» » » » Kering Tempe Teri khas Medan

Kering Tempe Teri khas Medan dan Cara Memasaknya - Masak kering tempe teri yuk, kan kemarin sudah mencoba resep ringan yaitu masakan mie kocok jadi sekarang giliran yang sedikit berat. Masakan kering berarti masakan yang tidak mengandung kuah.

Masakan ini juga cocok disajikan sebagai pengganti menu-menu biasanya. Yang suka "kering" mungkin bisa menjadikan menu ini sebagai menu alternatif. Kan beda dengan sayur kering yang biasa disajikan.

Proses memasak akan kita mulai dari hal pertama yaitu menyiapkan bahan dan bumbu. Bahan-bahannya antara lain tempe, kacang dan teri medan. Kalau bumbu kita menggunakan gula merah, bawang merah, cabe dan sebagainya.


Secara keseluruhan, menu ini hampir sama dengan menu sayur lain yang biasa disajikan. Tapi tentu saja ada ciri unik dan rasa khas sesuai daerah asalnya. Mau mencobanya? Mari kita siapkan berbagai bahan dan bumbu tersebut terlebih dahulu.

A) Bahan dan Bumbu

Pertama-tama mari kita siapkan bahan - bahan yang kita butuhkan. Sesuai namanya, tentu bahan utama dari masakan ini adalah tempe. Selain itu ada beberapa bahan tambahan lain. Ada kacang tanah dan ada juga teri medan.

Teri medan ya, jangan lupa disiapkan lebih dulu. Jangan lupa siapkan juga bumbu - bumbu yang dibutuhkan. Ada bawang, cabe dan ada juga daun salam. Selengkapnya silahkan lihat pada daftar bahan dan bumbu berikut.

Bahan - bahan
  • 500 g tempe, potong bentuk batang korek api
  • 100 g kacang tanah, goreng
  • 100 g teri medan/teri nasi
  • 5 sdm minyak goreng

Bumbu - bumbu
  • 60 g gula merah, iris tipis
  • 12 butir bawang merah, haluskan
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 7 buah cabe merah, haluskan
  • 2 lembar daun salam
  • 4 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 sdt garam halus

Sudah selesai dengan bahan - bahan di atas? Bumbunya juga sudah disiapkan? Kalau sudah maka bisa langsung mulai memasak menu pilihan khas tersebut. Yang belum tahu silahkan ikuti cara memasaknya di bawah.

2) Cara Memasak Kering Tempe Teri

Sekarang kita menuju dapur untuk memasak masakan tersebut. Ah, tidak perlu takut tidak bisa ya. Memasak ya begitu-begitu saja, Jangan dramatis kalau belum pernah mencoba. Cara membuat kering tempe teri medan tidaklah sulit seperti diuraikan pada langkah berikut!

  1. Goreng tempe dan teri medan hingga kering dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.
  2. Panaskan minyak tumis bawang merah, bawang putih, cabe, daun salam dan lengkuas hingga harum. Masukkan tempe, kacang tanah dan teri, aduk rata.
  3. Bumbui dengan irisan gula merah, garam dan air asam, aduk kembali dan masak hingga bumbu meresap. Angkat. 
  4. Tuang ke dalam pinggan saji, hidangkan.

Masakan ringan ini biasa saja sajikan di hari minggu dengan beberapa paduan menu lain. Anda dapat mengkreasikan menu ini sesuai keinginan sehingga tercipta resep baru yang sesuai. Jika membutuhkan resep lain silahkan coba juga resep Medan lain yang sudah ada.

Resep Kering Tempe

Ada banyak menu pilihan yang patut kita pertimbangkan. Apalagi kalau keluarga tercinta suka dengan menu-menu yang bervariasi. Kita bisa menghadirkan berbagai menu masakan khas dari berbagai daerah di nusantara. Terima kasih, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post