» » » Iseng Masak Ketupat Sayur Khas Betawi

Ketupat Sayur Khas Betawi - Kalimat pembukanya adalah "Katanya menu ketupat sayur dari Betawi enak dan banyak yang suka Uni, kapan kita dibuatin?" Berkat ocehan anak-anak yang ngelantur akhirnya tangan usil jail ini pun langsung beraksi.

Iseng, akhirnya tersajilah sebuah menu khas daerah yang ternyata telah sukses membuat keluarga di rumah ketagihan. Mau ikutan?

Kalau bahasa lainnya adalah lontong sayur. Tapi ini khas, sesuai dengan tema dari situs ini. Kita akan mencoba sesuatu yang berbeda dari daerah lain. Menu berkuah yang rasanya pasti menggoda lidah. Siapa yang sudah pernah coba?

Ketupat sayur Betawi adalah salah satu masakan Betawi yang sekarang ini sudah banyak yang suka. Karena itulah pada kesempatan ini saya ingin mengajak anda semua ikutan iseng-iseng belajar resep ketupat sayur ini.

Sedikit ribet sih karena kita harus menyiapkan ketupat juga, tapi saat menyantap hidangan ini akan mengurai semua itu. Mau ikutan belajar masak ketupat sayur ini? Yuk kita mulai dari membaca resep masakan ketupat sayur ini.

A. Bahan dan Bumbu Ketupat Sayur Khas Betawi

Bahan
- 400 gram pepaya muda, iris korek api
- 8 lonjor (100 gram) kacang panjang, potong 3 cm
- 2 lembar daun salam
- 2 batang serai, ambil putihnya, memarkan
- 3 cm lengkuas, memarkan
- 2 1/2 sendok makan ebi, seduh, tiriskan, memarkan
- 2.500 ml santan, dari 1 butir kelapa
- 1 blok kaldu ayam
- 2 sendok makan garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 2 sendok teh gula merah sisir
- 4 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu Halus
4 buah cabai merah besar
4 buah cabai merah keriting
9 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm kunyit, dibakar
2 cm jahe
1 sendok teh terasi goreng

Bahan Pelengkap
10 buah ketupat
100 gram kerupuk kanji
25 gram bawang goreng
10 buah semur tahu
10 buah semur tempe
10 butir semur telur

Pertama jangan lupa langsung siapkan bahan - bahan yang dibutuhkan. Bahan bumbu juga sudah ada dalam list di atas. Jadi tinggal dicari dulu sebelum mencoba resep ini. Untuk tambahan kita juga membutuhkan bahan pelengkap juga.

B. Cara Membuat Ketupat Sayur Khas Betawi

Mudah kok. Bagi yang belum pernah mencoba membuat menu ini juga tidak akan kesulitan. Yang penting bahan dan bumbunya disiapkan dulu. Setelah semua siap tinggal ikuti memasaknya dengan panduan berikut.
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, serai, lengkuas, dan ebi sampai harum. Tuang santan. Didihkan.
  2. Masukkan pepaya muda dan kacang panjang. Masak sampai mendidih.
  3. Tambahkan kaldu ayam, garam, merica bubuk, dan gula merah. Masak sampai matang.
  4. Sajikan dengan pelengkap untuk 10 porsi
Ya memang tidak sulit. Yang namanya memasak memang tidak sesulit yang dibayangkan kok. Apalagi kalau kita ingin mendapatkan cita rasa khas yang sesuai dengan keinginan. Resep apapun bisa dibuat atau dikreasikan sendiri.

Iseng Masak Ketupat Sayur Khas Betawi

Dengan berkreasi dengan masakan khas betawi ini kita bisa menciptakan menu baru untuk keluarga tercinta. Yang sesuai dengan lidah. Tapi kalau tidak ingin kehilangan sensasi wisata kuliner ya tidak usah berkreasi. 

Ikuti saja seperti resep aslinya. Nanti kalau sudah baru kita bisa lihat apakah rasanya bisa diterima di lidah kita atau tidak. Resep kan untuk panduan saja. Hasil akhir tentu saja tangan kita yang menentukan. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post