» » » Resep Sayur Brokoli Saus Tiram yang Enak

Hari ini kita akan masak sayur sehat yaitu kita masak sayur brokoli saus tiram yang pastinya enak untuk disantap. Kenapa harus memasak sayur, ya tentunya kita semua tahu bahwa sayuran sangat penting bagi tubuh kita.

Yang jelas kita akan membuat brokoli saus tiram yang enak dan disukai oleh seluruh keluarga tercinta. Agar tidak terlalu lama mari langsung ke intinya saja. Ada yang mau segera mencobanya di rumah bukan?

Lalu, kenapa sih pilih menu ini? Sedikit alasan mengapa kita memilih saturan ini sebagai bahan masakan kali ini, seperti kita tahu brokoli memiliki kandungan gizi yang cukup baik dan beragam.

Nilai gizi dari brokoli dapat dianggap sebagai pembangkit tenaga seperti besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C.

Selain itu brokoli merupakan sayuran rendah kalori, lemak, dan sodium, bebas kandungan lemak jenuh, tinggi kalium, dan tidak mengandung kolesterol. Selain dari kandungan gizi tersebut brokoli juga sudah dikenal memiliki banyak manfaat atau khasiat.

Sebagai contoh khasiat sayuran Brokoli dalam melawan kanker ternyata tidak hanya mampu mencegah perkembangan tumor sekitar 60%, tetapi juga mampu mengecilkan ukuran tumor yang sudah ada sekitar 75%. Itulah sebabnya kita akan memasak sayur ini sebagai menu spesial hari ini. 

A. Bahan dan Bumbu Sayur Brokoli Saus Tiram

Tidak terlalu banyak bahan dan bumbu yang akan kita gunakan untuk memasak menu khas kali ini. Kita hanya akan menggunakan sayuran brokoli serta udang sebagai bahan masakannya. Kalau untuk bumbu-bumbu yang akan kita gunakan antara lain seperti biasa yaitu bawang, merica dan sebagainya.

Nah, sebelum mulai mencoba menyajikan menu yang satu ini tentu kita lihat apa bahan dan bumbu yang digunakan.

Seperti dijelaskan di atas, sesuai judul, bahan utama resep sayur brokoli ini ya brokoli. Selain itu kita juga menggunakan bahan tambahan lain yaitu udang kupas. Agar lebih jelas kita siapkan saja bahan dan bumbunya sesuai daftar.

Bahan dan bumbu
- 750 gr brokoli, potong dari tangkainya, rendam di air panas 3 menit
- 3 siung bawang putih, cincang
- 1 btr bawang bombai, potong melintang tebal 1/2 cm
- 3 sdm minyak goreng
- 100 ml air
- 1 1/2 sdm saus tiram
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt merica bubuk
- 500 gr udang kupas, belah punggungnya
- 1 1/2 sdt minyak wijen
- 1 sdt tepung maizena, larutkan dalam sedikit air

Bagaimana, tidak sulit ya untuk menyiapkan bahan-bahan yang akan kita gunakan? Ya, namanya juga sayur ya kurang lebih sama saja. Bagi anda yang ingin berkreasi anda bisa juga menggunakan resep sayur brokoli ini untuk berkreasi agar hasil akhirnya nanti bisa sesuai dengan selera anda.

B. Cara Membuat Masakan Brokoli Yang Enak

Sayur brokoli saus tiram yang enak dapat dimasak dengan cara yang tidaklah sulit karena pada dasarnya sama saja dengan memasak sayuran lain. Untuk memasak sayur ini silahkan ikuti cara membuat sayur tumis brokoli tersebut seperti di bawah ini. Tapi yang terpenting anda sudah siapkan semua bahan serta bumbu yang dibutuhkan.
  1. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombai, masak sampai layu.
  2. Masukkan brokoli, aduk rata. 
  3. Tambahkan air, saus tiram, garam, merica, udang, masak sampai udang berubah warna.
  4. Masukkan minyak wijen, aduk. 
  5. Tambahkan larutan maizena, aduk sampai kuah mengental, angkat.

Pada dasarnya untuk membuat sayur yang satu ini tidaklah sulit, bahkan untuk anda yang belum pernah mencobanya sekalipun. Keunikan dan rasa dari sayur tumis brokoli ini akan sangat tergantung dari tangan anda. Selain itu bahan-bahan tambahan juga sangat berperan dalam hasil akhir.
Resep Sayur Brokoli Saus Tiram yang Enak

Bagi anda yang ingin mendapatkan rasa sayur ini yang lebih sesuai dengan selera anda maka anda bisa berkreasi sendiri. Misalnya saja, untuk bahan dasarnya anda bisa menambahkan bahan lain tidak hanya udang saja. Contohnya anda bisa menambahkan telur puyuh atau pun tahu, tinggal bagaimana selera anda saja.

Yang namanya masak sayur ya tentunya tidak terlalu sulit, terbukti bukan? Semoga dengan menjadikan masakan-masakan sehat seperti ini kesehatan keluarga kita akan terus terjaga dan terus terjaga.

Lain waktu akan kita coba juga masakan sayur sehat lain yang juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh kita. Sementara ini, itu saja kreasi masakan khas daerah yang dapat kita coba hari ini, sampai jumpa pada resep sayuran berikutnya hanya di blog ini.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post