dan bumbu pada tabel berikut. Silahkan siapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan sesuai dengan takarannya.


Bahan Dasar

Ayam kampung, potong 8 bagian
Bawang goreng
Santan dari 1 butir kelapa

1 ekor
1 sdm
500 ml


Bahan Bumbu Halus

Bawang putih
Bawang merah
Merica
Jeruk nipis, ambil airnya
Serai, memarkan
Lengkuas, memarkan
Daun salam
Kelapa parut, sangrai, tumbuk
Garam

4 siung
8 butir
1 sdt
1 butir
2 batang
1 cm
3 lembar
½ butir
1 sdm



Setelah siap dengan bahan dan bumbunya bagi yang ingin mencoba memasak masakan ini di rumah masing-masing dapat melihat panduan cara memasak gagape yang akan dijelaskan setelah ini.

B. Cara Membuat Menu Gagape Khas Makasar

Cara membuat menu ayam ini tidaklah sulit. Pertama-tama kita siapkan alat-alat dapur yang diperlukan. Setelah itu siapkan bahan dan bumbu masak yang diperlukan untuk memasak masakan ini. Kemudian silahkan ikuti langkah-langkah membuat menu gagape tersebut sebagai berikut:

  • Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan bumbu yang sudah dihaluskan, biarkan selama 15 menit.
  • Rebus santan, serai, lengkuas, daun salam dan garam dengan api sedang hingga santan mendidih.
  • Aduk sesekali agar santan tidak pecah.
  • Masukkan ayam yang sudah dilumuri bumbu dan kelapa sangrai, aduk terus hingga ayam empuk. 
  • Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

Selesai sudah menu khas daerah yang dapat kita siapkan pada kesempatan ini. Sesekali tidak salahkan kalau kita menikmati menu-menu lezat dari daerah lain yang kita masak di dapur sendiri kan? Silahkan berkreasi sesuai keinginan dengan resep ayam gagape yang sudah diberikan di atas. 


Selain menu masakan di atas masih banyak loh menu ayam lain. Banyak yang tak kalah seru dan lezat. Pokoknya wajib deh berwisata kuliner dengan mencoba berbagai resep masakan khas daerah di Indonesia. Yang lain silahkan dilihat dibagian bawah ya. Selamat memasak!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post