» » » Kue Klepon, Jajan Pasar Istimewa Khas Daerah

Karena koleksi resep kue khas daerah masih sedikit maka pada kesempatan ini kita akan mencoba sebuah resep jajanan yang bernama kue klepon. Disini kita akan sedikit berbagi informasi mengenai seperti apa kue klepon tersebut dan bagaimana cara membuat kue klepon sebagai salah satu jajanan pasar istimewa khas daerah.

"Kue klepon" merupakan salah satu kue khas Indonesia yang sudah banyak dikenal diberbagai daerah. Bahkan beberapa literatur menyebutkan bahwa jenis kue tradisional tersebut sudah ada sampai di negara lain.

Meskipun populer di seluruh Asia Tenggara, klepon mungkin berasal dari Jawa. Product Kue klepon terkenal berasal dari Pasuruan (Jawa Timur).

Dijual dalam kotak di kios-kios kecil yang membuat garis panjang di pinggir jalan yang menghubungkan Malang dan Surabaya. Mereka juga dijual oleh penjual yang naik Bus yang masuk ke atau dari Malang / Surabaya

Cara Membuat Kue Klepon. Kue klepon ini memiliki bentuk budar seperti bola berukuran kecil. Biasanya terbuat dari tepung beras ketan yang diisi dengan gula merah.

Proses pembuatannya cukup sederhana yaitu direbus dalam air mendidih hingga matang. Bagi anda semua yang berniat menyajikan kue khas daerah tersebut silahkan persiapkan bahan-bahannya sebagai berikut!



Bahan Dasar

Tepung ketan
Air daun suji )*
Air kapur sirih
Gula merah, iris-iris
Kelapa setengah tua parut memanjang
Garam

300 gram
75 ml
1 sdt
100 gram
½ butir
½ sdt


)* 15 lembar daun suji, 5 lembar daun pandan dan 100 ml air

Namanya juga kue jadi bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak dan tidak ribet atau susah dalam menyiapkannya. Setelah siap dengan bahan di atas langsung ke cara membuat kue klepon khas berikut ini.
  • Pertama, kukus kelapa dan garam, 15 menit, angkat dan sisihkan
  • Kemudian, Aduk tepung ketan, air daun suji, air kapur sirih, ¼ sendok teh garam. Uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket ditangan
  • Ambil sedikit adonan, isi dengan irisan gula merah, bulatkan kembali
  • Rebus 1 liter air sampai mendidih, masukkan bulatan adonan. Masak hingga bulatan terapung dan matang. Angkat dan tiriskan
  • Gulingkan bulatan diatas kelepa kukus hingga rata. Sajikan
Saran Penyajian. Pada umumnya di daerah Jawa, kue klepon ini dinikmati di pagi hari sebagai menu sarapan, ataupun sebagai camilan di sore hari sebagai menu pendamping minum teh atau kopi di saat santai. Kue tradisional ini biasanya disajikan bersama dengan kue getuk dan cenil biasanya.

Kue Klepon, Jajan Pasar Istimewa Khas Daerah

Kalau sore atau pagi kemarin kita menyajikan sajian yang tidak jauh dari biasanya maka tidak ada salahnya jika hari ini ada sajian berbeda yaitu jajanan ini. Jadi, kita dapat satu resep kue tradisional lagi pada pembahasan spesial kali ini. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post