» » » » Sate Dangung-Dangung Khas Minangkabau

Resep Sate Dangung-Dangung Khas Minangkabau - kita wisata kuliner lagi yuk, siapa yang mau ikutan. Kali ini kita akan jalan-jalan ke daerah Minang melalui sensasi masakan khas yang ada di salah. Masakan yang kita maksud adalah sate. Ya, kami mengajak anda untuk berwisata kuliner dengan menu tersebut.

Salah satu resep sate terkenal dari daerah adalah sate dangung-dangung yang merupakan masakan khas dari daerah Minangkabau. Saat ini kita akan mencoba membuat resep tersebut dengan membahasnya lengkap pada update kali ini.

Sate dangung adalah sate yang terbuat dari bahan dasar daging has dalam yaitu lidah, jantung atau hati sapi. Cara membuat menu ini tidak begitu sulit dan saya rasa kita semua juga dapat melakukannya. 

Sebagai informasi, sate yang satu ini memiliki cita rasa khas yang gurih dan lezat dengan aroma dan rasa bumbu yang kental dan melekat dilidah. Untuk membuktikannya mari kita coba bersama-sama menu asli Minang tersebut.

A) Bahan-Bahan 

Untuk membuat masakan ini kita perlu menyiapkan lebih banyak bahan dan bumbu dibanding dalam membuat sate lain. Selain bahan dasar yang telah saya singgung di atas ada juga bahan-bahan lain yang harus disiapkan. Bahan dan bumbu untuk masakan ini seperti pada daftar di bawah ini.


Bahan-Bahan

Lidah / jantung sapi, cuci bersih
Air
Daun kunyit ,
Daun salam
Lengkuas, memarkan
Daun jeruk
Serai, memarkan
Seldry, iris
Bawang pray, iris
Minyak sate *)
Garam,
Kacang tanah
Peyedap
Gula
Sate
Tepung beras
Santan kelapa

*) Dijual di rempah bumbu minang

:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
1 Kg
2 Liter
1 Lembar
1 Lbr
2 cm
4 lembar
1 batang
Secukupnya
Secukupnya
Secukupnya
1 sdt
100g
Secukupnya
3 sdt
20 tusuk
25 gram
2 gls santan kelapa


Bumbu Halus

Cabai merah keriting
Ketumbar bubuk
Lada
Jinten
Bawang merah
Kari bubuk
Kunyit
Jahe
Minyak goreng

:
:
:
:
:
:
:
:
:
8 buah
1 sendok teh
½ sendok teh
¼ sendok teh
6 buah
1 sendok teh
2 cm
2 cm
2 sendok makan


Selain bahan utama yang digunakan, salah satu yang menjadi pembeda sate ini dengan yang lain adalah penggunaan minyak sate yang hanya ada di penjual rempah bumbu minang. 

Untuk masyarakat lain yang ingin mencoba membuat sate minang tersebut tentunya agak sedikit sulit. Meski demikian tidak ada salahnya mencoba membuat resep daerah yang satu ini sebagai salah satu altenatif masakan sate bagi keluarga.

B) Cara Membuat Sate Dangung-Dangung

Selesai dengan persiapan bahan dan bumbu kita akan langsung membuat sate dangung-dangung khas Minangkabau ini. Untuk memasaknya, ikuti cara membuat sate tersebut seperti dijelaskan di bawah ini.

  • Rebus lidah sapi/jantung/daging, bumbu halus, kunyit, lengkuas, daun jeruk, serai, garam, masak hingga lidah empuk.
  • Angkat, tiriskan. 
  • Potong lidah ukuran 1 x 2 x 1 cm. Sisihkan airnya. 
  • Tumis dengan bumbu kuning halus dan kelapa sangria beri minyak sate peyedap,garam tumis sampai kering baru ditusuk 3 pcs/tusuk . 
  • Panggang di atas bara api sambil dibalik-balik dan dioles minyak hingga matang dan harum.
  • Saring air rebusan daging, panaskan
  • Tambahkan bumbu kambing/rempah diatas, santan, seletdry, bawang pray sedikit bawang goreng ml, didihkan masukkan campuran tepung beras cair dan bumbu, aduk rata dan mengental. 
  • Masukan kacang tanah tumbuk kasar Angkat.
  • Sajikan sate bersama kuah, potongan ketupat dan taburan bawang merah goreng

Perlu diketahui, sate khas daerah ini memiliki warna kuning pucat dari penggunaan kunyit dan pemakaian santan kelapa. Dengan demikian, resep ini aman untuk kita hidangkan. Ada yang sudah tidak sabar mencicipi masakan ini?


Saya rasa usai sudah pembahasan kita mengenai "Resep Sate Dangung-Dangung" ini, semoga dapat memberikan tambahan referensi bagi kita semua untuk variasi masakan yang dapat disajikan. Terima kasih telah berkunjung dan selamat mencoba.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post