» » » Mencoba Menu Gulai Kulak Kukuk dari Lampung

Untuk yang berasal dari daerah Lampung pastinya sudah tidak asing dengan menu ini namun bagi kita yang bukan berasal dari daerah tersebut masakan gulai kulak kukuk ini merupakan sajian nusantara unik yang harus kita coba. Pada kreasi masakan khas daerah kali ini kita akan mencoba mencicipi menu dari Lampung tersebut dengan memasaknya sendiri di rumah.

Karena masakan ini merupakan masakan yang berasal dari daerah maka sudah pasti rasa masakan ini sesuai dengan menu-menu khas dari daerah asalnya yaitu Lampung. Masakan yang berbahan utama labu merah dan juga jamur krikit memiliki cita rasa lezat yang khas seperti kebanyakan masakan dari Lampung. Hampir sama dengan menu-menu gulai lainnya, gulai kulak kukuk menggunakan kombinasi rempah bumbu khas yang banyak digunakan dalam memasak. Bagi yang ingin mencoba memasak menu ini cara membuat masakan khas Lampung yang satu ini pun tidak begitu sulit.

Bahan dan Bumbu Gulai Kulak Kukuk

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, masakan ini menggunakan bahan utama labu parang atau labu merah dan juga jamur krikit. Selain itu bahan bumbu yang digunakan hampir sama dengan bumbu gulai lainnya. Untuk semua bahan dan bumbu-bumbu yang digunakan dalam masakan ini yaitu seperti pada daftar berikut.


Bahan Dasar

Labu parang/ labu merah, potong dadu
Jamur krikit/ kulak kukut, rendam 1 jam, tumbuk setengah halus.
Pete kupas, belah 2
Kelapa tua, ambil santannya
Daun salam
Lengkuas, memarkan

¼ potong
250 gram

1 papan
1 butir
2 lembar
1 kerat


Bahan Bumbu Halus

Kemiri
Bawang merah
Cabai merah
Garam
Gula

10 butir
5 butir
8 buah
Secukupnya
Secukupnya



Daftar bahan dan bumbu yang ada di atas dapat kita gunakan untuk mencoba memasak gulai khas Lampung ini karena sudah disertakan dengan ukuran atau takarannya. Yang berminat mencoba memasaknya tinggal siapkan bahan yang ada di atas dan ikuti cara membuatnya dibagian bawah.

Mencoba Membuat Masakan Gulai Kulak Kukuk

Bagi kita pecinta kuliner khas daerah tentunya masakan yang satu ini juga menjadi salah satu resep yang harus kita coba. Untuk itulah pada kesempatan ini tidak lupa disertakan juga panduan memasak gulai kulak kukuk dari Lampung untuk kita yang ingin mencoba menu tersebut. Untuk membuat masakan ini silahkan ikuti langkah berikut:

  • Tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum.
  • Masukkan jamur krikit, pete dan santan, masak sambil diaduk.
  • Masukkan labu parang , masak hingga matang.
  • Angkat dan sajiakan dengan nasi hangat.

Sebagai tambahan untuk menu spesial ini, kita dapat membuat sebuah kreasi baru dari resep asli daerah ini dengan mengkombinasikan atau mengganti bahan dan bumbu yang digunakan. Tentunya jika kita sudah puas merasakan lezatnya menu tersebut barulah kita bisa berkreasi dengan resep yang ada. Salah satu kreasi yang dapat dilakukan adalah dalam hal penggunaan bahan pete (petai). Karena tidak semua menikmati masakan dengan campuran bahan pete ini maka kita dapat menggantinya dengan bahan lain atau mengurangi atau juga menghilangkannya.

Mencoba resep-resep asli daerah memang akan selalu menjadi pengalaman menarik yang akan kita rindukan. Semoga saja, artikel masakan khas daerah yang membahas mengenai Mencoba Menu Gulai Kulak Kukuk dari Lampung kali ini dapat menambah referensi untuk pecinta kuliner daerah semuanya. Sampai disini, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post