» » » » Cara Membuat Sayur Asam Sunti Segar

Cara Membuat Sayur Asam Sunti Yang SegarSelain sayur lodeh kita juga akan mencoba membuat menu sayur asam yang khas dari daerah Aceh sebagai salah satu hidangan kejutan. Sayur sunti merupakan sayur asam dari Aceh yang menurut saya tidak perlu lagi diragukan kesegarannya. Untuk membuktikannya mari ikuti kreasi dalam membuat masakan ini.

Buah nangka untuk bahan sayur asam, di Indonesia buah yang satu ini memang banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Masakan tersebut sudah banyak yang kesohor bahkan sampai manca negara seperti contohnya sayur gudeg jogja.

Lalu kenapa buah nangka ini dipilih dan apa sebenarnya kandungan di dalam buah ini? Jangan lupa, sebelum lebih jauh belajar mengenai jenis masakan ini lebih baik kita lihat juga beberapa resep lainnya yaitu:


Buah nangka selain digemari karena rasanya yang manis juga disukai karena memberikan banyak manfaat. Buah ini jika dikonsumsi menurut beberapa sumber dapat menyehatkan perut dan usus. Selain itu buah ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan perlindungan terhadap kanker.

Buah ini juga dikenal dapat menurunkan tekanan darah serta membantu penglihatan karena mengandung vitamin A. Lebih jauh lagi, buah nangka dianggap sebagai buah pembangkit energi karena kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Makan buah ini membuat merasa di revitalisasi seketika.

A. Bahan dan Bumbu

Dua tahap yang harus dilakukan untuk memasak menu ini adalah menyiapkan bahan dan mengikuti langkah-langkah membuatnya. Sebelum kita berbicara mengenai bagaimana proses dalam mengolah masakan sayur ini lebih baik kita siapkan terlebih dahulu berbagai bahan yang kita butuhkan. Bahan-bahan sayur ini selengkapnya seperti pada daftar berikut
  • 200 gram nangka muda, dipotong-potong
  • 4 lonjor kacang panjang, dipotong-potong
  • 1 ikat (200) gram daun ubi jalar, dipetiki
  • 15 gram daun melinjo, dipotong-potong
  • 1.200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 7 butir bawang merah, diiris tipis
  • 4 siung bawang putih, diiris tipis
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 3 buah cabai hijau besar, dipotong serong 1/2 cm, dibuang bijinya
  • 3 buah cabai rawit merah, diiris serong
  • 7 buah asam sunti
  • 2 buah belimbing sayur, dibelah dua memanjang

Banyak ya, pada daftar di atas sudah lengkap di dalamnya berikut bahan dasar dan juga berbagai bahan bumbu yang diperlukan untuk memasak sayur ini. Kalau tidak ada kesulitan dalam menyiapkan berbagai bahan di atas maka kita pelajari terlebih dahulu bagaimana proses memasaknya.

B. Cara Membuat Sayur Asam Sunti

Apakah resep sayur asam sunti ini sulit di buat? Kita akan mengetahui jawabannya dengan memperhatikan berbagai langkah dan proses memasak yang akan di jelaskan di bawah ini. Berikut panduan langkah demi langkah untuk membuat sayur asam spesial tersebut.
  1. Pertama-tama rebus santan, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, garam, dan gula pasir sampai mendidih.
  2. Masukkan nangka muda. Masak sampai matang. 
  3. Setelah itu tambahkan kacang panjang, daun ubi jalar, daun melinjo, cabai hijau besar, cabai rawit merah, asam sunti, dan belimbing sayur. 
  4. Masak sampai matang, angkat dan sajikan untuk 6 porsi

Karena saya sedikit sibuk menyiapkan berbagai menu untuk minggu depan maka saya cukupkan sampai disini pembahasan mengenai Cara Membuat Sayur Asam yang Segar ini. Semoga sayur ini dapat memperlengkap koleksi masakan aceh yang dapat disajikan.

Foto: Sayur Asam Sunti/indonesiacampurcampur

Panas-panas, makan dengan sayur asam pastinya segar. Untuk yang suka silahkan coba juga menu sayur asam lain yang juga tak kalah segar. Beberapa pilihan resep sayur sudah disiapkan secara khusus dibagian akhir tulisan ini. Silahkan dicoba juga.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post