» » » Resep Seruit Khas Lampung

Resep yang akan disajikan selanjutnya adalah resep seruit yang berasal dari daerah Lampung. Resep ini merupakan sambungan menu sebelumnya yaitu menu gulai balak khas Lampung. Bagi yang belum pernah mencoba menyantap seruit  ini silahkan langsung saja dipelajari bagaimana "Resep Seruit Lampung" dan ikuti cara membuatnya dibagian bawah.

Menyantap berbagai kuliner asli daerah memiliki kenikmatan dan kepuasan tersendiri apalagi jika kita memang sama sekali belum pernah mencicipi masakan tersebut.

Untuk kali ini menu khas daerah yang akan kita coba adalah menu makanan yang berasal dari daerah Lampung yang sudah cukup terkenal.

Kita akan berwisata kuliner dengan coba menghidangkan sendiri makanan ini di rumah. Tapi sebelum itu jangan lupa juga untuk mencoba beberapa resep lain seperti:

1) Gulai balak khas Lampung
2) Masakan ayam cabai hijau
3) Menu gulai kulak kukuk

Kalau sedang jalan-jalan ke Lampung mungkin kita bisa langsung mencobanya namun kalau sedang tidak sempat maka alternatifnya adalah dengan membuat sendiri sajian istimewa tersebut. Seperti apakah masakan seruit tersebut, mari kita pelajari bagaimana menyiapkannya.

A. Bahan-Bahan Seruit

Pertama kita akan menyiapkan berbagai bahan untuk pembuatan makanan khas lampung ini yaitu bahan dasar seruit dan juga bumbu halus untuk sambal yang digunakan. Selengkapnya mengenai bahan-bahan tersebut sebagai berikut!

Bahan Dasar
- 500 gr ikan patin (atau bisa dengan ikan mas)
- 1/2 sdt garam
- 1 buah jeruk nipis
Bahan Sambal
- 1 bungkus terasi udang
- 50 gr cabe keriting
- 100 gr tomat ceri
- 3 butir bawang merah
- garam secukupnya
- tempoyak (duren fermentasi)
- 1 buah mangga, iris-iris sekecil mungkin
- 1 buah jeruk nipis, peras airnya

Cara Membuat Resep Seruit Khas Lampung

Berikut silahkan langsung dipraktekkan di rumah bagaimana cara membuat dan menyiapkan masakan seruit ini. Jangan lupa bumbu dan bahan yang saya sebutkan di atas disiapkan terlebih dahulu sebelum memulainya. Yang pertama akan kita buah adalah sambal, yuk langsung kita mulai.


Pertama-tama, untuk sambal, panggang semua bahan kecuali garam, tempoyak, mangga dan jeruk nipis. Setelah matang, haluskan, masukkan garam, tempoyak, potongan mangga dan air perasan jeruk nipis. Kemudian bersihkan ikan patin, potong-potong dalam ukuran kecil.

Campurkan potongan ikan dengan sambal, remas-remas dengan tangan hingga lumat dan rata. Sajian siap dihidangkan.

Resep Seruit

Nyeruit merupakan acara makan yang sangat terkenal di daerah Lampung karena itulah Resep Seruit Khas Lampung sengaja saya bahas kali ini untuk menambah referensi resep masakan khas yang dapat dikreasikan didapur kita. Selamat mencoba.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post