» » Resep Masakan Ebatan Khas Daerah Nusa Tenggara

Satu lagi masakan daerah yang akan kita coba yaitu resep masakan ebatan khas daerah nusa tenggara. Masakan spesial ini tentunya akan kita buat dengan panduan informasi mengenai bahan-bahan, bumbu-bumbu dan cara memasaknya. Berikut ulasan lengkapnya.

Masakan ebatan merupakan masakan asli daerah yang terbuat dari bahan utama daging sapi. Masakan ini dikreasikan dengan campuran pisang muda, kelapa panggang dengan paduan bumbu rempah khas dan lengkap. 

Ebatan sebagai salah satu masakan khas Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu golongan masakan daerah yang tidak sulit untuk di buat. Banyak pecinta kuliner dari daerah lain yang telah mencoba kenikmatan resep ini melalui tangan mereka sendiri. 

Tidak ada salahnya sesekali kita berwisata kuliner dengan menu-menu dari daerah lain di rumah. Biasanya kita mencicipi aneka masakan daerah saat berkunjung atau jalan-jalan. Bagaimana kalau sedang tidak bisa keluar, kan repot.

Berwisata kuliner di dapur sendiri juga bisa menjadi pilihan. Salah satunya dengan menyajikan berbagai menu masakan dari daerah lain. Seru, kita bisa berkreasi sekaligus mencicipi keunikan masakan khas daerah. Ingin ikut mencobanya?

A. Bahan Bahan dan Bumbu Halus Masakan Ebatan

Kalau kita bandingkan dengan menu sebelumnya yaitu masakan bebalung maka bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk mengolah masakan ini lebih banyak. Bahan dan bumbu yang harus disiapkan tersebut yaitu sebagai berikut.


Bahan-Bahan

Daging sapi (Jantung Sapi)
Pisang batu muda
Daun belimbing
Gula jawa
Kacang hijau
Mentega
Santan
Kelapa panggang, diparut
Bawang goreng
:
:
:
:
:
:
:
:
250 gr
5 buah
100 gr
1 sdm
150 gr
3 sdm
200 cc
1/2 butir
2 sdm

Bumbu Halus

Cabai rawit
Cabai merah
Bawang merah
Bawang putih
Kemiri
Jahe, kencur, lengkuas
Merica bulat
Jinten dan terasi
Garam
Gula jawa

:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
10 buah
6 buah
7 siung
4 siung
4 butir
Secukupnya
1 sendok teh
1/2 sendok teh
Secukupnya
Secukupnya


Meski sedikit banyak tetapi semua bahan dan bumbu di atas merupakan bahan dan bumbu masak yang sudah umum digunakan di berbagai daerah jadi pastinya tidak akan sulit untuk menyiapkan semua itu.

Cara Membuat Ebatan Khas Nusa Tenggara

Kalau bahan dan bumbu sudah siap maka langsung dapat kita buat masakan ebatan khas ini. Cara membuat ebatan khas Nusa Tenggara tersebut yaitu:

  • Seduh kacang hijau dengan air panas, kemudian rendam selama 1 malam, dan ririskan
  • Rebus pisang batu sampai matang, potong-potong
  • Cuci daun belimbing, rebus dengan gula sampai matang kemudian iris tipis
  • Belah jadi dua jantung sapi, panggang sampai matang dan potong kotak-kotak
  • Panaskan mentega, tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai baunya harum
  • Masukkan santan, aduk-aduk secara merata serta tambahkan kelapa parut, dan Masukkan bahan yang telah disiapkan bersama bumbu-bumbu kelapa sampai rata, kemudian taburkan bawang goreng

Selesai, tinggal menyajikan masakan ebatan ini dimeja makan untuk semua yang siap menyantap masakan khad daerah nusa tenggara ini. Jangan lupa, jika memang pecinta kuliner nusantara silahkan lihat dan coba juga berbagai resep nusantara pilihan yang sudah dibahas. 


Selain masakan ini masih ada banyak lagi masakan NTB yang cukup menarik untuk dicoba. Saat santai di rumah, menyajikan menu-menu kejutan yang belum pernah diolah di dapur sendiri. Bisa menjadi pilihan bijak bukan? Itu saja kali ini. Semoga bermanfaat.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post