» » » Resep Bakwan Sayuran Spesial

Bakwan Sayuran - Bagi pecinta cemilan seperti bakwan resep kali ini akan sangat cocok untuk dicoba karena kita akan membahas cara membuat bakwan sayuran yang tentunya sangat menggoda untuk dinikmati. Kalau saya biasanya membuat bakwan sayur ini untuk dihidangkan sebagai pendamping nasi goreng babat dan juga nasi goreng spesial

Selain itu, bakwan sayuran ini terkadang saya sajikan untuk teman minum kopi atau teh di sore hari sambil bersantai bahkan terkadang dapat disajikan bersama mie bakso mantabuah yang rasanya lumayan yummy...

Yang terpenting adalah selain kenyang menyantap cemilan ini juga sehat bagi kita karena mengandung banyak bahan sayur mayur. Untuk jenis makanan jajanan ini kita dapat menentukan sendiri mana yang akan kita buat misalnya kita bisa memutuskan untuk mencoba:

4) Resep bakwan gurih
5) Resep masakan bakwan sayuran
6) Resep bakwan sayuran enak dan renyah
7) Bahan bakwan sayuran
8) Resep bakwan teri
9) Resep bakwan sayuran renyah
10) Resep bakwan jagung
11) Resep bakwan praktis

Untuk penganan bakwan sendiri ada yang suka dengan tekstur yang empuk dan gurih namun banyak juga yang lebih suka dengan bakwan sayuran yang lebih renyah dan garing. Tentu kita bisa menyesuaikan saja mana yang ingin dinikmati apakah yang garing renyah atau kenyal lembut.

Selain berisikan sayuran, variasi bakwan ini juga bisa di buat dengan mengganti sayuran dengan bahan jagung atau bahan teri. Bakwan ini rasanya enak dan cara membuatnya pun tidaklah begitu sulit. Yang perlu diperhatikan selain dalam pembuatan adonan adalah proses penggorengan.

Untuk menghasilkan bakwan yang sesuai selera kita harus bisa menentukan apakah bakwan ini digoreng dengan suhu tinggi, rendah atau sedang. Nah, untuk yang ingin belajar membuat jajanan ini bisa mengikuti panduan dalam resep bakwan berikut.

A. Bahan dan Bumbu Halus

Meski saya melakukan kreasi pada resep ini namun untuk bahan-bahan dibawah ini saya sajikan bahan yang umum saja. Bila berminat sobat semua dapat berkreasi seperti mengganti kol dengan bahan sayuran lain sesuai keinginan. Bahan-bahan umum untuk bakwan sayuran tersebut yaitu:

Bahan Dasar
  • 50 gram tauge, siangi
  • 50 gram paprika merah/hijau, iris tipis
  • 50 gram kol, buang bagian kerasnya, iris tipis
  • 100 gram wortel, potong lidi
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 2 batang seledri, iris kasar
  • minyak goreng secukupnya
Bahan Adonan 
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung beras
  • 1 butir telur
  • 200 ml santan dari 1/4 butir kelapa parut
Bahan Bumbu Halus 
  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica bulat
  • 1/2 ruas jari kunyit bakar
  • garam secukupnya
Sekali lagi, dalam membuat makanan ini bahan dasarnya tidak harus terpaku pada bahan-bahan yang tertera pada daftar di atas. Kita bisa mengganti atau mengkombinasikan bahan lain untuk menciptakan hasil akhir yang benar-benar enak.

B. Cara Membuat Menu Bakwan Sayuran Spesial

Sudah, tidak perlu bingung dan ragu, untuk membuat makanan ini tidak sulit, bahkan bisa dikatakan cukup mudah. Kita hanya perlu menyiapkan bahannya, membuat adonan dari bahan dan bumbu yang diperlukan kemudian menggoreng adonan tersebut. Sangat mudah, tapi jika masih bingung bisa juga belajar menggunakan panduan yang ada di bawah ini.
  1. Campur adonan tepung dengan bumbu halus, aduk rata dan menjadi adonan lembut. 
  2. Masukkan sayuran, aduk rata
  3. Panaskan minyak cukup banyak di atas api sedang. 
  4. Goreng per dua sendok sayuran adonan hingga matang
  5. Angkat dan tiriskan, sajikan selagi panas

Untuk memenuhi kebutuhan gizi yang bervariasi sekali lagi saya ingatkan bahwa bakwan sayuran ini dapat kita kreasikan dengan sayuran-sayuran sehat lainnya. Yang perlu diperhatikan dalam kreasi ini adalah jangan sampai rasa khas bakwan hilang karena bahan-bahan sayur yang kita gunakan.

Resep Bakwan Sayuran

Semoga resep bakwan sayuran yang ada di atas bisa menjadi sumber inspirasi kita untuk berbagai sajian yang bisa kita hidangkan untuk keluarga tercinta. Jangan lupa untuk terus update dengan berbagai macam resep menarik lain dari situs ini.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post