» » » Kreasi Menu Khas Gangan Asam Patin

Kreasi Menu Ikan Patin Khas - Gangan Asam Patin. Kalau dilihat di buku resep yang ada di rumah, ada banyak sekali masakan yang menggunakan bahan dasar ikan patin, nah resep yang akan kita coba sekarang adalah salah satu kreasi menu ikan patin yang berasal dari daerah Samarinda.

Kreasi menu patin tersebut di daerah asalnya dikenal dengan sebutan Gangan Asam Patin dan kali ini kita akan membuat kreasi menu patin yang berasal dari Samarinda Kalimantan Timur tersebut. Karena yang kita bahas adalah kreasi menu patin maka sudah pasti masakan yang akan dicoba merupakan masakan yang berbahan dasar ikan patin. 

Menu yang satu ini merupakan olehan ikan patin khas yang sama sekali tidak menggunakan bahan tambahan lain dalam masakannya. Menu tersebut dibuat hanya dengan bahan dasar patin dan berbagai rempah bumbu masak. Tapi sebelum itu jangan lupa untuk melihat juga beberapa resep lainnya yaitu:
  1. Resep kue lebaran
  2. Menu khas gulai banak otak
  3. Resep ayam goreng balado cara membuatnya
  4. Resep masakan berbahan dasar ikan patin
  5. Resep masakan berbahan dasar ikan bawal
  6. Resep masakan berbahan dasar ikan nila
  7. Resep masakan berbahan dasar ikan bandeng
  8. Resep masakan berbahan dasar ikan tongkol
  9. Resep masakan berbahan dasar ikan lele
  10. Resep masakan berbahan dasar ikan sarden
  11. Resep masakan berbahan dasar ikan teri

Dari beberapa resep lain di atas dapat kita ketahui bahwa sebenarnya kita bisa saja membuat kreasi masakan yang menggunakan berbagai bahan dasar yang sudah sering digunakan. Dengan kreasi ini maka diharapkan akan tercipta sebuah sajian yang lebih sesuai dengan selera kita masing-masing. Ya sudah sekarang mari kita langsung ke masakan gangan asam patin berikut.

A. Bahan dan Bumbu 

Menu khas Kalimantan ini menggunakan bahan dasar ikan patin dengan beberapa pelengkap yang tidak seberapa yang hanya sebagai bumbu. Jika anda ingin mencoba kreasi olahan patin daerah Jatim ini maka silahkan siapkan bahan dan bumbu-bumbu yanng dibutuhkan seperti di bawah ini.



Bahan Dasar

Ikan patin, dipotong 4 bagian
Air asam + garam (untuk merendam)
Asam jawa
Garam
Gula pasir
Air
Minyak untuk menumis

1 ekor
½ sdt + ½ sdt garam
2 sdt
1 sdt
2 ½ sdt
1.000 ml
2 sdm


Bahan Bumbu

Kemiri, disangrai
Bawang merah
Kunyit, dibakar
Terasi, dibakar
Lengkuas
Serai, diambil putihnya
Cabai merah besar, buang bijinya

3 butir
6 butir
1 cm
½ sdt
1 cm
1 btg
3 buah



Masakan ini menjadi spesial dengan rasa yang unik karena masakan ini menggunakan kombinasi bumbu terasi bakar. Yang kurang suka dengan bahan ini tentunya dapat mempertimbangkannya dengan bahan pengganti lain.

B. Cara Membuat Menu Ikan Gangan Asam Patin

Untuk mencicipi resep asli yang berasal dari Samarinda tersebut rekan semua dapat mengikuti panduan yang ada di sini. Untuk memasak menu ikan gangan asli silahkan ikuti cara membuatnya berikut!
  • Lumuri ikan patin dengan ½ sdt air asam dan ½ sdt garam, sisihkan.
  • Tumis bumbu halus sampai harum. 
  • Masukan garam, dan gula pasir, aduk sampai rata. Angkat
  • Masukkan ke dalam ikan patin. Aduk rata. Sisihkan.
  • Didihkan air dan asam. 
  • Masukkan ikan patin. 
  • Masak sampai matang, angkat sajikan dengan nasi hangat.

Pada beberapa resep lain juga ditambahkan sedikit sayuran seperti kangkung, kacang, wortel dan lain sebagainya. Penggunaan sayuran ini tentunya dapat kita sesuaikan dengan selera masing-masing.

Kreasi Menu Khas Gangan Asam Patin

Saran Penyajian, Menu Gangan Asam Patin ini paling cocok disajikan dengan nasi putih hangat. Untuk menyajikannya rekan dapat mengkreasikan sendiri dengan beberapa pelengkap atau mencoba saran penyajian berikut:
  1. Siapkan piring saji Coupe Plate (piring ceper/datar) atau dapat menggunakan piring lain yang sedikit cekung
  2. Tuang gangan asam patin di bagian sisi kiri piring
  3. Tambahkan sedikit lalapan dibagian tepi
  4. Beri sedikit sambal
  5. Tambahkan sedikit taburan bawang goreng jika suka

Saya rasa lengkap sudah pembahasan kita kali ini mengenai Resep Gangan Asam Patin, tak sabar rasanya untuk segera mencicipi menu khas tersebut dan belajar mengkreasikannya agar lebih sesuai lagi dengan lidah kita. Sampai disini semua saya serahkan kepada rekan semua untuk mengolah dan menyajikan resep ini. Selamat memasak!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post