» » » Resep Ikan Kuah Asam

Resep Ikan Kuah Asam Khas Daerah Maluku - Kalau sebelumnya kita belajar memasak chicken teriyaki khas Jepang kali ini kita akan kembali dengan resep masakan khas daerah yaitu masakan ikan kua asam. Sesuai dengan isi dari blog ini maka kita akan membahas yang berkaitan dengan menu tersebut.

Menu apa sih? Ya, yang akan kita coba kali ini yaitu mengenai Ikan Kuah Asam. Jika anda ingin ikut mencoba masakan ini mari bersama-sama kita belajar memasaknya dengan penjelasan yang ada berikut ini.

Sesuai dengan nama dari masakan ini, ikan kuah asam adalah sebuah resep masakan yang menggunakan bahan dasar ikan yang dimasak dengan kuah. Masakan Maluku ini untuk cara membuat atau cara memasaknya tidaklah sulit, hampir sama dengan proses memasak pada umumnya.

Untuk bahan dan bumbu, masakan ini menggunakan bahan-bahan serta bumbu rempah khas yang banyak digunakan dalam masakan tradisional Indonesia. 

A) Bahan dan Bumbu

Membuat masakan ini khususnya bagi yang bukan berasal dari Maluku tentunya harus menggunakan panduan dari Resep Ikan Kuah Asam agar prosesnya lebih mudah dan cita rasa yang dihasilkan pun tidak berbeda dengan masakan asli yang ada di daerah tersebut. Jika anda ingin mencobanya pertama silahkan siapkan bahan dan bumbu yang digunakan berikut ini.

Bahan - Bahan
  • Ikan kakap 1 ekor
  • Daun kemangi 30 lembar
  • Jeruk nipis
  • Sere 1 batang
  • Air 750 cc

Bumbu 
  • Cabai merah 5 buah
  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Lengkuas 2 ruas jari
  • Jahe 2 ruas jari
  • Garam secukupnya

Bahan dan bumbunya disiapkan dulu ya. Tidak sulit kok. Sebagian besar sudah biasa ada di dapur. Setelah semua siap kita misa langsung mencoba memasak menu masakan tradisional tersebut. Caranya bagaimana, lihat panduan di bawah.

B) Cara Membuat Ikan Kuah Asam

Selesai dengan persiapan untuk bahan serta bumbu pada daftar di atas, kita dapat mulai menuju ke dapur untuk memasaknya, tentunya jika alat dapurnya sudah siap juga. Nah, jika sudah siap semua mari ikuti cara membuat Ikan Kuah Asam yang dijelaskan berikut!
  1. Bawang merah dan bawang putih diiris tipis memanjang dan lengkuas serta jahe dikeprek.
  2. Ikan setelah dibersihkan lalu dipotong-potong. 
  3. Jeruk nipis diambil airnya. 
  4. Kemudian masak air hingga mendidih lalu masukkan sere, jahe, dan lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai dan garam. 
  5. Setelah setengah matang lalu masukkan air jeruk nipis, masak hingga matang.
  6. Terakhir masukkan daun kemangi , lalu angkat. Dan hidangan siap disajikan.
Bagaimana, mudah bukan untuk resep masakan Ikan Kuah Asam kali ini. Saya yakin, jika anda selalu mengikuti panduan masak pada blog ini pasti tidak akan kesulitan dalam menyiapkan sajian sedap tersebut. Sekarang giliran anda untuk menyelesaikan masakan di atas dan menghidangkannya untuk keluarga di rumah.


Tak lupa, mohon dukungannya untuk blog ini dengan berbagi artikel ini di FB atau twitter anda agar blog ini bisa tetap memberikan berbagai panduan masak untuk resep masakan khas daerah yang banyak dibutuhkan. Sebelumnya tak lupa kami ucapkan terima kasih banyak dan selamat mencoba masakan tersebut.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post