» » » Sambal Beberok dari Nusa Tenggara

Resep Sambal Beberok dari Nusa Tenggara - Hari ini kita akan membuat sebuah pelengkap masakan yaitu resep sambal dari Nusa Tenggara. Resep sambal adalah salah satu masakan yang sangat umum di Indonesia dan banyak disajikan sebagai pelengkap dalam berbagai masakan tradisional.

Jenis sambal yang ada pun sangat beragam seperti salah satunya yang akan kita coba kali ini. Sambal beberok merupakan salah satu sajian pelengkap dari daerah Nusa Tenggara. Sambal ini menggunakan kacang panjang, terong dan juga jeruk lemon sehingga sedikit berbeda dengan menu sambal pada umumnya. 

Cara membuat yang tidak sulit membuat sambal ini sangat cocok untuk dijadikan pendamping menu-menu kering sedap seperti ikan bakar, ayam bakar atau bahkan masakan jenis sate.

A. Bahan dan Pelengkap Resep Sambal Beberok

Bahan-bahan yang dipakai merupakan bahan yang sudah umum digunakan dalam sambal dan juga beberapa bahan tambahan lain. Untuk bahan-bahan sambal beberok silahkan disiapkan seperti dalam daftar berikut.


Bahan Dasar

Cabai merah
Cabai rawit
Bawang merah, iris
Terasi, bakar
Tomat, iris halus
Kacang panjang, potong 1 cm
Terong bulat, potong dadu 1 cm
Air jeruk lemon
Garam
:
:
:
:
:
:
:
:
:
3 buah
4 buah
2 butir
½ sdt
1 buah
2 lonjor
2 buah
2 sdm
1 sdt

Masakan Pelengkap

Ayam bakar Taliwang
:
:
Ayam bakar Taliwang


Sebagai tambahan, pada daftar di atas juga telah disertakan beberapa masakan lain yang dapat kita sajikan dengan pendamping menu sambal ini. Jika kurang berkenan kita juga dapat mencoba menyantap sambal ini dengan menu-menu lain sesuai selera.

B. Cara Membuat Sambal Beberok Dari Nusa Tenggara

Yang namanya sambal pastinya tidak akan sulit untuk membuatnya. Cara mudah untuk membuat sambal beberok ini yaitu:

  • Pertama haluskan cabai, bawang dan terasi
  • Kemudian campur tomat, kacang dan terong, tumbuk kasar
  • Setelah itu masukkan air jeruk dan garam, aduk rata
  • Sajikan dengan pelengkap

Yang perlu dicatat adalah bahwa menu sambal ini tentunya tidak untuk kita santap sendirian tanpa menu pendamping karena memang menu sambal merupakan masakan pendamping. Untuk mendapatkan rasa sajian yang mantap silahkan padukan menu ini dengan masakan-masakan lain yang sesuai dengan selera.

Resep Sambal Beberok

Cukup sampai disini saja yang perlu disampaikan dalam pembicaraan singkat mengenai Resep Sambal Beberok kali ini. Semoga menjadi inspirasi bagi kita semua. Terutama bagi anda yang hobi dengan sambal.

Lain waktu kita akan mengajak anda semua untuk kembali berkreasi dengan resep sambal lain yang tak kalah seru. Jangan lupa catat alamat situs ini ya. Besok kita belajar memasak lagi. Sampai bertemu lagi ya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post