» » » Resep Wajik, Kue Jajan Pasar Tradisional

Supaya tak kehilangan cita rasa, mari mencoba Resep Wajik, Kue Jajan Pasar Tradisional yang sudah lama kita kenal kelezatannya. Kue yang terkenal dengan rasa legit ini biasa dijumpai dalam acara-acara syukuran misalnya saja pernikahan, kenduri dan lain sebagainya.

Kue khas nusantara ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar beras ketan dengan campuran gula merah dan santan.

Tekstur dari kue ini sedikit kenyal, tidak begitu lembut seperti roti namun ada kesan bulir-bulir yang gurih dan lezat. Kue ini memiliki warna coklat tua yang cenderung gelap berasal dari warna gula merah yang digunakannya.

Apakah anda ingin mencoba membuat Kue Wajik sendiri di rumah? Tidak perlu khawatir, kue ini termasuk cukup mudah dibuat, bahan-bahan yang digunakan pun cenderung mudah di dapat.

Untuk anda yang suka dengan rasa manis kue ini cocok sekali untuk hidangan kala santai di rumah bersama keluarga.

A. Bahan-Bahan Kue Wajik
Seperti yang sudah di singgung di bagian awal, masakan khas daerah ini terbuat dari beras ketan sebagai bahan utamanya. Selain itu tentu ada bahan-bahan lain yang dibutuhkan. Untuk bahan tersebut bisa disiapkan sesuai dengan daftar yang ada di bawah ini.

  • 600 gram beras ketan
  • 200 ml air mendidih
  • 250 gram gula merah, disisir halus
  • 600 ml santan dari 1 1/4 butir kelapa
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh garam 


B. Cara Membuat Kue Wajik
Inti dari proses pembuatan kue ini sebenarnya hanya memasak ketan dan mengaduknya dengan campuran gula dan santan. Agar lebih jelas, yang ingin membuat sendiri jajanan pasar ini bisa mengikuti langkah yang dijelaskan dalam resep kue di bawah ini.

1. Kukus beras ketan selama 20 menit. Angkat lalu siram dengan air mendidih, diamkan hingga terserap.
2. Kukus ketan selama 30 menit.
3. Sementara itu masak gula, santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk hingga kental.
4. Masukkan ketan lalu aduk hingga terserap dan berminyak.
5. Tuang ke atas daun pisang lalu ratakan.
6. Setelah dingin, dipotong-potong dan sajikan untuk 15 potong.

Tidak sulit ya, pastinya anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Rasa kue ini cukup lezat dan menggugah selera, kita bisa menyajikannya sebagai selingan untuk jajanan yang biasa kita siapkan untuk keluarga tercinta.

Resep Wajik, Kue Jajan Pasar Tradisional

Kalau sudah mencoba membuat sendiri kue tradisional ini dengan panduan Resep Wajik, Kue Jajan Pasar Tradisional di atas silahkan coba juga beberapa sajian tradisional lain yang juga tak kalah mantap. Ada kue - kue yang bisa dipilih sesuai selera.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post