» » » Nikmatnya Sate Kelatak Khas Yogyakarta

Sate Kelatak Khas Yogyakarta - Seperti beberapa daerah lain di Indonesia, daerah ini memang cukup terkenal dengan berbagai variasi masakan daerah yang cukup menarik. Salah satu masakan unik yang terkenal dan banyak dicari dari daerah ini adalah "Sate Kelatak". Pernahkah anda mencicipi masakan khas daerah ini dan merasakan nikmatnya? Kalau belum anda bisa berwisata kuliner ke Yogyakarta atau membuat Sate Kelatak sendiri di rumah.

Bagi yang suka travelling, berwisata sambil menikmati berbagai masakan khas yang ada di daerah wisata mungkin hal yang gampang dan menyenangkan untuk dilakukan. Namun untuk sebagian orang, khususnya yang tidak suka bepergian, mengunjungi satu tempat hanya untuk mencicipi suatu masakan merupakan hal yang berat.

Untuk alasan di atas kali ini kita akan membahas mengenai "resep Sate Kelatak" sebagai referensi bagi anda semua yang ingin mencicipi rasa masakan dari Jogja tersebut. Dengan panduan ini tentu anda semua bisa belajar menyajikan sendiri jenis masakan unik ini tanpa harus jauh-jauh pergi ke daerah asal masakan ini.

Sate Kelatak adalah satu varian sate yang tidak berbeda jauh dari sate-sate lain. Yang berbeda dari sate ini adalah kombinasi penyajian yang menggunakan bahan pelengkap yang tidak ditemukan pada jenis masakan sate dari daerah lain. Untuk cara memasaknya tidak terlalu sulit dan pastinya anda semua bisa dengan mudah menyajikannya sendiri.

Bahan dan Bumbu Sate Kelatak

Jika anda berniat belajar menyajikan sendiri masakan ini silahkan mulai dengan menyiapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut. Bahan-bahan tersebut terdiri dari bahan dasar, bahan olesan, bahan bumbu dan juga bahan kuah, selengkapnya silahkan siapkan seperti pada daftar di bawah ini.

Bahan Dasar
500 gr Daging Kambing muda
50 gr Bawang Putih, dihaluskan
15 gr Bawang Merah, dihaluskan
1 butir Jeruk Limo, airnya saja
Garam , secukupnya

Bahan-bahan olesan sate klatak
250 gr Margarin
50 gr Bawang Putih, dipanggang dan dihaluskan
25 gr Jahe, dihaluskan
150 gr Kecap Manis Bango

Bahan Bumbu
2 siung Bawang Merah
5 Siung Bawang Putih
2 cm Jahe
2 cm Kunyit
3 butir Kemiri
3 cm Lengkuas
Garam dan Merica , secukupnya
Bawang Goreng, secukupnya

Bahan Kuah
300 gr Tetelan Daging Kambing, di iris tipis-tipis
1/2 SDT Cengkeh bubuk
1/2 SDT Kayu Manis bubuk
1 sdm Ketumbar bubuk
1/4 SDT Jintan bubuk
2 batang Serai
3 lembar Daun Jeruk
1 sdm Air Asam Jawa
3 sdm Minyak Goreng
500 ml Santan cair
200 ml Santan kental

Cara Membuat Sate Kelatak Khas Yogyakarta

Sekarang dengan sudah siapnya seluruh bahan yang dibutuhkan anda bisa memulai untuk memasak sajian spesial ini. Cara membuat sate klatak selengkapnya sesuai pada langkah di bawah ini:

  1. Potong daging kambing dengan ukuran untuk sate.
  2. Dalam wadah, bumbui daging kambing tadi dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan.
  3. Tambahkan air jeruk limo dan garam secukupnya, diamkan didalam lemari pendingin untuk beberapa lama sebelum ditusuk dengan tusukan sate ( diusahakan tusukan sate terbuat dari bahan besi/stainless steel ).
  4. Bakar diatas bara dengan sesekali diolesi dengan bahan pengoles hingga matang.
  5. Sajikan dengan kuah gulai.
  6. Cara membuat sate klatak: Tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk hingga agak harum, kemudian masukkan irisan tetelan daging dan lanjutkan ditumis hingga tetelan daging agak matang.
  7. Masukkan bumbu-bumbu kering ( bubuk ), tambahkan santan cair dan masak hingga agak mengental dan bumbu terasa matang.
  8. Tambahkan santan kental dan lanjutkan dimasak dengan api sedang.
  9. Siap disajikan melengkapi sate Klatak.
Sekarang anda bisa belajar menyiapkan sendiri Sate Kelatak Khas Yogyakarta tersebut. Mudah-mudahan dengan adanya buku resep khas daerah kali ini anda bisa lebih banyak berkreasi dengan resep-resep dan menu baru yang sudah ada. 

Nantikan juga berbagai resep lain yang akan segera di bahas esok hari. Jangan lupa tetap jadikan cinta sebagai bumbu rahasia disetiap masakan yang anda buat. Terima kasih telah bersama kami, selamat mencoba hidangan lezat dari Yogyakarta tersebut!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post