» » » Kue Timphan - Resep Kue Tradisional Asli Aceh

Untuk hari-hari tertentu kita sering menyiapkan resep-resep ringan spesial untuk keluarga di rumah. Salah satunya adalah sajian kue khas daerah sebagai pendamping waktu santai bersama keluarga. Minum teh atau kopi, didampingi cemilan. Mantap.

Kue timphan khas Aceh dapat menjadi pilihan kita dalam menyajikan resep kue tradisional, dan kali ini kita akan coba membuat "Kue Timphan" ,- kue tradisional asli Aceh tersebut. Ada yang mau ikutan tidak?

Timphan merupakan salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar ketan seperti jajanan khas daerah lainnya. Kue ini memadukan tepung ketan dengan santan serta buah pisang muda. Rasa khas dari kue daerah ini makin terasa dengan paduan irisan nangka masak dengan aroma segar daun pandan dan vanili.

Cemilan ini biasanya banyak disajikan pada hari-hari tertentu saja seperti hari raya namun karena resep kue ini sudah banyak yang dimuat maka kapanpun kita dapat menyajikannya di rumah kita. 

Untuk membuat kue timphan caranya tidaklah sulit seperti cara memasak kue-kue daerah lain pada umumnya. Secara sederhana kita hanya memerlukan beberapa langkah saja untuk dapat menghidangkan cemilan khas daerah tersebut.

A. Bahan dan Cara Membuat Kue Timphan Asli Aceh

Bagi anda yang ingin mencoba resep kue asli daerah Aceh ini dapat dengan mudah memasaknya dengan panduan berikut. Pertama-tama kita siapkan saja bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue timphan tersebut. Bahan-bahan tersebut selengkapnya seperti pada daftar dibawah ini.



Bahan Dasar

Tepung ketan
Santan kental
Air kapur sirih
Garam
Pisang raja dihaluskan
Daun pisang muda

200 gram
2 sdm
1 sdm
¼ sdt
250 gram
Secukupnya

Bahan Dasar

Telur ayam
Santan kental
Gula pasir
Nangka masak cincang kecil
Tepung terigu
Daun pandan
Kelapa muda parut halus
Vanili

2 butir
50 ml
100 gram
25 gram
½ sdt
1 lembar
50 gram
¼ sdt



Setelah semua bahan yang dibutuhkan siap jangan lupa siapkan beberapa alat masak yang akan kita pergunakan. Setelah itu untuk cara memasaknya silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut !
  • Aduk tepung ketan dan pisang yang sudah dihaluskan serta santan, air kapur dan garam hingga tercampur rata. Adonan ini digunakan untuk kulit.
  • Ambil daun pisang olesi dengan minyak lalu tipiskan adonan kulit, beri adonan isi kemudian digulung, dibungkus seperti lontong kecil, kukus hingga matang selama kurang lebih 10 menit.
  • Buat adonan isi : kocok telur dan gula hingga kental dengan mixer, masukkan tepung terigu dan santan, aduk rata, tambahkan nangka dan kelapa muda, beri daun pandan, masak sampai kental, angkat, beri vanili, aduk rata.
  • Setelah matang, dinginkan dan gunakan sebagai isi timphan.

B. Saran Penyajian Kue Timphan

Kue timphan ini hampir sama dengan kue daerah lain seperti kue lambangsari/nagasari dan kue lemet singkong karenanya kue ini sangatlah cocok disajikan untuk teman santai disore hari sambil berkumpul dengan keluarga tercinta. Cocoknya kue ini kita gunakan sebagai teman minum kopi atau teh baik itu disore hari maupun dipagi hari.

Kue ini akan terasa lebih mantap dan nikmat jika dihidangkan saat hangat dengan beberapa pendamping atau kue lain yang bersifat crispy.


Kalau sebelumnya kue yang kita sajikan tidak begitu bervariasi dengan adanya resep kue daerah Aceh ini maka kue-kue yang dapat kita hidangkan makin banyak lagi. Semoga resep diatas dapat menambah pengetahuan dan referensi masakan Aceh yang dapat kita sajikan. Demikian, selamat mencoba dan sampai bertemu dengan menu Aceh berikutnya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post