» » » Membuat Hidangan Nasi Goreng Udang Cumi Spesial

Menu berikut ini merupakan menu nasi goreng yang spesial dengan bahan udang dan cumi. Untuk membuat nasi goreng udang cumi ini tidak begitu sulit dan sangat mudah seperti menu nasi goreng lainnya.

Yang spesial dari masakan ini adalah kombinasi bahan dasar sehat yang melahirkan rasa sedap yang lekat di lidah kita. Bagaimana tidak, nasi goreng spesial ini selain tentunya menggunakan nasi juga ditambah dengan bahan dasar lain yaitu cumi dan juga udang segar

Perpaduan antara rasa cumi dan udang yang dikombinasikan dengan bumbu rempah inilah yang membuat menu masakan ini menjadi menu spesial yang banyak digemari dan disajikan untuk keluarga.

Lebih jauh lagi baik cumi maupun udang sebagai bahan dalam masakan ini juga kita kenal dengan berbagai kandungannya seperti protein, mineral, dan macam-macam vitamin.

Ditinjau dari nilai gizi, cumi-cumi memiliki kandungan gizi yang luar biasa karena kandungan proteinnya cukup tinggi, yaitu 17,9 g/100 g cumi segar.

Daging cumi-cumi memiliki kelebihan dibanding dengan hasil laut lain, yaitu tidak ada tulang belakang, mudah dicerna, memiliki rasa dan aroma yang khas, serta mengandung semua jenis asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh.

Asam amino esensial yang dominan adalah leusin, lisin, dan fenilalanin. Sementara kadar asam amino nonesensial yang dominan adalah asam glutamat dan asam aspartat.

Sedangkan udang sendiri, nilai proteinnya dikategorikan complete protein karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap dan sekitar 85-95 persennya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %.

Profil asam amino udang (per 100 gr) berturut-turut yang termasuk tinggi adalah asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), isoleucine (985 mg), dan valine (956 mg). Artinya, udang sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.

Setelah mengulas sedikit mengenai apa yang ada di dalam kedua bahan tambahan yang akan kita gunakan yaitu udang dan cumi sekarang kita akan bersiap-siap untuk membuat nasi goreng udang cumi bersama-sama.

A. Bahan Dasar Nasi Goreng Udang Cumi
  • 500 gram nasi putih
  • 6 ekor udang, bersihkan kulit dan kepalanya
  • 1 potong cumi ukuran sedang, buang tinta, tulang dan kulit arinya, potong bulat
  • 2 butir telur ayam
  • 1 batang daun bawang, potong bulat
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 bungkus royco bumbu komplit nasi goreng
  • 1 sendok teh margarin

B. Cara Membuat Nasi Goreng Udang Cumi
  1. Panaskan minyak yang telah dicampur dengan margarin, kemudian masukkan udang dan cumi, lalu masak hingga berubah warnanya.
  2. Setelah itu tambahkan telur dan daun bawang, lalu masak hingga matang.
  3. Setelah masakan sudah cukup matang, tambahkan nasi putih dan royco bumbu nasi goreng, aduk hingga semua bahan rata tercampur dengan sempurna.
  4. Angkat dan nasi goreng spesial seafood siap untuk dihidangkan.
Hidangan Nasi Goreng Udang Cumi Spesial

Karena sudah sampai pada pembahasan mengenai proses pembuatan maka update mengenai "Resep Nasi Goreng Udang Cumi Spesial" ini sudah lengkap dan kini tinggal giliran sobat netter di rumah untuk mencoba mengkreasikan masakan spesial nasi goreng yang kita bahas ini. Sampai disini, selamat mencoba dan jangan lupa coba juga menu Nasi Goreng Belut Spesial.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post