» » » Mudahnya Membuat Kue Putu Ayu Khas Jawa

Kue putu ayu termasuk jajanan pasar yang mulai sulit dicari keberadaannya - meski di daerah saya masih ada satu dua. Agar aneka kue tradisional khususnya kue ini tidak punah maka kita pelajari cara membuatnya. Cara Membuat Kue Putu Ayu Empuk Lembut Manis tidak serumit saat melihat tampilan cantiknya, sangat mudah dan gampang. 

Yang ingin mencoba, silahkan ikuti panduan resep putu ayu berikut. Kalau melihat dari namanya, kue tradisional ini pastinya adalah kue yang berasal dari daerah jawa. Menurut beberapa sumber kue tersebut berasal dari daerah Jawa Tengah yaitu daerah Brebes. 

"Menurut Budi, putu ayu atau putu nangis di Sulawesi Selatan sudah ada sekitar tahun 80-an. Dibawa oleh orang Brebes, Jawa Tengah. Menurutnya pula para pedagang putu ayu yang ada di Makassar berasal dari satu kampung yang sama dengannya, yaitu Brebes. Budi sendiri telah berjualan putu kurang lebih 10 tahun. Selama kurun waktu tersebut ia pernah berganti jualan bakso, tapi akhirnya kembali lagi menjual putu karena banyak saingan". (Sumber: Aoiniji)
Saat santai sore bersama keluarga, dari pada hanya sibuk main hape sendiri - sendiri, lebih baik menyantap hidangan seperti ini. Santai bersama keluarga lebih hangat.

Sambil minum teh, sambil bercanda sembari ditemani dengan jajanan tradisional yang jauh dari pengawet makanan. Kenapa tidak. Kue ini bisa dijadikan alternatif untuk kita nikmati bersama keluarga.

A. Bahan-Bahan Kue Putu Ayu

Ada sejumlah bahan yang harus kita siapkan jika ingin mencoba kue tradisional ini. Bahan tersebut merupakan bahan kue yang sudah umum di gunakan di kalangan kuliner nusantara. Bahan tersebut yaitu:
  • 250 gram terigu protein sedang, ayak
  • 125 gram gula pasir (silahkan ditambah klo suka lebih manis- saya pake 250 gr gula pasir)
  • 4 buitr telur
  • 1 sdt cake emulsifier (SP/TBM/Ovalette)
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 2 lembar daun pandan, sobek-sobek 200 ml santan sedang
  • 1 sdt pasta pandan
  • Beberapa tetes pewarna hijau jika diperlukan
  • 100 gr Kelapa parut yang muda secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Vanili bubuk secukupnya

B. Cara Membuat Kue Putu Ayu dengan Mudah

Setelah bahannya siap tinggal langsung ke proses pembuatan. Pembuatannya tidak susah dan pasti anda semua dapat mencobanya. Langkah-langkah dalam membuat kue ini adalah sesuai yang dijelaskan berikut.
  1. Siapkan cetakan, olesi dengan sedikit minyak. Sisihkan. 
  2. Kukus kelapa parut dengan garam dan vanili bubuk. Angkat. Dinginkan. 
  3. Tata kelapa parut di dasar cetakan, tekan agar padat. Sisihkan. Masak santan bersama daun pandan hingga panas cukup sekali mendidih saja. Matikan api. 
  4. Buang daun pandannya. Dinginkan. 
  5. Masukkan pasta pandan dan pewarna hijau. Aduk rata. Sisihkan. Santannya tidak saya masak, jadi langsung aja.
  6. Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier, garam dan vanili bubuk dengan mixer kecepatan sedang hingga mengembang. 
  7. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk merata atau gunakan mixer kecepatan paling rendah.
  8. Masukkan larutan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula karet dengan teknik aduk balik. Sampai benar-benar merata. 
  9. Panaskan kukusan dengan api besar. Bungkus tutup kukusan dengan kain atau serbet yang bagus menyerap airnya. 
  10. Masukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah diberi kelapa parut. Tuang hingga hampir penuh. 
  11. Kukus dengan api sedang selama 20 menit atau sampai matang. 
  12. Angkat dan sajikan saat hangat.
Tidak terlalu rumit bukan, pastinya sebentar lagi kita akan segera menikmati kue khas tersebut bersama-sama sambil bersantai. Jika hari ini kita menyajikan kue putu empuk esok kita dapat membuat kue timphan sebagai selingan.


Atau jika suka kita juga dapat mencoba kue cimol. Itu saja untuk resep kue daerah kali ini. Selamat mencoba resep kue putu ayu ncc, resep kue putu ayu ketan hitam, resep kue putu ayu bihun, resep kue putu ayu enak, resep kue putu ayu gula merah dan atau aneka resep kue putu ayu.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post