» » » Cara Membuat Martabak Khas Daerah Aceh

Cara Membuat Martabak Aceh - Martabak khas daerah aceh merupakan martabak telor yang banyak peminatnya. Menu ini menggunakan bahan-bahan yang gampang disiapkan dan cara membuatnya pun tidak begitu sulit. Siapa yang ingin berkreasi dengan menu martabak khas Aceh spesial ini langsung saja ikuti petunjuk yang ada.

Bersantai di sore hari dengan ditemai keluarga tercinta tidak lengkap rasanya jika tidak menyajikan berbagai menu ringan teman santai. Banyak sekali menu-menu teman minum teh dan kopi yang dapat kita sajikan; ada kue kering, kue basah, menu jajanan sehat dan juga menu martabak.

Untuk menu martabak sendiri memang sudah terkenal di sekarang ini sudah banyak variasi-variasi masakan ini. Untuk martabak manis saja sudah banyak pilihan rasanya seperti martabak keju, martabak kacang, martabak strowberi, dan lainnya. 

Selain martabak manis martabak telor juga cocok untuk dihidangkan di sore hari sebagai pelengkap waktu santai keluarga. Martabak telor Khas Aceh jika dibanding dengan martabak manis juga tidak kalah lezat dan menggugah selera karenanya sudah banyak yang menjajakan penganan ini di pasaran.

A. Bahan - bahan

Untuk cara membuat martabak daerah Aceh ini pertama-tama kita harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, setelah itu baru kita dapat mengikuti panduan cara memasak resep spesial ini. Untuk bahan dan cara memasak silahkan ikuti penjelasannya selanjutnya.

Bahan Kulit Martabak
  • 3 butir telur ayam, dikocok lepas
  • 250 gram tepung terigu
  • 300 ml air
  • 50 gram margarine, dicairkan
Bahan Isian Martabak
  • 1 sendok makan margarine, digunakan untuk menumis
  • 1 butir bawang bombay, diiris tipis-tipis
  • 3 siung bawang putih, dicincang halus
  • 150 gram udang basah, kupas kulitnya lalu dicincang kasar
  • 150 gram daging ayam direbus, dipotong-potong kecil
  • 1 tangkai daun bawang, diiris tipis-tipis
  • 100 ml air
  • 1 tangkai seledri, diiris tipis
  • 1/4 sendok teh peyedap rasa, optional sesuai selera
  • Garam secukupnya

Ada dua jenis bahan yang harus disiapkan. Bahan pertama adalah bahan kulitnya. Bahan kedua adalah bahan isian martabak. Silahkan siapkan dulu semua bahan yang dibutuhkan sesuai daftar di atas. Setelah itu untuk caranya bisa diikuti dibagian bawah.

B. Cara Membuat Martabak Aceh 

Campurkanlah telur ayam dengan tepung terigu dan air, lalu aduk-aduk hingga menjadi adonan yang halus dan licin. berikanlah margarine yang sudah dicairkan, lalu kembali aduk rata. Panakanlah wajan dadar, buatlah dadar dengan diameter 20 cm lalu sisihkan.

Panaskan margarine, tumislah bawang bombay dan bawang putih sampai layu dan keluar aroma harum. Masukkan secara berturut-turut bahan-bahan berikut udang yang dicincang, ayam rebus, daun seledri, daun bawang, air, garam serta penyedap jika di suka. Aduk-aduklah hingga rata. Masaklah hingga air habis lalu angkat.
Selanjutnya ambilah selembar telur dadar, beri dua sendok bahan isian, gulunglah lalu lipat kedua ujung dadar.


Sekarang waktu santai kita di sore hari akan lebih seru dengan hidangan istimewa yang kita sajikan. Semoga cara membuat martabak Aceh ini dapat melengkapi daftar masakan yang dapat kita hidangkan. Selamat mencoba dan sampai bertemu di hidangan berikutnya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post