» » » Aneka Masakan Tradisional Jawa Tengah

Masakan Tradisional Jawa Tengah – bagi kita pecinta kuliner, berburu berbagai jenis masakan enak dan lezat memang sudah menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan. Sebelumnya, kita sudah banyak membahas mengenai berbagai jenis resep masakan serta panduan memasaknya.

Kali ini kita akan berbagi sedikit mengenai referensi masakan pilihan khususnya yang merupakan jenis masakan tradisional Jawa khususnya dari daerah Jawa Tengah.

Tak kalah dengan daerah lain, Jawa Tengah juga banyak memiliki kekayaan kuliner yang patut untuk dicoba. Ada banyak masakan tradisional yang bisa kita nikmati kala kita berkunjung ke daerah tersebut. 


Berbagai masakan Jawa Tengah tersebut memiliki cita rasa khas yang sejalan dengan kultur budaya yang ada di daerahnya. Sudah tidak heran memang karena masing-masing tangan akan menghasilkan sebuah olahan yang rasanya tentu saja berbeda.

Bahkan untuk satu jenis masakan dengan resep yang sama yang dihasilkan dari tangan berbeda pun akan menghasilkan rasa yang berbeda.

Pecinta kuliner dalam negeri mungkin sebagian besar telah akrab dengan berbagai kuliner atau masakan dari daerah ini. Beberapa diantaranya memang sudah cukup banyak dikenal sampai di berbagai pelosok negeri dan bahkan beberapa masakan lain sudah banyak yang bisa membuat sendiri di rumah.

Nah, bagi penikmat masakan daerah yang tak sempat bepergian bisa mencoba panduan resep yang ada di situs ini. Beberapa masakan tradisional dari Jawa Tengah yang lezat dan enak serta sudah terkenal di mana-mana antara lain sebagai berikut.

A. Lumpia Semarang

Jenis jajanan yang satu ini sejatinya memiliki perpaduan cita rasa lokal dan juga Tionghoa mengingat asal usul dari masakan ini pertama kali di buat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan warga Semarang. Dilihat dari bentuknya, lumpia ini merupakan jenis masakan isi sejenis risoles yang di dalamnya terdapat beberapa bahan isian. 

Makanan ini cukup khas dan sangat nikmat jika disantap saat hangat. Lebih enak lagi jika ditambahkan dengan sedikit saus kental manis yang membuat rasa dari lumpia semarang ini sangat banyak disukai para wisatawan.

Di dalamnya terdapat rebung, ayam, telur, dan udang yang sangat enak dan pas ketika dipadukan dengan saus kental manisnya. Masakan ini biasanya juga cocok di hidangkan hangat sebagai pendamping minum teh atau kopi baik di pagi maupun disore hari.


Rasanya yang enak akan membuat suasana santai terasa lebih hangat. Nah, jika tidak bisa jauh-jauh ke Semarang untuk menikmati jajanan ini lebih baik sajikan sendiri di rumah dengan panduan resep yang ada, benar tidak? Bagi yang ingin belajar membuatnya silahkan ikuti panduan cara membuat lumpia semarang.

B. Soto Kudus

Jenis masakan ini memang variasinya cukup banyak di berbagai daerah di tanah air. Untuk soto ini kebanyakan namanya juga akan sesuai dengan daerah asalnya seperti soto yang berasal dari daerah Kudus Jawa Tengah ini. Seperti kita tahu, Kudus memang terkenal dengan sotonya yang khas dan nikmat. 

Jika kita lihat sepintas, soto tersebut memang sama seperti soto pada umunya, namun setelah anda mencicipi rasanya, tentu anda akan merasakan kenikmatan tersendiri yang akan membuat anda datang lagi untuk menikmati soto Kudus ini.


Ada 2 pilihan untuk soto kudus, yaitu soto ayam dan soto kerbau. Kedua pilihan tersebut dibedakan dari daging yang digunakan. Ingin menyajikan soto ini di rumah, mari belajar memasaknya dengan panduan cara membuat soto kudus sendiri.

C. Nasi Gandul Pati

Jenis masakan yang satu ini termasuk jenis masakan berkuah yang tentunya rasanya akan sangat segar. Seperti kebanyakan model masakan kuah, nasi gandul ini memang memiliki cita rasa yang sangat kental berkat berbagai rempah bumbu yang digunakan.

Nasi gandul ini memang sangat khas bumbu dan rasanya ketika dinikmati langsung dari kota Pati. Kuah yang segar dan lauk daging sapi yang sudah diolah menjadi pelengkap untuk menikmati nasi gandul ini.


Masakan tradisional ini tentu saja bisa kita sajikan sendiri di rumah jika kita mau belajar resep masakan daerah yang ada di situs ini. Dengan begitu kita memiliki kesempatan membawa cita rasa masakan ini ke rumah sendiri.

D. Nasi Liwet Solo

Nasi liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan kelapa, dan disajikan dengan sayur labu siam, daging ayam yang dipotong kecil-kecil. Rasanya yang gurih dan nikmat akan membuat lidah dan perut anda ingin selalu memakannya.

Bisa dikatakan bahwa nasi liwet ini hampir sama dengan jenis nasi uduk karena nasi liwet ini memang merupakan nasi gurih. Yang membuat masakan ini spesial adalah penyajiannya yang masih menggunakan lauk tambahan dengan kombinasi yang cukup menarik.


Ada yang penasaran denagn makanan tersebut? Boleh langsung ke asalnya. Atau, kalau ingin mencoba menyajikannya sendiri silahkan pelajari terlebih dahulu caranya di panduan cara membuat nasi liwet solo enak.

E. Mendoan Purwokerto

Siapa yang tak kenal dengan mendoan, jenis kuliner ini bukan hanya sudah terkenal di daerah asalnya melainkan sudah dikenal luas di kalangan masyarakat kita. Mendoan sendiri berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar.

Meskipun tidak benar - benar matang, mendoan ini sangat aman untuk dikonsumsi karena tempe yang menjadi bahan dasarnya memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Aneka Masakan Tradisional Jawa Tengah


Berbagai Masakan Jawa Tengah di atas bisa kita nikmati kala kita berwisata atau berkunjung ke Jawa Tengah. Ingin menyantap berbagai kuliner tersebut di rumah sendiri, bisa. Kita bisa belajar memasak masakan tradisional tersebut dengan panduan resep yang sudah di siapkan di situs masakan khas daerah ini.

Dengan membuat dan menyajikan sendiri masakan tersebut di rumah maka sesekali kita dapat mengobati kerinduan kita terhadap cita rasa masakan dari jawa tersebut. Ya sudah, silahkan berkreasi dengan sajian sedap nusantara tersebut.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post