» » » Gulai Masin Ikan Tongkol, Menu Khas Padang

Gulai Masin Ikan Tongkol - Salah satu menu khas Padang yang saya sukai selain sate padang adalah gulai masin ikan tongkol yang akan kita bahas sekarang ini. Menu gulai tongkol ini jadi variasi masakan yang sering menemani keluarga di rumah. Untuk sobat yang belum pernah mencicipinya kali ini kita akan bahas "cara membuat gulai masin ikan tongkol" tersebut agar sobat dapat mencobanya di dapur masing-masing.

Seperti kita ketahui, ikan tongkol merupakan jenis ikan laut yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang lezat ikan ini banyak dikonsumsi karena mengandung energi sebesar 117 kilo kalori, protein 23,2 gram, dengan kandungan lemak sebesar. 2,7 gram.

Tidak ada salahnya jika bahan ikan ini menjadi salah satu bahan makanan yang cukup menarik untuk kita hidangkan bagi keluarga tercinta. Dengan adanya resep gulai ikan tongkol ini maka kita akan memiliki lebih banyak variasi masakan gulai yang bisa disajikan. 

Dengan begitu kita tidak perlu khawatir jika keluarga kita bosan dengan berbagai menu atau sajian yang dihidangkan. Misalnya saja sesekali kita bisa membuat menu kejutan dengan menghidangkan masakan khas Padang tersebut. Yang jelas menu ini akan menjadi pelengkap berbagai menu yang sudah ada misalnya saja:
  1. Telur dadar khas padang
  2. Menu gulai banak
  3. Resep sate padang
  4. Gulai masin ikan tenggiri
  5. Resep masakan gulai masin ikan tongkol
  6. Sedap gurih si gulai masin
  7. Resep gulai tengiri
  8. Gulai ikan tenggiri
  9. Aneka gulai ikan
  10. Resep ikan gulai kuning
  11. Gulai ikan masin nanas

Pokoknya dijamin kita tidak akan kehabisan ide untuk menu apa yang akan kita masak hari ini dan juga menu apa yang akan kita hidangkan besok. Baiklah, sekarang langsung saja kita bersiap-siap untuk mencoba resep baru tersebut dengan panduan yang ada.

A. Bahan dan Bumbu

Pertama akan kita siapkan bahan-bahan untuk membuat gulai ikan tongkol khas ini yaitu ikan tongkol dan beberapa bahan lain. bahan-bahan selengkapnya yaitu:

Bahan Dasar
  • 1 kg ikan tongkol
  • 2 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 750 cc santan dari 1 ½ butir kelapa
  • 10 buah cabe merah, belah dua, buang bijinya
  • 8 buah bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 10 buah belimbing sayur (bisa diganti dengan tomat hijau)
  • 30 lembar daun ruku-ruku (bisa diganti dengan daun kemangi)
Bahan Bumbu halus
  • 2 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm lengkuas (memarkan)
  • Garam secukupnya

Mempelajari menu baru tentu saja akan diawali dengan mempelajari berbagai bahan dan bumbu yang akan kita masak. Untuk masakan gulai masin ikan tongkol ini bahan dan bumbunya seperti terdapat dalam daftar di atas. Kalau sudah tidak ada yang bingung kita bisa mulai mempelajari proses memasaknya.

B. Cara Membuat Gulai Masin Ikan Tongkol

Memang akan sedkit berbeda rasanya jika kita menyantap menu khas ini dari dapur sendiri namun jika kita memang belum sempat mengunjungi daerah asal masakan ini tidak ada salahnya juga kita mencoba membuat menu ini dengan panduan yang akan saya sertakan. Yang ingin ikut mencoba yuk langsung kita simak cara membuat gulai masin ikan tongkol berikut:
  1. Pertama-tama siangi ikan, lalu potong-potong menurut selera. 
  2. Lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan sementara.
  3. Setelah itu, campur jadi satu seluruh bumbu didalam panci, kecuali belimbing sayur dan daun ruku-ruku, masak sampai santan mendidih 
  4. Aduk-aduk agar santan tidak pecah
  5. Masukan potongan ikan dan belimbing sayur. 
  6. Tunggu sampai mendidih lagi, baru masukan daun ruku-ruku.
  7. Kecilkan api, masak terus sampai santannya agak berminyak.
  8. Angkat dan sajikan.

Dengan resep masakan Gulai Masin Ikan Tongkol ini maka makin kaya saja resep masakan Padang yang dapat kita olah selain gulai paku, gulai tunjang, dan juga gulai banak yang sudah kita coba bersama-sama. 


Jangan lupa, jika masih ada waktu sempatkan juga untuk melihat beberapa menu pilihan lain yang ada. Banyak menu sayur yang bisa dicoba. Khususnya jenis menu - menu khas dari berbagai daerah di Indonesia. Silahkan dipilih saja.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post