» » Membuat Tumis Bunga Pepaya Kangkung Spesial

Membuat Tumis Bunga Pepaya Kangkung Spesial. Di beberapa daerah, bunga papaya (jawa: kembang gandul) memang banyak diolah sebagai masakan seperti masakan tumis bunga papaya kangkung dari daerah Nusa Tenggara Timur ini. Update ini akan membahas bagaimana membuat tumis bunga papaya kangkung spesial sebagai salah satu menu pilihan.

Bunga pepaya memiliki karakteristik rasa yang pahit sama seperti daunnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan Alkaloid Carpein atau C14H25No2. Senyawa ini ditemukan oleh Dr. Carpein di tahun 1980. Berdasarkan penelitian lanjutan, diketemukan fakta bahwa zat alkaloid carpein ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung.

Selain mengandung senyawa alkaloid carpein, bunga pepaya juga diketahui mengandung tanin, steroid, flavanoid, triterpenoid, serat alami dan juga karbohidrat. Berdasarkan uji klinis, ternyata senyawa yang terdapat dalam bunga pepaya ini sangat ampuh melumpuhkan pengaruh radikal bebas di dalam tubuh manusia dan juga membersihkan darah.

Walaupun menyimpan beragam manfaat, namun penggunaan daun pepaya untuk pengobatan harus senantiasa berhati-hati. Sebab, selain memiliki sifat anti-mikroba, daun pepaya juga memiliki sifat toksitas. Getah pada pepaya bersifat irritant, vesicant dan dermatogenic terhadap kulit sehingga bagi sebagian orang yang sensitif, hal ini tentu akan mengganggu bahkan bisa menyebabkan kerusakan jaringan dan melukai komponen kulit. Sementara itu, bagi sistem pencernaan, kandungan senyawa pepaya terutama pada getah bisa merangsang terjadinya gastritis berat dan memicu asma juga rhinitis. Jadi tetap berhati-hati.


Bahan dan Bumbu

Bunga pepaya
Kangkung siangi,cuci bersih
Tomat ukuran sedang iris tipis
Cabe merah iris tipis
Bawang putih iris tipis
Minyak goreng untuk menumis
Garam dan penyedap
:
:
:
:
:
500 gram
200 gram
4 buah
4 buah
4 siung
4 sendok makan
Secukupnya


Cara Membuat Tumis Bunga Pepaya Kangkung Spesial

Cara membuat masakan tumis bunga pepaya kangkung yang spesial ini tidaklah sulit tetapi sama saja dengan cara memasak tumis lainnya. Yang membedakan, disini kita akan melakukan tips penting agar bunga pepaya yang akan kita olah tidak pahit. Agar tidak pahit campur bunga pepaya dengan dua sendok teh garam dan dua sendok makan minyak goreng lalu rebus dalam 2 liter air sampai matang. Setelah matang angkat dan tiriskan baru bahan dasar ini siap untuk kita masak menjadi tumis spesial. Untuk cara memasaknya ikuti langkah berikut:

  • Panaskan minyak goreng, masukan bawang
  • Tunggu bawang harum dan kuning
  • Masukan irisan tomat dan cabe merah
  • Masukan bunga pepaya dan kangkung
  • Tambahkan garam dan penyedap
  • Angkat dan sajikan

Benarkan tidak susah untuk "Membuat Tumis Bunga Pepaya Kangkung Spesial" tersebut. Meski masakan tersebut terbuat dari bahan utama yang tidak mahal tetapi untuk rasa anda semua harus mencobanya karena makanan ini unik dan pastinya akan menghilangkan kebosanan kita dengan menu-menu yang biasa kita santap sehari-hari.

Jangan lupa untuk mencoba resep masakan spesial lain yang sudah dibahas dalam blog ini. Sebagai tambahan, bagi anda yang ingin berbagi resep spesial dengan sobat lain, silahkan hubungi halaman contact untuk mengirimkan resep yang ingin dibagikan. Terima kasih telah bersedia mencoba menu ini bersama saya, sampai bertemu di menu lainnya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post