» » Resep Unik Kue Dodol Dari Lidah Buaya

Kue merupakan masakan yang juga banyak digemari untuk hidangan santai, untuk melengkapi buku resep masakan khas daerah kali ini akan kita coba resep kue unik yaitu kue dodol dari lidah buaya

Begitu banyaknya kue modern yang beredar membuat kita terkadang jenuh dan bosan untuk menyantapnya. Berbeda dengan kue-kue tersebut "kue dodol" berikut ini merupakan hidangan spesial karena dodol tersebut dibuat dari bahan dasar yang masih jarang diketahui yaitu dodol ini dibuat dari tanaman lidah buaya.

Akhir-akhir ini memang sudah banyak diketahui berbagai pemanfaatan lidah buaya sebagai bahan makanan bahkan pemanfaatannya juga banyak untuk dunia kecantikan dan kesehatan.

Untuk pemanfaatan sebagai bahan makanan banyak sudah variasinya seperti untuk es dawet lidah buaya, manisan lidah buaya dan lain sebagainya.

Melalui artikel kali ini kita tidak hanya akan membahas mengenai info seputar lidah buaya tersebut tetapi akan mencoba membuat kue dodol dari lidah buaya sebagai salah satu alternatif jajanan khas daerah.

A. Alat dan Bahan Dodol Lidah Buaya

Karena kita sedang membahas resep kue unik maka berarti kita akan membuat kue tersebut. Pertama-tama kita siapkan terlebih dahulu alat-alat yang dibutuhkan.

Setelah itu siapkan juga bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat dodol lidah buaya tersebut. Setelah semua siap maka kita dapat langsung memulai memasak dodol yang akan disajikan.

Untuk alat ada beberapa peralatan yang harus kita sediakan, peralatan untuk membuat dodol lidah buaya tersebut seperti pada daftar berikut!


Peralatan Untuk Membuat Dodol Lidah Buaya

Pisau Stainless Steel
Talenan
Blender
Kompor
Sutil kayu
Wajan
Saringan santan.
Baskom
Sendok makan .
Loyang
Plastik / daun pisang
kemasan plastik atau kertas minyak



Setelah alat sudah siap dan tentunya semua dalam keadaan bersih dan siap digunakan berikutnya kita siapkan bahan-bahan yang akan diolah menjadi dodol. Tidak banyak kok bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan tersebut yaitu sebagai berikut!


Bahan Dasar

Daging daun lidah buaya
Tepung ketan
Tepung beras
Gula pasir
Santan
Asam askorbat )*
Pewarna hijau secukupnya
Agar-agar secukupnya.

1 kg
700 gram
400 gram
2 kg
2 liter
0,1%
secukupnya
secukupnya


)*1 gram untuk 1 liter air atau 0,1 gram untuk 100 ml air)

Selesai menyiapkan alat dan bahan-bahan sesuai dengan takaran yang dibutuhkan silahkan ikuti cara memasaknya seperti diuraikan dibawah.

B. Cara Membuat Resep Dodol Lidah Buaya

  1. Dipisahkan kulit daun lidah buaya dengan dagingnya, dibersihkan dan dihaluskan dengan blender.
  2. Dimasak santan dan gula di dalam wajan hingga mengental.
  3. Dimasukkan tepung ketan dan beras ke dalam larutan gula.
  4. Dimasukkan lidah buaya yang telah diblander, kemudian diaduk. Pengadukan dilakukan sampai adonan menjadi liat, berminyak dan tidak lengket di wajan (wadah).
  5. Diberi agar-agar dan pewarna.
  6. Diangkat adonan dodol yang telah masak, kemudian dimasukkan ke dalam Loyang dengan ketinggian 1-2 cm.
  7. Adonan ditekan-tekan agar padat dan rata.
  8. Sebelum adonan dimasukkan, permukaan dalam loyang dialasi dengan plastik atau daun pisang.
  9. Didinginkan sampai adonan mengeras.
  10. Dodol yang telah mengeras dipotong-potong.
  11. Potongan-potongan dodol dibungkus dengan plastik. Setelah itu, dodol siap dikemas ke dalam kemasan plastik atau kertas minyak. 
Selain menggunakan cara yang sudah diuraikan di atas kita juga dapat membuat dodol lidah buaya dengan kreasi cara lain. Mungkin anda sedikit kurang pas dengan cara diatas maka silahkan coba cara lain untuk resep unik tersebut seperti berikut!

C. Kreasi Resep Dodol Lidah Buaya

Bahan-Bahan
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat dodol terdiri dari :
  • santan kelapa,
  • tepung beras,
  • gula pasir,
  • gula merah, dan
  • garam.

Cara Membuat
  1. Bahan-bahan itu dicampur dan dimasak dengan api sedang. Jika dibiarkan begitu saja, dodol akan hangus di bagian bawah dan membentuk kerak.
  2. Makanya adonan dodol harus diaduk terus menerus. Waktu pemasakan dodol kurang lebih empat jam. Jika kurang dari itu, dodol yang dimasak akan kurang enak rasanya. Setelah dua jam, campuran dodol tersebut akan berubah warnanya menjadi coklat pekat.
  3. Pada saat itu juga adonan dodol tersebut akan mendidih dan mengeluarkan gelembung-gelembung udara. Tiriskan untuk memastikan lidah buaya tak berlendir.
  4. Olahan itu lalu dicampur dengan berbagai bahan seperti susu, gula, dan ketan putih di dalam kuali.
  5. Campuran ini diaduk untuk mendapatkan rasa dodol yang manis dan legit. 
Sampai disini saja saya menghantarkan sebuah "Resep Unik Kue Dodol Dari Lidah Buaya" sebagai tambahan referensi untuk buku resep yang sudah kita miliki. Lain waktu akan kita masak resep kue unik yang lain yang tentunya dapat menjadi pilihan pengganti bagi kue-kue yang biasa kita hidangkan.

Resep Unik Kue Dodol Dari Lidah Buaya

Mari terus berkreasi dengan resep kue tradisional lain yang tak kalah menarik untuk dicoba. Terimakasih telah berkunjung dan sampai bertemu lagi pada kreasi masakan khas daerah berikutnya hanya di blog spesial ini. Selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post