» » » » Resep Pekanbaru, Sayur Godok Bumbu Kecombrang

Resep Pekanbaru, Sayur Godok Bumbu Kecombrang - Bosan dengan menu biasa, hari ini coba suatu resep masakan spesial, jadi kita coba saja resep sayur godok yang menggunakan bumbu kecombrang yaitu masakan khas dari Pekanbaru, siapa tahu pada suka. Yang ingin ikutan mencoba masakan khas ini akan dipandu dengan uraian cara membuat sayur godok ini lengkap dengan info mengenai bahan-bahan yang digunakan.

Sebelum kita membahas mengenai cara membuat sayur godok kecombrang tersebut kita akan bahas sedikit mengenai bumbu utama masakan ini yaitu kecombrang. Di Indonesia, tanaman yang satu ini memang sudah terkenal dan banyak dimanfaatkan sebagai bahan dalam sebuah masakan yaitu sebagai bahan bumbu.

Bunga yang memiliki nama latin Etlingera elatior ini memiliki warna kemerahan yang mirip dengan tanaman hias dan dapat tumbuh mencapai kurang lebih lima meter saat sudah benar-benar tua.

Ada beberapa alasan mengapa orang banyak memanfaatkan bunga kecombrang ini sebagai bahan bumbu dalam masakan. Yang pertama, bunga ini dikenal dapat menghilangkan aroma tidak sedap badan kita alias bau badan. Kedua, kandungan bunga ini juga dikenal dapat memperbanyak air susu ibu dan juga dapat berfungsi sebagai pembersih darah.

Bunga ini memiliki kandungan zat aktif fi dalamnya yaitu saponin, flavonida, dan polifenol. Karena itu kecombrang masuk ke dalam nominasi deodoran alami. Selain itu kecombrang juga kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Bahkan kandungan antioksidan di daun nya jauh lebih tinggi dibandingkan di bunga dan rimpangnya.

Lalu bagaimana dengan pemanfaatannya pada makanan? Di Jawa Barat, kuntum bunga seringkali di lalap atau direbus dan dimakan dengan sambal atau sebagai bahan campuran sayur asam dan pepes ikan. Di daerah Banyumas, kecombrang yang dikukus juga dijadikan sebagai bahan campuran pecel. Nasi Megana di Pekalongan juga menggunakan bunga kecombrang yang diiris-iris sebagai bahan campuran urap.

Selain itu, di Tanah Karo kuncup bunga serta 'polongnya' menjadi bagian pokok dari sayur asam Karo, juga menjadi peredam bau amis waktu memasak ikan. Masakan Batak populer, Arsik Ikan Mas, menggunakan asam cekala ini sebagai bumbu yang sangat penting.

Secara singkat kita dapat menyimpulkan bahwa masakan yang menggunakan bumbu kecombrang ini selain rasanya lezat juga tentunya menyehatkan seperti Resep Sayur Godok Bumbu Kecombrang yang akan segera kita coba.

A. Bahan Sayur Godok Bumbu Kecombrang

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk dapat mencoba menyajikan masakan spesial ini diantaranya adalah daging tetelan dimana daging ini dapat disesuaikan dengan kesukaan kita baik itu daging sapi atau lainnya. Selain itu, dalam masakan ini kita akan menggunakan wortel, petai dan juga buah pepaya muda. Bahan-bahan lain selengkapnya yaitu:

Bahan Dasar
  • Baca juga bagaimana membuat sate ikan senapelan
  • 300 gram daging tetelan, rebus dalam 1 liter air
  • 3 lembar salam
  • 3 cm lengkuas, di memarkan
  • 1 tangkai besar kecombrang, ambil bunga dan tangkainya sepanjang 4 cm, belah dua
  • 12 buah cabai hijau, iris tipis
  • 2 buah tomat
  • 1.800 ml santan (2 butir kelapa)
  • 250 gram rebung, iris tipis
  • 4 buah wortel, iris serong
  • 4 papan petai, masing-masing belah 2
  • 150 gram pepaya muda, iris lebar
  • 2 – 3 sendok makan garam
  • 3 sendok teh gula pasir
  • 3 sendok makan minyak goreng
Bahan Bumbu Halus
  • 10 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah
  • 6 butir kemiri disangrai

B. Cara Membuat Sayur Kecombrang

Yang sudah tidak sabar ingin mencoba masakan ini di rumah dapat langsung mengikuti panduan cara membuat masakan ini yaitu sebagai berikut:
  1. Ukur kaldu. Tambahkan air hingga menjadi 1.200 ml. 
  2. Campur dengan 900 ml santan .
  3. Didihkan sambil diaduk sampai berminyak. Sisihkan.
  4. Tumis bumbu halus, salam, lengkuas, cabai hijau, kecombrang, dan tomat sampai harum.
  5. Masukkan rebung, wortel, dan petai. 
  6. Aduk sampai setengah layu.
  7. Tuangkan santan. Masak sampai semua bahan matang.
  8. Tuang campuran kaldu yang baru diangkat dari api, tambahkan garam, gula, dan pepaya muda.
  9. Masak sampai pepaya matang.
  10. Angkat dan hidangkan untuk 15-20 porsi
Gambar Ilustrasi
Menggunakan resep yang diutarakan di atas apabila kita kreatif kita dapat mengkreasikan resep ini sesuai dengan minat kita. Saya sendiri menggunakan beberapa variasi lain untuk menciptakan Resep Pekanbaru, Sayur Godok Bumbu Kecombrang yang pas dengan selera keluarga. Buat sobat netter semua selamat mencoba resepnya di rumah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post