» » » Cara Membuat Masakan Bebalung Khas Nusa Tenggara

Resep Masakan Bebalung - Masih dengan masakan dari nusa tenggara, hari ini kita akan belajar bagaimana cara membuat masakan bebalung khas Nusa Tenggara yang terkenal. Masakan khas ini cocok sekali bagi kita yang doyan dengan menu-menu sejenis sop atau gulai dari daging sapi dan tetelan tulang yang masih muda.

Masakan bebalung khas ini dibuat hanya dengan beberapa bahan dan bumbu saja yang pastinya tidak akan sulit untuk kita siapkan.

Masakan ini paling mantap jika santap dalam keadaan panas di suasana sore hari yang sedikit dingin dan tentunya disantap bersama-sama. Cara membuat masakan daerah nusa tenggara ini pun tidak rumit alias mudah, kita hanya perlu melakukan beberapa cara memasak yang mudah.

Selain masakan spesial yang satu ini, kalau berbicara mengenai Nusa Tenggara maka ada banyak lagi makanan-makanan lain yang tak kalah menggoda untuk di nikmati.

Masing-masing masakan memiliki cita rasa unik tersendiri sesuai ciri khas daerah masing-masing dan itulah yang membuat berbagai makanan tersebut begitu menarik. Beberapa masakan lain contohnya yaitu:


Beberapa jenis masakan di atas juga bisa kita coba masak sendiri di rumah karena memang sudah ada panduan atau resep masakan yang disiapkan. Jadi kita tinggal mempelajari terlebih dahulu bagaimana resepnya. Belajar memasak akan lebih mudah dengan panduan resep, benar tidak?

A. Bahan dan Bumbu Masakan Bebalung

Bahan dasar atau bahan utama dari masakan ini adalah tulang daging sapi yang masih muda. Kita bisa memilih bahan tersebut yang masih segar agar rasanya bisa lebih nikmat.

Bahan dan bumbu yang digunakan selain tulang muda dapat kita siapkan langsung seperti yang ada pada daftar bahan dan bumbu masakan bebalung berikut.


Bahan dan Bumbu

Tulang muda daging sapi
Lengkuas
Kunyit
Bawang putih di iris tipis
Asam muda
Penyedap rasa secukupnya
Seren
Margarine atau mentega
:
:
:
:
:
:
:
:
1 kg
1 potong
1 potong
2 siung
5 buah
secukupnya
1 batang
secukupnya



Bahan dan bumbunya tidak banyak bukan? Tapi bukan berarti rasanya kurang. Masakan ini memang tidak begitu banyak menggunakan rempah namun itu tidak akan menghilangkan rasa segar dari masakan tersebut.

Setelah kita siapkan berbagai bahan dan bumbu di atas tinggal kita pelajari saja bagaimana proses memasaknya. 

B. Cara Membuat Masakan Bebalung

Bisa dikatakan, masakan bebalung ini adalah jenis masakan berkuah seperti gulai. Rasanya sangat mantap dan pasti akan membuat lidah kita bergoyang.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cara membuat masakan ini tidaklah sulit. Langkah-langkah memasaknya dapat diikuti seperti diuraikan di bawah ini.
  • Masak tulang hingga lunak kemudian sisihkan
  • Panaskan margarina atau mentega
  • Tumis lengkuas, kunyit, sereh, dan asam muda
  • Masukkan rebusan tulang beserta airnya, tunggu sampai mendidih
  • Setelah mendidih tambahkan daun asam muda dan penyedap rasa
  • Masak hingga bumbu meresap
  • Angkat dan sajikan selagi hangat

Disantap hangat dengan sedikit nasi putih, sungguh nikmat. Kalau ingin tahu bagaimana rasanya tentu kita bisa berwisata kuliner ke daerah asal masakan ini.

Atau kita bisa juga belajar memasak sendiri di rumah dengan panduan resep masakan bebalung yang ada di atas. Dengan begitu kita akan lebih leluasa untuk menghidangkan menu ini untuk keluarga kita tercinta.
Cara Membuat Masakan Bebalung Khas Nusa Tenggara
Foto: Masakan Bebalung/lombok.panduanwisata.id

Masakan jenis ini merupakan menu kesukaan banyak orang, oleh karena itu kami tidak lupa untuk membahas Cara Membuat Masakan Bebalung Khas Nusa Tenggara agar sobat pengunjung lain yang ingin ikut mencicipi resep nusa tenggara ini dapat mencobanya di rumah masing-masing.

Cukup sampai disini, semoga Resep Masakan Bebalung ini dapat membuat suasana meja makan di rumah semakin ramai dan hangat. Jangan lupa untuk melihat menu-menu lain berikut.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post