» » » Resep Sayur Lompong Santan

Semoga Resep Sayur Lompong Santan ini bisa mengobati kerinduan kita pada masa-masa dahulu sebelum masakan tradisional banyak di tinggalkan. Sayur yang satu ini, jika anda berasal dari desa, merupakan salah satu menu sayur yang sering kita jumpai, tapi itu dulu.

Sekarang banyak yang lebih suka masakan modern dari pada menghidangkan Menu Sayur Lompong Santan tersebut. Sekedar untuk bernostalgia dan untuk mengisi kekosongan menu yang ada maka hari ini kita coba memasak sayur ini.

Lompong (Caladium) atau yang juga dikenal dengan nama talas ini adalah salah satu tumbuhan yang banyak sekali tumbuh di pulau Jawa.

Tanaman ini memiliki banyak jenis dan banyak juga dijumpai di berbagai daerah. Karena itu wajar saja jika lompong atau talas ini sering dijadikan sebagai bahan masak seperti pada Sayur Lompong Santan yang akan segera kita coba. Sebelum itu jangan lupa coba juga:

  1. Cara memasak lompong agar tidak gatal
  2. Resep tumis pare bumbu spesial
  3. Resep kue lumpur kentang
  4. Menu khas padang gulai masin ikan tongkol

Dari segi rasa, sayur ini sebenarnya tidak kalah lezat jika dibanding dengan berbagai menu sayur modern.

Selain rasanya yang enak, tanaman ini juga memiliki banyak khasiat diantaranya tanaman ini (jenis keladi tikus) mengandung antioksidan (mencegah kerusakan gen), berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh sehingga bisa mencegah datangnya kanker dalam tubuh, dan umbinya (talas) bisa digunakan untuk meringankan diare, mengobati luka bakar, dan mengatasi bisulan.

Lalu sebenarnya kenapa sayur ini sekarang banyak di tinggalkan? Ya, sepertinya bukan karena rasanya tetapi ada satu hal yang mungkin menjadi kendala saat mengolah masakan ini yaitu terkadang sayur lompong yang dimasak dengan cara yang kurang tepat dapat terasa sangat gatal di lidah.

Meski teksturnya lembut dan rasanya gurih mungkin hal itulah yang menyebabkan masakan ini banyak di tinggalkan. Dari pada kita panjang lebar terlalu lama sekarang lebih baik kita mulai saja menyiapkan masakan khas tersebut.

A. Bahan dan Bumbu Sayur Lompong Santan

Sebelum mulai ke proses pembuatan kita akan segera menyiapkan dulu beberapa bahan yang dibutuhkan. Bahan tersebut terdiri dari bahan dasar masakan, bumbu dan beberapa bahan bumbu lain yang akan kita gunakan sebagai bahan dalam masakan tradisional ini.

Dilihat dari namanya, tentu saja bahan dasar masakan ini adalah batang lompong, lalu apa saja bahan lain dan bumbunya?

Bahan Dasar
4 batang Lompong
250 ml santan
500 ml air

Bumbu yang dihaluskan
6 Cabe keriting
10 Cabe rawit
10 bawang merah
2 siung bawang putih
2 Butir kemiri
2 cm Kunyit
2 cm Jahe

Bumbu lainnya
3 lbr daun Salam
1 batang serai, memarkan 
3 cm lengkuas, memarkan 
Garam secukupnya

Namanya menu sayur santan jadi bumbu-bumbu yang digunakan adalah bumbu sayur santan atau bumbu masakan santan. Kita bisa menyiapkan bahan-bahan tersebut sesuai dengan takaran di daftar bahan di atas. Jangan lupa juga siapkan alat masaknya.

B. Cara Memasak Sayur Lompong Santan

Kalau sudah siap kita akan mulai ke proses memasak. Untuk memasak sayur santan lompong ini sebenarnya cukup mudah dan tidak ribet dan membuat kita repot.

Kita hanya perlu mengukus batang lompong yang akan dimasak terlebih dahulu kemudian menyiapkan bumbunya. Bumbu kemudian di tumis dan bahan dimasukkan, agar lebih jelas kita ikuti saja panduan cara membuat masakan tersebut di bawah ini.
  1. Bersihkan umbi dan kupas bagian luar batang Lompong
  2. Potong 5 cm dan langsung masukkan ke dalam air supaya tidak berubah warna, cuci bersih
  3. Rebus sebentar, tiriskan
  4. Tumis bumbu yang dihaluskan, sampai harum
  5. Masukkan air, biarkan sampai mendidih lalu tambahkan bumbu lainnya, biarkan mendidih lagi selama 5 menit
  6. Masukkan lompong aduk sebentar, kecilkan api 
  7. Masukkan santan aduk perlahan sampai mendidih lagi
  8. Angkat dan siap disajikan

Cukup mudah bukan, tidak perlu belajar dari Resep Sayur Lompong Santan ini juga pastinya anda bisa dengan mudah menyiapkan sendiri menu ini. Nah, sebagai tambahan, untuk memberikan variasi rasa yang lebih enak kita bisa juga menambahkan sedikit bahan lain seperti misalnya kita tambahkan juga udang kering. 

Resep Sayur Lompong Santan

Kalau ada tambahan menu-menu baru seperti ini yang jarang disajikan tentu akan mengurangi kebosanan keluarga dengan berbagai hidangan yang sering di sajikan.

Tak jadi masalah bukan jika sesekali kita kembali ke menu-menu yang sudah jarang kita jumpai? Itu saja untuk panduan Resep Sayur Lompong Santan kali ini, semoga bisa menjadi tambahan ide untuk hidangan esok hari. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post