» » Resep Spesial Sup Jamur Putih Khas Daerah

Resep Sup Jamur Putih - Terkadang kita benar-benar merasa bosan dengan berbagai masakan yang biasa kita sajikan, kita yang memasak saja bosan apalagi mereka yang menyantapnya. Supaya tidak terulang kejadian seperti ini kita harus pandai-pandai dalam mengatur setiap menu yang akan kita sajikan. Ada kalanya kita perlu mencoba masakan baru seperti Resep Sup Jamur Putih sebagai menu kejutan bagi keluarga kita.

Kita bisa menjadikan masakan ini sebagai menu spesial apalagi jika sebelumnya kita belum pernah menyajikannya. Ide segar, menu yang tak terduga, pastinya akan menambah relera makan seluruh anggota keluarga. Jika anda setuju dengan saya, mari kita coba bersama-sama untuk memasak sup jamur putih ini.

Resep sup jamur putih sesuai dengan namanya adalah sebuah masakan dengan bahan dasar jamur, khususnya jamur putih kering. Masakan ini selain menggunakan jamur juga menggunakan daging ayam dengan perpaduan rempah bumbu khas yang akan membuatnya menjadi masakan spesial. Tidak percaya, mari langsung kita siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan agar bisa langsung memasaknya.

Bahan dan Bumbu Sup Jamur Putih

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, masakan ini berbahan dasar jamur dan daging ayam. Untuk yang ingin ikutan mencoba masakan ini mari siapkan semua bahan dan bumbu yang dibutuhkan sesuai daftar berikut ini.

  • 40 gr jamur putih kering
  • 400 gr ayam buras, potong-potong
  • 2 lt air
  • 2 sdm minyak sayur
  • 3 siung bawabg putih, cincang halus
  • 50 gr bawang bombay, cincang halus
  • 250 gr wortel, kupas, iris, menyerong tipis
  • 250 gr kembang kol, lepaskan kuntumnya
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1 sdt garam
  • 15 bt telur puyuh, rebus, kupas
  • 1 btg seledri, potong-potong kasar
Sebenarnya kita bisa saja berkreasi dengan bumbu dan bahan di atas namun untuk pertama mari kita coba mengetahui rasa masakan ini dengan memasaknya sesuai Resep Sup Jamur Putih yang ada. Selanjutnya kita akan menuju langkah pembuatannya.

Cara Memasak Sup Jamur Putih

Karena kita sudah menyiapkan semua bahan dan bumbu yang kita butuhkan maka kita bisa langsung mulai memasak menu ini. Sebelum kita mulai akan saya ingatkan bahwa hasil akhir dari masakan pasti tidak akan sama rasanya karena lain tangan akan lain sentuhan, intinya silahkan gunakan panduan ini sebagai langkah awal sebelum berkreasi. Sudah siap, yuk kita mulai memasaknya dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Rendam jamur putih kering dalam air dingin hingga mengembang. Tiriskan, sobek kasar, sisihkan.
  2. Didihkan air, masukkan ayam, kecilkan api. Rebus hingga daging ayam lunak dan kuahnya tinggal 1,5 lt. Jika perlu tambahkan air panas. Angkat, saring kaldu, sisihkan ayam
  3. Buang tulang ayam rebus. iris kasar atau suwir. Masukkan kembali suwirran daging ayam ke dalam kaldu. Didihkan lagi kaldum, sisihkan.
  4. Panaskan minyak sayur, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu. Angkat, tuangkan bawang putih tumis berikut minyaknya ke dalm kaldu mendidih.
  5. Masukkan jamur putih, wortel dan kembang kol. Masak hingga sayuran lunak. Tambahkan mericam, pala, dan garam, aduk rata. Masukkan telur puyuh dan seledri, didihkan sekali lagi. Angkat, sajikan.
Akhirnya selesai sudah masakan ini, untuk tambahan mungkin kita tinggal memilih minuman yang akan digunakan sebagai pendamping makanan ini. Seperti di resto saja, ya tidak apa-apa, sekali-kali kita manjakan seluruh keluarga dengan sentuhan cinta dari tangan-tangan terampil kita ini.

Resep Spesial Sup Jamur Putih Khas Daerah


Mudah-mudahan Resep Sup Jamur Putih tersebut bisa bermanfaat bagi anda semua khususnya yang sedang kekurangan ide untuk menu yang akan disajikan. Jangan lupa bagikan juga resep ini di Facebook dan atau twitter anda agar yang lain juga bisa mencobanya. Terima kasih, selamat mencicipi!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post